Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Anak Menyiram Tanaman? Kenalkan Aktivitas Berkebun Lain untuk Melatih Motorik Anak!

Anak Menyiram Tanaman? Kenalkan Aktivitas Berkebun Lain untuk Melatih Motorik Anak!

Orang tua mana yang tidak senang ketika anaknya aktif bergerak dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi? Kedua hal ini mungkin menjadi harapan setiap orang tua pada si Kecil yang tengah tumbuh dan berkembang. Berbagai kegiatan baru harus senantiasa dikenalkan agar si Kecil terjaga motivasi dan rasa ingin tahunya. Salah satunya adalah anak menyiram tanaman di kebun atau halaman rumah.

Mengapa anak menyiram tanaman? Sebenarnya ini merupakan bagian kecil dari kegiatan yang lebih besar, yakni berkebun. Menyiram tanaman bisa jadi langkah awal untuk mengenalkan si Kecil mengenai aktivitas berkebun. Orang tua disarankan untuk mengajak si Kecil berkebun secara rutin, karena berkebun memiliki banyak manfaat, baik untuk fisik maupun mental si Kecil.

Menginjak usia 3 tahun, si Kecil mulai dapat mengkoordinasikan gerak anggota tubuhnya. Hal  ini perlu terus dilatih agar si Kecil memiliki koordinasi yang baik pada setiap gerakan anggota tubuhnya. Berkebun jadi salah satu media latihan si Kecil, karena berkebun bisa melatih si Kecil dalam berbagai gerakan yang memerlukan koordinasi tubuh.

Jika ditelisik lebih jauh, terdapat  beberapa manfaat besar yang bisa didapatkan si Kecil ketika diajak berkebun bersama. Berikut penjelasannya.

Pola Makan Sehat

Berkegiatan di kebun menjadikan si Kecil mengenali berbagai jenis tanaman, baik buah, sayuran atau yang lainnya. Hal ini ternyata dapat mempengaruhi pola makan si Kecil. Si Kecil yang dekat dengan aktivitas berkebun cenderung menyukai buah dan sayuran untuk dikonsumsi. Bukan menjadi rahasia lagi buah dan sayuran memiliki berbagai nutrisi penting untuk tumbuh kembang si Kecil.

Kegemaran si Kecil ini disebabkan oleh kepuasan yang muncul karena buah dan sayur tersebut merupakan hasil kerjanya sendiri. Si Kecil akan memiliki rasa ingin tahu yang besar pada apa yang dilakukannya, dalam hal ini berkebun, dan akan menjadi antusias ketika kemudian kegiatan berkebunnya menghasilkan sesuatu.

Sistem Daya Tahan Tubuh Anak

Daya tahan tubuh si Kecil terbentuk dari segala nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Daya tahan ini, berfungsi sebagai tameng utama pada tubuh si Kecil agar tidak mudah terserang penyakit, baik dari bakteri maupun virus. Semakin kuat daya tahan tubuhnya maka si Kecil semakin tidak mudah sakit-sakitan.

Kegiatan berkebun memberikan si Kecil waktu untuk melakukan kontak langsung dengan alam di sekitarnya. Ketika si Kecil bersentuhan dengan alam, baik itu tanah maupun tanaman atau hal lain, secara langsung akan ada bakteri yang menempel pada si Kecil. Dalam jumlah kecil, bakteri ini tidak berbahaya, dan menjadi latihan bagi daya tahan tubuh untuk mengenali bakteri baik dan bakteri buruk.

Daya Ingat dan Fokus Anak

Percaya atau tidak, aktivitas berkebun dapat melatih daya ingat dan fokus si Kecil. Berkebun secara langsung mendorong si Kecil untuk melakukan satu dan lain hal secara bergantian, dengan berbagai pola dan gerakan. Ketika dilakukan secara rutin, maka perlahan si Kecil akan dapat mengingat berbagai kegiatan yang dilakukan.

Si Kecil juga akan melatih fokusnya pada apa yang sedang dilakukan. Satu hal pada satu waktu, akan memberikan hasil yang lebih baik. Berikan si Kecil satu project tertentu pada satu jenis tanaman. Nantinya tanaman ini akan menjadi fokusnya dalam beberapa waktu ke depan. Dengan membiasakan si Kecil fokus melakukan satu hal, maka lambat laun si Kecil akan memiliki fokus dan konsentrasi yang lebih baik.

Kemampuan Motorik

Tidak bisa dipungkiri bahwa aktivitas berkebun memiliki banyak kegiatan dan gerakan yang harus dilakukan dengan baik. Anak menyiram tanaman, anak menggali tanah dengan sekop, serta mungkin memindahkan pot kecil dari satu tempat ke tempat lainnya. Berbagai gerakan ini sangat baik untuk latihan koordinasi anggota tubuh serta melatih kekuatan ototnya.

Tentu saja, untuk anak-anak, orang tua bisa memberikan peralatan yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Berikan pula contoh gerakan yang benar, sehingga si Kecil bisa meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Pengawasan yang intens juga perlu dilakukan agar si Kecil tidak mengalami cedera ketika mencoba gerakan atau aktivitas baru.

Meski kemampuan motorik akan tumbuh bersama dengan bertambahnya usia, namun rangsangan juga perlu dilakukan. Pertumbuhan alami yang disertai dengan rangsangan aktif akan memberikan si Kecil waktu tumbuh yang optimal dan mendapatkan postur ideal sesuai dengan usianya.

Memang berkebun merupakan aktivitas yang cenderung kotor secara fisik. Namun mengingat manfaatnya yang tidak sedikit dan sangat baik untuk si Kecil, ada baiknya orang tua paling tidak mengenalkan aktivitas ini.

Aktivitas berkebun seperti anak menyiram tanaman merupakan rangsangan yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Rangsangan ini akan menjadi lebih baik lagi ketika orang tua memberikan asupan nutrisi yang lengkap, yang ada dalam Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, Friso Gold 4 memastikan kualitas Protein di dalam susu tetap terjaga dalam kondisi mendekati alami selama proses produksi karena tidak melalui proses pemanasan berlebih. Jadi, nutrisinya lebih mudah diserap dan dicerna tubuh si Kecil, serta membantunya tumbuh kuat dari dalam. Mum dapat berkonsultasi mengenai nutrisi si Kecil secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs Friso melalui fitur live chat pada bagian kanan bawah.