Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Sumber Vitamin B

Aneka Sumber Vitamin B yang Bermanfaat Bagi Anak

Sumber vitamin B cukup beragam dan bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Yuk, ketahui jenisnya di sini!

Selain memenuhi asupan protein, karbohidrat, dan lemak, penting bagi Mums untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral agar tumbuh kembang anak lebih baik, salah satunya adalah vitamin B. Meskipun jumlah kebutuhan jumlah asupannya tidak sebesar zat gizi makro, tetapi sumber vitamin B juga harus dikonsumsi secara tepat. Ini karena vitamin B memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Berikut adalah manfaat vitamin B berdasarkan jenisnya, antara lain:

  • Vitamin B1
    Membantu kinerja metabolisme tubuh dalam menghasilkan energi dan nutrisi
  • Vitamin B2
    Menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem saraf
  • Vitamin B3
    Membantu tubuh menghasilkan energi
  • Vitamin B5
    Berperan penting dalam proses pertumbuhan dan mendukung produksi hormon
  • Vitamin B6
    Berperan penting dalam pembentukan hemoglobin
  • Vitamin B7
    Membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi
  • Vitamin B9 (asam folat)
    Berperan penting dalam produksi sel darah merah
  • Vitamin B12
    Menjaga sistem saraf dan sistem imun tubuh tetap sehat

Ragam Sumber Vitamin B yang Aman Dikonsumsi oleh Anak

Berikut ini beberapa sumber vitamin B yang bisa Mums dapatkan secara alami, di antaranya:

  1. Susu

    Selain tinggi protein, susu juga termasuk sumber vitamin B yang bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Dalam 1 cangkir susu atau setara 240 ml dapat menyediakan asupan vitamin B2 hingga 26% sesuai anjuran kebutuhan harian vitamin B12 dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kementerian Kesehatan RI. 

    Selain itu, sumber vitamin B ini juga sanggup menyediakan kebutuhan vitamin B12 sebesar 18% dari AKG harian anak yang berusia 1-3 tahun. Susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang anak.

    Mums dapat memberikan si Kecil asupan sumber vitamin B ini dari susu Friso Gold 4 karena di dalamnya diperkaya dengan beragam nutrisi penting yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

    Friso Gold 4 termasuk susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. 

  2. Ikan

    Sumber vitamin B selanjutnya yaitu berbagai jenis ikan, mulai dari ikan salmon, tuna, sarden, makarel, dan lainnya. Ikan memang terkenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan anak, khususnya untuk meningkatkan perkembangan otaknya. 

    Hampir sebagian besar ikan mengandung beberapa jenis vitamin B, di antaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12. Tak heran jika sumber vitamin B ini sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga daya tahan tubuh, menjaga fungsi sistem saraf, dan lain sebagainya. 

  3. Daging sapi

    Daging sapi juga termasuk sumber vitamin B yang aman dikonsumsi oleh anak-anak, asalkan cara pengolahannya dilakukan secara tepat ya, Mums. Sebaiknya berikan daging sapi yang rendah lemak dengan tingkat kematangan merata agar tidak ada sisa bakteri atau parasit dalam daging yang bisa memicu penyakit atau infeksi dalam tubuh.

    Sumber vitamin B ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membantu meningkatkan perkembangan otak dan sistem saraf, menjaga kesehatan kulit, mengoptimalkan pertumbuhan tulang, dan lain sebagainya. Jenis vitamin B yang terdapat dalam daging sapi di antaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B12. 

  4. Daging ayam

    Sama seperti daging sapi, daging ayam juga termasuk sumber vitamin B yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Ini karena daging ayam tidak hanya mengandung vitamin B kompleks, tetapi juga sebagai sumber protein hewani berkualitas, sama seperti susu, telur, ikan, dan daging sapi. 

    Tak heran jika sumber vitamin B ini pun menyimpan beragam manfaat bagi anak, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, kulit, rambut, mengoptimalkan pertumbuhan dan kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan lainnya. Dalam daging ayam, Mums bisa mendapatkan manfaat vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B12. 

  5. Sayuran Hijau

    Selain makanan hewani, sayuran hijau juga termasuk sumber vitamin B yang bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak lho. Apalagi sayuran hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan lebih baik. 

