Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Asyiknya Berkebun di Bersama Si Kecil!

Asyiknya Berkebun di Bersama Si Kecil!

"Ayo bantu Mum memindahkan tanah ke dalam pot, sayang." Tak lama kemudian tangan mungilnya mulai meraih sekop dan melakukan perintah Mum. Memasuki usia tiga tahun ke atas, si Kecil memang tidak henti-hentinya membuat Mum kagum, ya. Apalagi, kini ia sudah semakin mandiri dan mulai memahami instruksi sederhana.

Untuk itu, inilah saat yang tepat untuk mengajak si Kecil beraktivitas di luar ruangan, sembari mengenalkan lebih jauh tentang kebaikan alam. Butuh inspirasi, Mum? Ayo ikuti aktivitas berkebun ala Friso berikut dan selamat bermain bersama si Kecil.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Pengenalan Aktivitas

    Sebelum bergegas ke kebun rumah, ceritakan terlebih dahulu tentang keseruan aktivitas ini kepada si Kecil. Mum bisa menggunakan bantuan lembaran kartu yang menjelaskan tentang urutan menanam sesuatu untuk membantu pemahaman si Kecil.

  2. Persiapan

    Persiapan

    Siapkan peralatan yang diperlukan, yaitu sarung tangan,sunblock, sekop, pot, tanah, bibit tanaman, penyiram air, topi, dan beberapa kartu berisi urutan menanam sebagai panduan si Kecil.

  3. Instruksi Untuk Si Kecil

    Instruksi untuk Si Kecil

    Pastikan si Kecil menggunakan sarung tangan saat berkebun. Jika sudah siap, biarkan ia mengikuti urutan menanam yang ada di kartu tersebut. Setiap kartu berisi instruksi yang berbeda, mulai dari menyiapkan pot, menanam bibit, memberi pupuk dan air, hingga akhirnya pohon itu tumbuh. Dampingi si Kecil dan beri bantuan bila ia mengalami kesulitan.

  4. Menanyakan Pengalaman Kepada Si Kecil

    Menanyakan Pengalaman kepada si Kecil

    Usai menanam, Mum bisa bertanya kepada si Kecil tentang pengalaman berharga dari alam yang ia dapatkan hari itu. Bebaskan ia bercerita dengan caranya sendiri. Hmm.. menggemaskan sekali, ya.

  5. Abadikan Momen Si Kecil

    Ketika si Kecil sedang asyik berkebun atau menceritakan pengalamannya, jangan lupa abadikan aktivitasnya lewat bidikan kamera. Share melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag#FrisoMoments agar foto-foto tersebut bisa menginspirasi Mums lainnya.

Manfaat Bagi Mum

Melalui aktivitas ini, Mum akan menyaksikan perkembangan si Kecil yang mulai berusaha menyelesaikan segala sesuatunya sendiri. Melihat ia semakin mandiri tentu membuat Mum merasa bangga, bukan? Walaupun si Kecil menolak saat ditawarkan bantuan, Mum tetap perlu memberikan pengawasan dan siap sedia kala ia mengalami kesulitan.

Manfaat Bagi Si Kecil

Si Kecil belajar banyak hal dari pengalaman,jadi jangan ragu untuk mengajaknya menggali tanah, dan menanam pohon. Tidak hanya membuatnya lebih dekat dengan alam, aktivitas seru ini juga melatih pemahaman serta daya ingat si Kecil dalam mengikuti sebuah instruksi. Acak urutan kartu, lalu lihat apakah si Kecil masih ingat urutan kegiatan bertanam yang pernah ia lakukan.

Info Nutrisi

Selesai berkebun bersama Mum, si Kecil pasti merasa lapar. Oleh sebab itu, sajikan ia makanan bernutrisi yang menggugah selera, seperti tuna sandwich. Karbohidrat yang terkandung dalam roti, Omega 3 yang terkandung dalam ikan tuna, serta Betakaroten pada tomat dan selada merupakan kombinasi menu lezat dan sehat untuk si Kecil.

Setelah menyantap tuna sandwich, sajikan juga segelas susu untuknya. Susu pertumbuhan yang kaya akan nutrisi dapat melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil pada usia ini. Pastikan Mum memilih dengan kandungan gizi yang mudah dicerna olehnya. Friso Gold 4 yang dilengkapi dengan Protein, Nukleotida, Prebiotik, Zink, Zat Besi, dan Selenium, memastikan semua kandungan nutrisinya terlindungi dan mudah dicerna tubuh. Ini semua berkat sistem Single Process yang membuat susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih, sehingga kebaikan nutrisinya selalu terjaga.