Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Apa itu Kecerdasan Kinestetik Anak? Bagaimana Mengasahnya?

Apa itu Kecerdasan Kinestetik Anak? Bagaimana Mengasahnya?

Setiap anak memiliki cara unik dalam menyerap informasi. Mums mungkin merasa khawatir dengan si Kecil yang aktif bergerak dan terkesan kurang berkonsentrasi dalam belajar. Tenang saja Mum, hal tersebut bukan berarti si Kecil tidak memperhatikan materi pelajaran. Bisa jadi si Kecil termasuk anak yang memiliki kecerdasan kinestetik.

Anak yang memiliki kecerdasan kinestetik biasanya ditandai dengan kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengelola objek. Si Kecil akan lebih terampil dalam hal-hal yang berkaitan dengan motorik halus, koordinasi tangan dan mata, serta motorik kasar. Sayangnya, si Kecil yang memiliki kecerdasan kinestetik tidak terlalu senang dengan lingkungan belajar yang hanya duduk diam, mendengarkan, dan harus berkonsentrasi untuk memperhatikan. Lingkungan seperti itu merupakan hambatan bagi anak yang memiliki kecerdasan ini.

Kecerdasan kinestetik bukan hal yang buruk untuk si Kecil. Mums bisa mengasah keterampilan motorik si Kecil melalui kecerdasan yang dimilikinya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kecerdasan kinestetik dan bagaimana cara mengasahnya, langsung simak ulasan di bawah ini.

Apa itu Kecerdasan Kinestetik?

Apa itu Kecerdasan Kinestetik Anak? Bagaimana Mengasahnya?

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan anak menggunakan ketangkasan tubuhnya untuk mengekspresikan ide dan perasaan, serta menggunakan keterampilan tangannya untuk mengubah dan menciptakan sesuatu. Jenis kecerdasan ini mengarah pada kemampuan fisik seperti koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan.

Si Kecil yang memiliki kecerdasan ini biasanya mampu melakukan gerakan fisik yang amat baik seperti berlari, menari, dan menciptakan suatu karya seni atau kerajinan tangan. Kecerdasan kinestetik menjadi salah satu dari delapan jenis kecerdasan yang normal dimiliki seseorang.

Ciri Anak yang Memiliki Kecerdasan Kinestetik

Apa itu Kecerdasan Kinestetik Anak? Bagaimana Mengasahnya?

Pada dasarnya, si Kecil yang memiliki kecerdasan kinestetik akan menunjukkan beberapa ciri-ciri tertentu, di antaranya

  • Ia selalu ingin bergerak dan melakukan aktivitas, serta kerap kali tidak pernah bisa duduk diam dalam waktu lama.
  • Si Kecil dengan kecerdasan kinestetik biasanya akan memiliki ingatan yang kuat akan apa yang mereka lakukan dengan gerakan.
  • Ia lebih menunjukkan bakatnya dalam aktivitas fisik seperti berlari, berenang, menari, dan kegiatan fisik lainnya.
  • Gerakan fisik si Kecil yang memiliki kecerdasan ini akan lebih terkoordinasi dan mempunyai naluri yang bagus mengenai tubuh mereka. Contohnya, ia memiliki koordinasi tangan dan mata yang luar biasa, serta reaksi tubuh yang cepat.

Cara Mengasah Kecerdasan Kinestetik Anak

Apa itu Kecerdasan Kinestetik Anak? Bagaimana Mengasahnya?

Seperti yang dibahas sebelumnya, si Kecil dengan jenis kecerdasan ini lebih menyukai gaya belajar dengan menggunakan objek, melakukan eksperimen, dan tugas fisik yang dilakukan berulang. Untuk mengasah jenis kecerdasan ini, Mums harus melakukan cara belajar kreatif yang sesuai dengan minat belajarnya. Berikut adalah cara belajar kreatif yang bisa Mums lakukan.

  1. Bermain peran dengan si Kecil. Mums bisa bermain peran profesi bersama si Kecil seperti peran dokter, guru, polisi, pemadam kebakaran, dan sebagainya. Jangan lupa minta si Kecil menceritakan perasaannya setelah melakukan permainan tersebut.
  2. Belajar melatih keseimbangan si Kecil dengan kegiatan menari. Menari dipercaya dapat melatih keseimbangan, keselarasan gerak, kekuatan dan kelenturan ototnya.
  3. Lakukan kegiatan luar ruang atau outbond. Ajak si Kecil langsung terlibat dengan alam daripada hanya melihat gambar. Mums bisa mengajaknya ke kebun bunga atau kebun binatang untuk memperkenalkan jenis tumbuhan dan jenis hewan secara langsung.
  4. Dukung hobi si Kecil sejak dini. Si Kecil yang memiliki kecerdasan kinestetik biasanya memiliki keterampilan di bidang olahraga atau seni. Libatkan ia dalam ekstrakurikuler, kursus, atau kompetisi yang sesuai keterampilannya agar kecerdasannya semakin terasah. Dukungan yang Mums berikan juga akan mengasah rasa percaya dirinya.
  5. Beri si Kecil ruang belajar yang variatif. Agar si Kecil tidak bosan dengan proses belajar, bebaskan si Kecil memilih tempat dan gaya belajarnya sendiri. Misalnya, belajar dengan duduk di karpet, di meja belajar, atau belajar di halaman rumah.

Baca Juga: Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Mental [Indikator Umum]

Itulah beberapa hal yang perlu Mums ketahui mengenai kecerdasan kinestetik pada anak. Jika Mums merasa si Kecil tak bisa diam, jangan langsung memarahinya atau melabelinya sebagai anak yang tidak bisa diatur atau hiperaktif ya, Mums. Bisa jadi si Kecil memang memiliki kecerdasan dalam aspek kinestetik. Selalu dukung dan asah kecerdasannya agar si Kecil tetap bisa mendapatkan proses belajar yang optimal.

Selain itu, jangan lupa berikan asupan gizi yang cukup untuk si Kecil. Bagaimanapun, si Kecil dengan kecerdasan kinestetik akan lebih banyak bergerak sehingga ia membutuhkan banyak asupan nutrisi dan energi. Mums bisa memberikan Friso Gold 4 sebagai pendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi hariannya. Tak hanya rasa yang nikmat, Friso Gold 4 juga dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi dalam susu sehingga mudah diserap dan dicerna tubuh si Kecil. Berikan dukungan terbaik untuk si Kecil agar ia kuat dari dalam dan bisa lebih bebas bereksplorasi bersama Mums!