    Perlu Mums ketahui bahwa 80% sel imun tubuh terdapat di dalam saluran pencernaan, sehingga kesehatan pencernaan sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak secara keseluruhan. Meskipun begitu, bukan berarti Mums hanya memberikan anak sayuran hijau saja ya. Ia juga perlu mendapatkan makanan bergizi seimbang yang mengandung nutrisi penting lainnya. 

  6. Hati sapi dan hati ayam

    Sumber vitamin B yang lainnya yaitu hati sapi dan hati ayam. Keduanya memiliki kandungan vitamin B kompleks yang cukup tinggi, di antaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12. 

    Meskipun termasuk sumber vitamin B yang tinggi, tetapi Mums perlu memberikan hati sapi dan hati ayam pada anak sesuai batas normal dan tidak berlebihan. Ini karena kedua makanan tersebut mengandung kolesterol yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

  7. Telur

    Salah satu sumber vitamin B yang mudah didapat dan diolah adalah telur. Mungkin hampir sebagian besar anak-anak menyukai makanan yang satu ini karena rasanya lezat dan gurih. 

    Meskipun cukup terjangkau, ternyata telur mengandung beragam nutrisi penting yang baik bagi kesehatan tubuh anak, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral. Sama seperti hati sapi dan hati ayam, Mums tetap perlu memberikan olahan telur kepada anak sesuai dengan batas normal agar tidak memicu gangguan kesehatan. 

  8. Biji bunga matahari

    Sumber vitamin B yang sayang untuk dilewatkan yaitu biji bunga matahari atau kuaci. Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin B5 terbaik lho, Mums. tak hanya itu, biji-bijian ini juga mengandung vitamin B lain, seperti vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12. Dengan begitu, biji bunga matahari bisa dijadikan camilan sehat dan bergizi untuk anak.

    Kendati demikian, biji bunga matahari tidak mengandung asam amino esensial yang lengkap karena termasuk makanan nabati. Oleh karena itu, Mums perlu mencukupi asupan biji-bijian atau kacang-kacangan dengan tepat. Jika Mums terlalu banyak memberikan anak makanan nabati tanpa diimbangi makanan hewani, maka tumbuh kembangnya kurang optimal. Itulah sebabnya, sebaiknya Mums menyeimbangkan asupan nutrisi harian anak dari zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, lemak, serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral agar kebutuhan gizinya tercukupi dengan baik. 

Efek Samping Kekurangan Vitamin B 

Kekurangan asupan sumber vitamin B dapat menimbulkan masalah kesehatan yang beragam. Hal ini tergantung dari jenis vitamin B yang jumlahnya kurang di dalam tubuh anak. Nah, berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang dapat muncul akibat kurangnya asupan vitamin B, antara lain:

  • Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penyakit beri-beri dan Sindrom Wernicke-Korsakoff.
  • Kekurangan vitamin B2 dapat dilihat dari munculnya gejala anemia, kulit kering, mata merah, bibir pecah-pecah, hingga infeksi rongga mulut.
  • Kekurangan vitamin B3 akan terlihat ketika anak mengalami kelelahan yang berlebih, gangguan saluran pencernaan, diare, muntah, mulut bengkak, dan kesulitan berkonsentrasi. 
  • Kekurangan vitamin B5 sebenarnya termasuk kasus yang langka, tetapi efek sampingnya dapat terlihat dari gejala tubuh yang mudah lelah, sakit kepala berkepanjangan, gangguan saluran pencernaan, dan denyut jantung meningkat.
  • Kekurangan vitamin B6 dapat meningkatkan risiko nyeri berlebih pada beberapa bagian hingga risiko gangguan otak
  • Kekurangan vitamin B7 bisa dilihat dari gejala rambut rontok berlebih, kulit kering, mata kering, dan kelelahan. 
  • Kekurangan vitamin B9 dapat terlihat dari gejala sesak napas, tubuh mudah lelah, dan pertumbuhan yang buruk. 
  • Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan penyakit kuning, anemia, kehilangan nafsu makan, dan gangguan penglihatan.

Mums tentu tidak ingin melihat buah hati Mums mengalami kondisi di atas, bukan? Maka dari itu, pastikan asupan vitamin B hariannya tercukupi dengan baik serta diimbangi dengan nutrisi penting lainnya agar tumbuh kembang anak lebih optimal. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Mums.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang