Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
ASI Eksklusif adalah Asupan Terbaik untuk si Kecil

ASI Eksklusif adalah Asupan Terbaik untuk si Kecil

Pemberian ASI eksklusif adalah hal yang memiliki sangat banyak manfaat baik untuk Mums atau si Kecil. Hal ini juga direkomendasikan oleh WHO selaku organisasi kesehatan yang merupakan bagian dari PBB untuk diterapkan. ASI eksklusif diberikan bukan tanpa alasan, segudang manfaat dapat Mums berikan untuk si Kecil ketika ASI diberikan dari 0 hingga 6 bulan pertama kehidupannya.

Selain membangun ikatan emosional antara Mums dan si Kecil, nutrisi yang terkandung dalam ASI sudah terbukti merupakan nutrisi terbaik untuknya pada 6 bulan awal kehidupannya. Agar memahami hal ini lebih jauh, berikut penjelasannya.

Salah Satu Kandungan ASI Eksklusif adalah Trigliserida

Kandungan salah satu jenis lemak ini merupakan asupan utama untuk memberikan tenaga pada si Kecil. Trigliserida memiliki fungsi untuk membentuk energi, menyimpan energi dan melepas energi pada tubuh si Kecil. Kandungan nutrisi ini dalam ASI eksklusif adalah sumber tenaga utama untuk si Kecil.

DHA atau Asam Docosaheaenoic

Mums tentu sudah sering mendengar singkatan ini di banyak tempat seperti pusat informasi, kandungan dalam susu anak atau tempat lainnya. DHA merupakan asam lemak esensial yang ada di dalam ASI dan berkontribusi untuk perkembangan sistem saraf pusat dan otak si Kecil.

Selain manfaat tersebut, DHA juga berperan dalam perkembangan organ penglihatan si Kecil yaitu mata. Hal ini semakin terasa ketika si Kecil lahir dalam posisi prematur, asupan DHA dalam ASI dapat membantunya membentuk penglihatan yang ideal.

Lemak Kompleks untuk Organ si Kecil

Kandungan lemak kompleks yang ada di dalam ASI yang Mums berikan penting untuk pertumbuhan organnya. Organ seperti otak, lambung, usus dan kulit dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal ketika mendapat asupan lemak kompleks yang cukup. Selain itu, konsumsi ASI juga sangat baik karena kandungan nutrisinya dapat dicerna sempurna oleh organ pencernaan si Kecil yang belum tumbuh sempurna.

ASI Eksklusif adalah Sumber Kolesterol Baik

Jika mendengar kolesterol mungkin hal pertama yang terpikirkan adalah kandungan jahat yang dapat mengganggu kesehatan. Namun demikian kolesterol baik yang terkandung dalam ASI Eksklusif adalah asupan nutrisi yang bermanfaat untuk si Kecil. Kolesterol baik dapat menunjang pertumbuhan otak dan saraf si Kecil, sama dengan DHA.

Dalam jangka panjang, si Kecil yang menerima asupan ASI selama 6 bulan pertama usianya terbukti memiliki kesehatan jantung yang lebih baik ketika dewasa. Tingkat kolesterol jahat cenderung rendah, sehingga terhindar dari penyakit jantung dan sejenisnya.

Sifat Netral Berdampak Baik untuk Pencernaan

Kondisi organ pencernaan si Kecil ketika baru lahir masih belum terbentuk sempurna. Ini mengapa asupan ASI menjadi asupan nutrisi yang paling direkomendasikan. ASI bersifat netral sehingga tidak memberatkan kerja organ pencernaan yang belum sempurna. Selain itu, ASI juga dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh si Kecil.

Dengan nutrisi yang terserap sempurna, si Kecil akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan. Misalnya saja diare, ketika organ pencernaan si Kecil sehat dan bebas dari gangguan ini, idealnya asupan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik.

Selain merupakan asupan nutrisi terbaik untuk si Kecil, pemberian ASI eksklusif adalah cara memberikan nutrisi yang higienis dan aman. Tubuh si Kecil yang cenderung belum memiliki daya tahan yang kuat akan sangat beresiko terinfeksi bakteri atau virus. Namun ketika ia mendapatkan ASI dari Mums, hal ini dapat diminimalisir.

Kebersihan sudah sewajarnya menjadi prioritas Mums ketika berada dalam masa menyusui ini. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh si Kecil belum terbentuk sempurna sehingga belum benar-benar bisa menghalau infeksi bakteri dan virus. Selalu jaga kebersihan tubuh secara keseluruhan ya Mums agar si Kecil terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Selain menjaga kebersihan, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah asupan nutrisi untuk Mums. Karena ASI diproduksi oleh tubuh Mums, otomatis apapun yang Mums konsumsi akan menjadi bahan penyusun ASI tersebut. Konsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi agar kandungan di dalam ASI benar-benar dapat memenuhi kebutuhan si Kecil.

Setelah periode 6 bulan terlewati, Mums mulai dapat memberikan MPASI sebagai pengenalan pada makanan yang lebih padat. Pemberian MPASI ini bisa dilakukan secara bertahap, dan disertai dengan pemberian susu pertumbuhan sesuai usia si Kecil.

Mengingat ASI eksklusif adalah nutrisi terbaik untuk si Kecil, selalu upayakan untuk mencukupi kebutuhan ASI hariannya ya Mums.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang