Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Apresiasi adalah Poin Penting Perkembangan Mental Anak

Apresiasi adalah Poin Penting Perkembangan Mental Anak

Memberikan apresiasi atas usaha dan karya yang dihasilkan si Kecil akan jadi hal positif bagi tumbuh kembangnya. Menyoal tumbuh kembang, tak melulu mengenai fisik bukan? Pertumbuhan dan perkembangan mental si Kecil juga wajib diperhatikan, nah salah satunya dengan memberikan apresiasi. Apresiasi adalah hal yang sangat direkomendasikan ketika Mums mendampingi setiap fase tumbuh kembang si Kecil.

Jika dilihat dari sisi pengertian atau definisi, apresiasi adalah respon atas apa yang dilakukan si Kecil untuk menunjukkan bahwa apa yang dilakukannya sudah di notice oleh Mums. Respon ini bisa beragam bentuknya, mulai dari pujian hingga masukan atau saran agar si Kecil terus dapat memiliki semangat untuk belajar.

Berbicara mengenai manfaatnya, Mums bisa melihat beberapa poin singkat berikut ini.

Bonding Hubungan Mums dan si Kecil

Apresiasi adalah Poin Penting Perkembangan Mental Anak

Memberikan apresiasi adalah bentuk komunikasi konstruktif yang bisa mempererat hubungan emosional Mums dan si Kecil. Interaksi yang ada, kehangatan yang terbangun, serta rasa nyaman yang dirasakan oleh si Kecil karena apa yang dilakukannya mendapatkan perhatian, akan membuat si Kecil memiliki rasa percaya yang besar pada Mums.

Bonding antara Mums dan si Kecil akan terasa semakin erat ketika interaksi dan komunikasi yang terjadi setiap hari berjalan intens dan positif. Tentu, jika si Kecil melakukan kekeliruan, Mums tetap harus memberikan masukan dalam nada dan kata yang positif. Tujuannya sederhana, agar si Kecil tetap merasa nyaman dan bisa memahami kekeliruan yang ia lakukan sehingga ia bisa melakukan pembenaran di lain waktu.

Menjaga Mood si Kecil ketika Beraktivitas

Aktivitas yang dilakukan si Kecil dalam bentuk apapun bisa menjadi aktivitas belajar untuknya. Bermain bola, mengejar objek yang ada di hadapannya, menggenggam mainan, bermain boneka atau mobil-mobilan, semua adalah proses belajar yang terjadi setiap waktu selama si Kecil melewati fase anak-anaknya.

Proses belajar ini perlu mood yang baik agar si Kecil bisa menyerap rangsangan yang diterimanya. Untuk itu, apresiasi adalah cara yang tepat menjaga mood si Kecil agar tetap berada pada titik terbaik. Dengan diberikan apresiasi dan perhatian secara intens, si Kecil akan memiliki mood bahagia, karena merasa setiap apa yang dilakukannya diperhatikan oleh Mums.

Motivasi dan Semangat Belajar

Apresiasi adalah Poin Penting Perkembangan Mental Anak

Mood yang baik akan semakin menunjang optimalnya proses belajar si Kecil dengan motivasi dan semangat belajar. Ya, dengan mood yang terjaga, maka si Kecil akan terus memiliki semangat dan motivasi belajar yang tinggi. Setiap apresiasi yang Mums berikan idealnya memberikan dampak positif pada dua hal ini.

Terkadang si Kecil akan melakukan kesalahan, namun sebisa mungkin jangan memarahinya dengan kata yang kurang baik. Pilihan diksi yang tepat dan nada bicara yang baik bisa membuat teguran menjadi penyemangat bagi anak-anak. Ini mengapa untuk berbicara dengan anak-anak selalu disarankan untuk berhati-hati, karena si Kecil akan dengan mudah menyerap apapun yang didengarnya dan berpengaruh pada perkembangan mentalnya hingga dewasa.

Merangsang si Kecil Lebih Kreatif

Imajinasi yang dimiliki anak-anak harus mendapatkan rangsangan secara intens agar terus berkembang dan menjadi semakin baik. Ketika si Kecil membuat suatu ‘karya’ apapun jenisnya, berikan respon positif dan semangat padanya. Pahami apa yang sekiranya ingin disampaikan oleh si Kecil, sehingga Mums bisa memberikan apresiasi yang tepat.

Semakin sering si Kecil membuat karya, maka semakin kreatif pula ia. Dalam waktu singkat mungkin Mums akan dikejutkan dengan karya terbaru si Kecil yang semakin baik dan indah. Meski mungkin hanya berupa coretan dan warna yang cenderung abstrak, tetap lihat sisi positifnya dan berikan apresiasi yang positif ya Mums!

Merangsang Sifat Mandiri

Apresiasi adalah Poin Penting Perkembangan Mental Anak

Masih berkaitan dengan semangat belajar dan motivasi, kedua hal ini ketika benar-benar dimiliki oleh si Kecil maka akan muncul sikap mandiri di dalam dirinya. Semangat untuk menyelesaikan berbagai persoalan secara mandiri karena ada ia merasa memiliki kemampuan tanpa harus meminta bantuan pada orang lain.

Tentu saja sifat seperti ini sangat baik ketika sudah tumbuh sejak si Kecil masih berusia dini. Akan banyak hal positif yang muncul dengan berdasar sifat mandiri, misalnya seperti keinginan membantu orang tua, menyelesaikan tugas yang diberikan padanya dengan baik tanpa harus meminta tolong, dan lain sebagainya. Hal ini tumbuh dari apresiasi yang Mums berikan dengan positif.

Baca Juga : 5 Penyebab Anak Tidak Percaya Diri, Simak dan Hindari Kebiasaan Ini Ya Mums

Jika melihat 5 poin di atas, rasanya tidak berlebihan jika dikatakan apresiasi adalah cara yang sangat baik membantu mental si Kecil tumbuh optimal. Tentu saja, rangsangan dan pola komunikasi seperti ini juga harus didukung dengan asupan nutrisi lengkap setiap hari. Nah, untuk menunjang hal tersebut, makanan bernutrisi menjadi hal wajib untuk diberikan. Bila perlu Mums bisa menambahkan Friso Gold 4 yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri, yang bisa menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang