Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Apakah Sakit Perut Hilang Timbul pada Anak adalah Gejala Usus Buntu? Simak 4 Poin Berikut IniApakah Sakit Perut Hilang Timbul pada Anak adalah Gejala Usus Buntu? Simak 4 Poin Berikut Ini

Apakah Sakit Perut Hilang Timbul pada Anak adalah Gejala Usus Buntu? Simak 4 Poin Berikut Ini

Gangguan pencernaan pada si Kecil ada banyak jenisnya. Dari yang gangguan pencernaan biasa hingga yang serius seperti infeksi atau mungkin usus buntu. Gejala yang paling sering dirasakan oleh si Kecil sendiri adalah sakit perut. Tak jarang kemudian, sakit perut hilang timbul pada anak banyak ditakutkan sebagai gejala penyakit serius. Namun benarkah demikian?
Mums, jangan terburu-buru berburuk sangka pada sakit perut yang dialami si Kecil. Memang secara medis, sakit perut merupakan gejala paling awam yang dialami si Kecil ketika terjadi masalah pencernaan. Tapi hal ini tidak selalu mengarah pada masalah yang serius. Meski demikian, Mums harus tetap waspada dan terus mengamati apa yang dikeluhkan si Kecil pada perutnya.
Tidak sedikit pula sebenarnya gangguan pencernaan yang kemudian dirasakan si Kecil sebagai sakit perut. Beberapa gangguan yang sebenarnya tidak serius seperti masuk angin, diare, atau sulit buang air besar misalnya, juga menimbulkan gejala yang sama, yakni sakit perut. Meski tidak berbahaya, beberapa masalah tadi tetap harus disikapi dengan serius.
Pada tahapan tertentu, Mums bisa menganalisa apa yang dirasakan si Kecil pada perutnya. Untuk usus buntu sendiri, terdapat beberapa gejala spesifik. Sakit perut hilang timbul pada anak jadi salah satunya. Tapi, beberapa kondisi berikut ini perlu dicermati, jika mengalami beberapa gejala di bawah ini, sebaiknya Mums segera membawa si Kecil menemui dokter kepercayaan.

Mual atau Muntah

Ketika sakit perut yang dialami si Kecil disertai dengan mual atau muntah, Mums patut waspada. Pasalnya, jika sakit perut biasa, si Kecil tidak akan sampai mual atau muntah. Memang mungkin jika mengalami mabuk perjalanan hal ini bisa terjadi. Namun jika sedang tidak bepergian dan si Kecil mengalami hal ini, sebaiknya mulai waspada.
Mual dan muntah ini bisa disebabkan karena lambung atau bagian pencernaan yang berada di perut tidak dapat memproses makanan yang masuk dengan optimal. Mual disebabkan oleh gas yang terlalu banyak yang muncul akibat makanan yang diolah. Sedangkan jika sampai muntah, maka biasanya makanan yang dikonsumsi tidak dapat diproses lebih lanjut.

Demam dan Nyeri di Perut

Ketika asupan makanan tidak dapat diserap dengan optimal, maka tubuh si Kecil akan kekurangan nutrisi yang diperlukan. Menurunnya daya tahan tubuh si Kecil akan memunculkan demam, yang merupakan refleks alami tubuh ketika terjadi infeksi atau gangguan. Demam sendiri sebenarnya adalah cara tubuh manusia untuk mematikan virus atau bakteri yang mungkin masuk.
Jika kemudian demam disertai dengan nyeri pada bagian perut, ini bisa jadi tanda bahwa si Kecil mengalami masalah yang cukup serius. Nyeri pada bagian perut, berbeda dengan sakit perut. Nyeri yang muncul bisa saja disebabkan oleh infeksi pada bagian tertentu. Sebaiknya Mums tidak menganggap hal ini sepele, karena bisa jadi masalah serius.

Nafsu Makan Menurun

Karena perutnya terasa tidak nyaman, maka otomatis nafsu makan si Kecil akan menurun. Hal ini terjadi secara berantai. Mums harus tetap memastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang diperlukannya agar dapat memulihkan diri dengan cepat dan tidak menjadi masalah yang lebih serius.
Sangat disarankan untuk memberikan makanan kaya nutrisi yang mungkin tidak akan memicu mual dan kembung pada si Kecil. Hindari sayur dan buah yang mengandung banyak gas, dan pastikan si Kecil mendapat asupan cairan yang cukup. Menjamin tubuh mendapat asupan cairan yang cukup setidaknya akan sedikit menghambat gangguan yang ada hingga pertolongan lebih lanjut bisa diberikan.

Rasa Sakit Perut Hilang Timbul

Sakit perut hilang timbul pada anak, menjadi perlu penanganan serius ketika beberapa gejala di atas juga dirasakan oleh si Kecil. Beberapa poin yang disampaikan di atas tersebut bisa jadi indikasi bahwa si Kecil mengalami usus buntu. Penanganan oleh dokter atau profesional lain sesegera mungkin sangat disarankan, agar tidak menimbulkan dampak lebih parah.
Mungkin sudah menjadi kebiasaan bahwa sakit perut pada anak tidak dianggap terlalu serius. Berbagai gangguan ringan yang disampaikan pada poin sebelumnya sering kali dianggap jadi penyebab utama sehingga penanganan yang diberikan hanya terbatas pada penanganan tradisional atau obat-obatan ringan.

Ketika poin-poin di atas dirasakan si Kecil, hampir dapat dipastikan bahwa sakit perut yang dirasakan oleh si Kecil bukan lagi perkara ringan. Identifikasi yang cermat sangat perlu dilakukan, mengingat si Kecil biasanya belum memiliki kepekaan terhadap hal tersebut. Yang dirasakannya hanyalah sakit perut, atau perasaan tidak nyaman pada bagian perutnya.
Untuk mengurangi potensi gejala gangguan pencernaan seperti sakit perut hilang timbul pada anak, gaya hidup sehat perlu diterapkan. Mums dapat memberikan si Kecil Friso Gold 4, dengan teknologi Locknutri yang dapat melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi, sehingga nutrisinya lebih mudah diserap si Kecil dan membantu si Kecil kuat dari dalam.
Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) ya Mums terkait pertanyaan lebih lanjut mengenai nutrisi si Kecil, yang ada di pojok kanan bawah situs resmi Friso.