Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Asupan Vitamin untuk Anak, Mana yang Penting

Asupan Vitamin untuk Anak, Mana yang Penting?

Pada setiap fase tumbuh kembangnya, si Kecil memerlukan asupan nutrisi yang seimbang. Setiap hari, tubuhnya akan terus tumbuh dan berkembang sehingga materi pendukung harus selalu dicukupi. Masalah vitamin untuk anak menjadi krusial, manakala Mums ingin si Kecil tumbuh dengan optimal. Terkadang, bahkan Mums berpikiran untuk memberikan multivitamin agar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. Tapi apakah perlu?

Idealnya si Kecil bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya dari asupan makanan yang Mums berikan. Selama makanan tersebut mengandung nutrisi yang cukup lengkap dan porsinya tepat, maka multivitamin tidak menjadi hal yang sangat diperlukan. Mencukupi vitamin untuk anak, lebih direkomendasikan dengan asupan makanan lengkap dan seimbang.

Asupan nutrisi alami yang lengkap dan seimbang tak hanya akan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil lho Mums, namun juga membantu membentuk daya tahan tubuhnya agar semakin kuat. Terlebih di era new normal seperti sekarang ini, sudah pasti daya tahan tubuh akan menyita perhatian lebih.

Vitamin untuk Anak Di Masa New Normal

Vitamin untuk Anak Di Masa New Normal

Vitamin untuk anak bermanfaat besar dalam tumbuh kembang dan penyusunan kekebalan tubuh. Ada beberapa vitamin yang direkomendasikan agar tubuh semakin kuat menghadapi virus dan bakteri yang mungkin masuk. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Vitamin A

Berperan memperbaiki jaringan dan tulang yang rusak, Vitamin A juga akan membantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Dengan asupan Vitamin A yang cukup, maka tubuh si Kecil akan kuat dan tidak mudah sakit. Vitamin ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, mulai dari buah, sayur, produk peternakan, dan sebagainya.

Vitamin B

Vitamin B dan seluruh ‘keluarga’nya juga memiliki peran penting dalam memaksimalkan tumbuh kembang dan menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Mulai dari Vitamin B, B2, B3, B6, hingga B12, semuanya membantu menjaga metabolisme dan produksi energi di dalam tubuh si Kecil. Selain itu, asupan Vitamin B yang cukup juga akan membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf secara keseluruhan. Mums bisa mencukupi vitamin untuk anak jenis ini dengan memberikan daging (ayam, sapi, dan ikan), kacang-kacangan, keju, kedelai, serta telur dan susu.

Vitamin C

Vitamin yang selalu identik dengan buah jeruk ini tidak main-main manfaatnya untuk tubuh si Kecil. Vitamin C memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan otot, jaringan ikat, daya tahan tubuh, serta kesehatan kulit si Kecil. Meski terkenal dan erat dengan buah dengan warna orange tersebut, sebenarnya Mums bisa mendapatkan vitamin ini dari stroberi, kiwi, brokoli, tomat, dan sebagainya.

Vitamin D

Berperan dalam penyerapan Kalsium di dalam tubuh, Vitamin D juga besar manfaatnya untuk tumbuh kembang dan daya tahan tubuh si Kecil. Selain bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang gigi dan tulang serta merawat kesehatannya, Vitamin D juga berperan untuk memperkuat imun tubuh pada serangan virus berbahaya. Mums bisa memberikan asupan Vitamin D dari minyak ikan salmon serta susu, atau sekedar mengajak si Kecil berjemur di bawah matahari pagi yang hangat.

Vitamin E

Bersumber dari biji-bijian, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan kuning telur, Vitamin E memiliki andil besar dalam menjaga dan melindungi sel dan jaringan agar tidak rusak. Vitamin ini juga dapat membantu menjaga kesehatan sel darah merah, sehingga dapat berfungsi optimal dalam menghantarkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Vitamin K

Ketika si Kecil luka tergores, proses pembekuan darah dari luka tersebut akan banyak dibantu oleh Vitamin K. Tentu tidak ada Mums yang ingin si Kecil terluka, namun mencukupi vitamin untuk anak adalah langkah yang baik untuk meminimalisir efek buruk dari resiko yang ada. Mums bisa mendapatkan Vitamin K dari minyak kedelai, susu, serta yogurt.

Tapi untuk Memberikan Multivitamin, Bagaimana Baiknya?

Tapi untuk Memberikan Multivitamin, Bagaimana Baiknya

Asupan vitamin dari sumber lain selain makanan alami memang bisa jadi pilihan. Meski demikian, sumber alami wajib menjadi pilihan utama. Vitamin yang berasal dari sumber alami lebih mudah diserap tubuh si Kecil, karena belum difortifikasi oleh zat tambahan lain.

Vitamin untuk anak yang berasal dari multivitaminbisa diberikan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Misal, si Kecil mengalami penyakit yang menyebabkan ia kekurangan gizi dan sulit mencerna makanan, atau si Kecil memiliki sifat sulit makan, kondisi lain seperti alergi makan, atau kondisi gagal tumbuh. Ketika si Kecil mengalami kondisi tersebut maka multivitamin bisa jadi pilihan.

Tentu saja pemberian multivitamin juga wajib dengan rekomendasi dokter. Mums bisa menanyakannya terlebih dahulu dan meminta pertimbangan dokter agar bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh dan keperluan nutrisi dari tubuh si Kecil itu sendiri.

Baca Juga : Menerapkan Pola Makan Sehat agar Terhindar dari Virus Mematikan

Memenuhi asupan vitamin untuk anak memang jadi hal yang wajib dilakukan, baik di era new normal atau pada kondisi normal biasa. Tentu, sekali lagi ditegaskan bahwa makanan alami akan jadi sumber yang paling direkomendasikan. Untuk membantu dan mendukung pemenuhan nutrisi harian, Mums bisa menambahkan susu Friso Gold 4. Tentu bukan kemudian Friso Gold 4 menjadi sumber asupan utama, namun sifatnya adalah melengkapi asupan yang sudah Mums berikan. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami yang ada di dalam susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang