Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Asah Kemampuan Interaksi si Kecil dengan Bermain Rebut Kursi

Asah Kemampuan Interaksi si Kecil dengan Bermain Rebut Kursi

Si Kecil tak henti-hentinya membuat Mum kagum. Memasuki usianya saat ini, ia mulai menunjukkan kemandiriannya dengan menyikat gigi dan memakai baju sendiri. Biasanya, ia juga mulai tertarik untuk beraktivitas dengan orang lain. Untuk mengasah kemampuannya dalam berinteraksi dan bersosialisasi, ajak ia bermain rebut kursi, yuk!

Permainan ini akan lebih seru jika dimainkan bersama teman-teman sebayanya. Namun jika si Kecil belum terlalu nyaman untuk melakukannya, Mum bisa mengajak Dad atau anggota keluarga lain untuk menemaninya bermain.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Ajak Si Kecil Berkenalan

    Ajak si Kecil berkenalan

    Sebelum melakukan permainan, ajak si Kecil berkenalan dengan teman-temannya terlebih dahulu dengan saling menyebutkan nama.

  2. Pilih Ruangan Yang Leluasa

    Pilih ruangan yang cukup besar agar si Kecil dan teman-temannya bisa bergerak dengan leluasa.

  3. Saatnya Siapkan Kursi

    Saatnya Siapkan Kursi

    Siapkan kursi berjumlah satu buah lebih sedikit dari jumlah pemain. Susun secara melingkar ya, Mum. Siapkan juga musik bernada ceria sebagai pengiring ketika bermain nanti.

  4. Saatnya Untuk Bermain

    Saatnya bermain! Setelah musik pengiring dimainkan, instruksikan para pemain untuk berjalan mengelilingi kursi. Ajak juga mereka untuk menggoyangkan badan mengikuti irama musik.

  5. Cari Kursi Segera

    Cari Kursi Segera

    Letak keseruannya adalah jika musik berhenti, setiap pemain harus duduk di salah satu kursi. Karena jumlah kursi lebih sedikit dari pemainnya, maka akan ada pemain yang tidak berhasil mendapatkan kursi. Pemain ini harus keluar dari lingkaran dan tidak boleh bermain lagi. Ulangi siklus ini hingga akhirnya hanya tersisa satu pemenang, yaitu yang berhasil duduk di kursi terakhir.

  6. Abadikan Ekspresi Si Kecil

    Abadikan ekspresi ceria si Kecil ketika berhasil menduduki kursi terakhir dan menjadi pemenang. Bagikan keseruan permainan ini kepada Mums lainnya melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.