Lompat ke isi utama
Probiotik

Apa itu Probiotik? Ini Jenis dan Manfaatnya

Apa itu probiotik? Mums pasti sering mendengar istilah ini saat membahas mengenai kesehatan si Kecil. Probiotik disebut juga sebagai bakteri baik yang ada di dalam usus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pembahasan mengenai apa itu probiotik selalu berkaitan dengan kesehatan saluran pencernaan manusia yang harus dijaga dengan cara mengonsumsi asupan nutrisi berkualitas. Melansir laman resmi healthline.com, American Family Physician menjelaskan mengenai apa itu probiotik yang berkaitan dengan salah satu cara untuk mengobati gastroenteritis. Gastroenteritis adalah muntah dan diare akibat infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung dan usus. Penyakit ini dikenal juga dengan istilah flu perut atau muntaber. Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan, pembahasan mengenai apa itu probiotik juga selalu berkaitan dengan kesehatan otak dan mental si Kecil. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk memahami apa itu probiotik, apa saja jenisnya, dan apa manfaatnya untuk tumbuh kembang si Kecil. 

Jenis Probiotik

Seperti yang telah disebutkan, konsep apa itu probiotik berkaitan pula dengan pemahaman mengenai apa saja jenis probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Ada beberapa bakteri yang dapat diklasifikasikan sebagai probiotik dengan manfaat yang berbeda.

  • Apa itu Probiotik Bifidobacterium

    Pembahasan mengenai apa itu probiotik Bifidobacterium juga perlu Mums ketahui agar saluran pencernaan si Kecil tetap sehat. Sebab, Bifidobacterium merupakan probiotik yang sering digunakan untuk meredakan gangguan saluran pencernaan pada anak-anak maupun orang dewasa. 

    Bifidobacterium mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan berbagai vitamin, terutama vitamin B, vitamin K, dan vitamin B9 (asam folat). Selain itu, probiotik ini pun memproduksi asam laktat dan asam asetat di usus besar. Dengan begitu, Bifidobacterium sangat penting bagi kesehatan saluran pencernaan dan sistem imun tubuh si Kecil hingga masa depan. 

    Bakteri jenis ini bisa ditemukan pada produk-produk olahan susu, seperti keju. Perlu Mums ketahui, susu pertumbuhan Susu FRISO Gold 3 dan FRISO Gold 4 mengandung probiotik Bifidobacterium. 

  • Apa itu Probiotik Lactobacillus?

    Istilah bakteri ini pasti cukup familiar di telinga Mums. Sebenarnya apa itu probiotik Lactobacillus? Lactobacillus merupakan jenis bakteri baik yang bisa ditemukan pada produk-produk makanan yang difermentasikan, salah satunya adalah yoghurt. Selain dari produk fermentasi, lactobacillus juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen. Suplemen Lactobacillus bekerja dengan cara menjaga tingkat keasaman di saluran pencernaan, sehingga dapat menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya. Probiotik ini sering digunakan untuk mengatasi diare dan gangguan penyerapan laktosa. 

    Dalam memahami mengenai apa itu probiotik Lactobacillus, Mums juga perlu tahu bahwa suplemen Lactobacillus sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan anjuran dari dokter. Sebab, suplemen ini sebaiknya dihindari oleh anak-anak maupun orang dewasa yang mengalami beberapa kondisi, seperti alergi, infeksi saluran kemih, diare kronis, dan kondisi medis lainnya. Mums perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan suplemen tersebut. 

  • Apa itu Probiotik Saccharomyces Boulardii?

    Selanjutnya, apa itu probiotik Saccharomyces Boulardii? Saccharomyces Boulardii adalah probiotik yang berasal dari ragi atau jamur. Selain dari produk fermentasi, probiotik ini juga yang bisa Mums temukan pada kulit manggis dan leci. Probiotik ini diyakini bermanfaat untuk meredakan diare, radang saluran pencernaan, atau iritasi saluran pencernaan. Sama seperti bakteri Lactobacillus, bakteri jenis ini bisa Mums temukan juga dalam bentuk suplemen. Namun, pemberiannya harus sesuai dengan anjuran dan resep dokter. 

  • Apa itu Probiotik Streptococcus Thermophilus?

