Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Asyiknya Bermain Balon sambil Mengenal Peran Angin

Asyiknya Bermain Balon sambil Mengenal Peran Angin

Mum, di usianya saat ini, si Kecil tentu sedang bersemangat untuk belajar hal yang baru disekelilingnya, ya? Inilah mengapa kegiatan bermain sangat penting baginya.Lewat permainan, si Kecil bisa belajar dan menyerap informasi baru dengan carayang seru dan menyenangkan. Aktivitas bermain sambil belajarnya ini tak harusselalu dilakukan di dalam rumah, lho. Jika, cuaca sedang cerah, mari ajak si Kecil bermain balon di luar sambil mengenalkannya tentang peran angin.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Mulailah dengan meniup beberapa balon berwarna-warni. Mintalah si Kecil memegang atau menyentuhbalon sementara Mum meniupnya hingga besar. Proses perubahan bentuk balon dari kecil hingga menggelembung besar tentu dapat menjadi suatu pengalaman baru baginya. Balon-balon ini juga bisa Mum gunakan untuk memperkenalkan berbagai variasi warna dan bentuk.
  2. Balon-balonnya sudah siap, Mum? Kini, ajak si Kecil menghiasnya dengan berbagai hiasan seperti kertas krep atau pita berwarna-warni. Setelah itu, ikat bagian dasar balon dengan tali atau benang. Minta ia untuk berhati-hati ya, Mum, agar balonnya tidak pecah.
  3. Lucu-lucu sekali bentuk balonnya. Sekarang, ayo ajak si Kecil bermain sambil belajar di luar rumah. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang dapat melindunginya dari matahari dan angin dengan baik.
  4. Mari mengajarkan si Kecil tentang salah satu peran angin, yaitu untuk menerbangkan berbagai macam benda, termasuk balon. Ikat tali pada tangan si Kecil, lalu ajak ia berjalan atau berlari sambil melihat balonnya terbang tertiup angin.
  5. Jika angin sedang bertiup, lepaskan tali pada balon, lalu ajak si Kecil bermain lempar tangkap balon bersama Mum. Mulailah dengan melempar balon ke atas, lalu minta si Kecil untuk menangkapnya. Hembusan angin yang membuat arah jatuh balon jadi susah ditebak tentu akan membuatnya semakin bersemangat dan tertantang untuk mengejarnya.
  6. Mum, abadikan aksi serunya saat berlari dan mengejar balon di luar rumah, ya. Selain dapat menjadi kenang-kenangan, Mum juga dapat menjadikan aktivitas ini sebagai inspirasi untuk orang tua yang lain dengan membagikan fotonya melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Untuk melakukan aktivitas bermain ini, berikut adalah beberapa perlengkapan yang dapat Mum siapkan:

  1. 2-3 balon berwarna-warni (usahakan untuk menyiapkan balon yang berbeda-beda bentuk untuknya)
  2. Kertas krep dan pita warna-warni secukupnya
  3. Tali dan benang (hindari benang gelas karena dapat melukai kulitnya, usahakan untuk memilih tali atau benang yang aman bagi kulit si Kecil)
  4. Lem dan selotip
  5. Klik Gambar Untuk Mendownload Langkah Langkah

    Klik Gambar Untuk Mendownload Kartu & Stiker

      

Manfaat Bagi Mum

Bermain sambil berlari mengejar balon yang terbang di luar rumah tak hanya menyenangkan, tapi juga bisa Mum manfaatkan untuk ikut berolahraga ringan sambil menyegarkan tubuh di tengah kesibukan sehari-hari. Tak hanya itu, gelak tawa si Kecil yang ceria dan bahagia saat bermain bersama tentu juga menjadi salah satu momen yang membahagiakan bagi setiap orang tua, termasuk Mum.

Manfaat Bagi si Kecil

Bermain di luar rumah merupakah salah satu kesempatan belajar mengenal salah satu peran angin, yaitu untuk menerbangkan benda, dengan cara yang seru dan menyenangkan. Selain itu, seperti yang ditulis J.L Hymes dalam bukunya yang berjudul Teaching The Child Under Six, kegiatan bermain dengan aktif di ruang terbuka juga dapat ikut melatih daya motorik dan sosialnya, serta mengasah kemampuan kognitif si Kecil.

Info Gizi dan Nutrisi

Bermain di ruang terbuka memang memiliki banyak manfaat bagi proses tumbuh kembang si Kecil saat ini. Oleh karena itu, untuk mendukung kegiatan bermain sambil belajarnya di luar rumah, teruslah rutin membekali si Kecil dengan berbagai asupan nutrisi yang memberikan energi bagi tubuh dan otaknya.

Protein dan kalsium merupakan beberapa dari kandungan gizi yang penting bagi pertumbuhannya. Seperti yang dimuat dalam situs Parenting.com, keduanya menjadi nutrisi yang mendukung perkembangan tubuh dan otak si Kecil. Protein akan membantunya dalam mengembangkan sel-sel otak, sementara kalsium dapat menguatkan gigi dan tulangnya dalam masa pertumbuhan saat ini. Beberapa contoh makanan dengan kandungan protein yang tinggi adalah kacang kedelai, telur, dan ikan. Sementara untuk kalsium, bisa Mum temukan pada produk berbahan susu seperti keju dan yoghurt.

Susu pertumbuhan tentunya juga menjadi salah satu sumber protein dan kalsium yang baik bagi si Kecil. Oleh karena itu, agar nutrisi ini dapat terserap dengan baik dalam tubuhnya, pastikan bahwa kandungan yang terdapat dalam susunya mudah dicerna oleh sistem pencernaan si Kecil saat ini. Susu Friso Gold 3, yang dilengkapi dengan kandungan Protein, Kalsium, Nukleotida, Prebiotik, Zinc, Zat Besi, dan Selenium, diproduksi yang menggunakan konsep Grass to Glass. Dengan proses ini, kandungan nutrisi alami di dalam susu akan tetap terjaga kualitasnya dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan si Kecil.