    Streptococcus Thermophilus dapat memproduksi enzim laktase, yaitu enzim yang dapat mencegah intoleransi laktosa. Kemudian, ada jenis lain yang dikenal dengan nama probiotik Leuconostoc. Probiotik tersebut banyak dimanfaatkan dalam memproses makanan dalam tubuh.

Itulah penjelasan mengenai apa itu probiotik berdasarkan jenis bakterinya. Dengan begitu, Mums akan semakin peduli untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil dengan optimal. Ini karena pencernaan yang sehat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh si Kecil secara keseluruhan. Seperti yang telah dijelaskan, berbicara mengenai apa itu probiotik maka berkaitan pula dengan cara kerja dan manfaatnya terhadap tumbuh kembang si Kecil. Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Baca juga: Inilah 7 Penyakit Pencernaan pada Anak, Mums Wajib Waspada!

Cara Kerja Probiotik

Melansir laman resmi Medicalnewstoday.com, beberapa penelitian menunjukkan hasil bagaimana cara bakteri baik ini bekerja dalam tubuh manusia. Berikut ini beberapa cara yang membuat probiotik berguna bagi kesehatan si Kecil, antara lain:

  • Ketika si Kecil mengonsumsi antibiotik, maka bukan hanya bakteri buruk saja yang terbunuh, melainkan seluruh bakteri baik pun ikut terbunuh. Dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung probiotik, maka tubuh si Kecil akan dapat mengembalikan bakteri-bakteri baik yang terbunuh.
  • Probiotik dapat membantu tubuh si Kecil menyeimbangkan antara bakteri baik dan bakteri buruk dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh si Kecil dapat berfungsi dengan optimal.

Manfaat Probiotik

Dalam memahami konsep apa itu probiotik, maka penting bagi Mums untuk mengetahui manfaatnya dengan lebih jelas. Berikut ini beberapa manfaat probiotik bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil: 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pemberian makanan yang mengandung probiotik merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah si Kecil mengalami gangguan kesehatan. Semakin banyak jumlah probiotik yang ada dalam tubuh si Kecil, maka semakin efektif pula probiotik dalam menyeimbangkan limfosit B dan T dalam tubuhnya. Limfosit adalah bagian dari sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang. Limfosit beserta sel darah putih lainnya berperan dalam menjaga sistem imun tubuh dengan cara memerangi bakteri, virus, dan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh agar si Kecil terhindar dari sakit.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Anak-anak rentan mengalami gangguan saluran pencernaan. Kondisi seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan probiotik karena dapat membuat proses pemecahan makanan dan penyerapan nutrisi bisa berlangsung lebih optimal.

Membantu menjaga kesehatan otak dan mental

Selain baik bagi saluran pencernaan, probiotik juga penting bagi kesehatan otak dan mental si Kecil. Ini karena probiotik mampu membuat neurotransmitter bekerja secara efektif dalam proses komunikasi antara otak dan usus. Selain itu, asupan probiotik yang cukup juga bisa memicu produksi hormon bahagia (serotonin) dan hormon relaksasi (melatonin). Hormon tersebut berperan dalam menjaga suasana hati, membantu meningkatkan kualitas tidur, dan dapat mencegah si Kecil mengalami kelelahan.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak, Sudah Coba Mums?

Berguna untuk terapi pengobatan

Melansir laman resmi healthline.com, probiotik juga berguna untuk terapi pengobatan. Meskipun bukan sebagai pengobatan utama, probiotik bisa dikonsumsi untuk membantu terapi pengobatan dan proses penyembuhan. 

Selain yang telah disebutkan di atas, probiotik juga bermanfaat untuk mengurangi risiko munculnya alergi dan eksim, memperbaiki gejala akibat intoleransi laktosa, dan mengurangi infeksi saluran pernapasan atas. Oleh karena itu, kehadiran probiotik sangat diperlukan agar kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil optimal. Mums bisa mendapatkan probiotik dari susu pertumbuhan, tempe, yogurt, keju, sup miso, dan kimchi jika si Kecil suka. 

Sekarang Mums semakin paham mengenai konsep apa itu probiotik, bukan? Nah, untuk membantu si Kecil kuat dari dalam, dibutuhkan asupan probiotik dan prebiotik dari susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. FRISO Gold 3 juga diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. Yuk, saatnya minum susu setiap hari! 

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang