Lompat ke isi utama
Atasi Mood Tidak Menentu saat Hamil Dengan Berkebun

Atasi Mood Tidak Menentu saat Hamil Dengan Berkebun

Apakah Mum kini mudah merasa lelah? Tenang saja, ini memang gejala yang paling umum terjadi pada awal kehamilan. Oleh karena itu, Mum perlu mendapatkan istirahat yang cukup guna mengembalikan energi yang terkuras. Namun, sebaiknya hindari menghabiskan waktu seharian penuh hanya dengan duduk atau berbaring di sofa. Mum harus tetap bergerak dan menghirup udara segar di luar ruangan agar merasa lebih baik.

Memanfaatkan halaman rumah dengan berkebun bisa menjadi pilihan. Sebelum melakukannya, Mum disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang apa yang boleh dilakukan dan perlu dihindari. Agar lebih berkesan, abadikan aktivitas ini melalui kreasi scrapbook, yuk!

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Persiapan

    Siapkan keperluan untuk membuat scrapbook, seperti gunting, lem, dan pernak-pernik yang akan digunakan sebagai dekorasi.

  2. Saran

    Saran

    Mengingat kegiatan ini dilakukan di luar ruangan, disarankan untuk mengenakan topi dan tabir surya untuk melindungi wajah dan kulit dari paparan sinar matahari. Sediakan juga air minum agar tubuh Mum tetap terhidrasi.

  3. Mengisi Scrapbook

    Saatnya membuat scrapbook! Kegiatan ini bisa dilakukan di sela-sela aktivitas berkebun. Mum bisa mengisiscrapbook dengan berbagai macam hal, seperti menuliskan pengalaman Mum rasakan saat berkebun atau menempelkan foto perkembangan tumbuhan yang Mum tanam.

  4. Menghias Scrapbook

    Menghias Scrapbook

    Scrapbook tentu akan terlihat lebih menarik jika dihias dengan berbagai ornamen. Mum bisa mempercantik tampilannya dengan pernak-pernik yang sudah disiapkan. Jika masih kurang, daun kering atau biji-bijian yang ada di kebun juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi tambahan. Agar kebersihan tangan selalu terjaga, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan ketika ingin mengambil benda-benda yang ada di kebun.

  5. Abadikan Momen Ini

    Jangan ragu untuk meminta Dad atau anggota keluarga lainnya untuk mengabadikan aktivitas Mum saat berkebun. Foto-foto ini nantinya bisa Mum tempelkan di dalam scrapbook atau dibagikan kepada Mums lainnya melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.

Manfaat Bagi Mom

Perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan tak jarang membuat Mum menjadi stres. Gejala kehamilan tersebut tentu bisa disiasati, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas berkebun. Untuk membantu menjagamood yang kerap tak menentu, membuatscrapbook bisa dilakukan, karena kegiatan ini bisa menjadi media terapi untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Manfaat Bagi Si Kecil

Apa yang Mum rasakan tentunya bisa juga dirasakan oleh si Kecil dalam kandungan. Oleh sebab itu, perasaan rileks dan mood yang positif saat berkebun dan membuat scrapbook bisa membuat ia juga lebih tenang. Baiknya lagi, scrapbook yang telah dibuat bisa disimpan untuk ditunjukkan kepada si Kecil saat besar nanti.

Baca juga: Inilah 5 Cara Membuat Mpasi Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Info Nutrisi

Selain mual dan mood yang tidak menentu, gejala yang sering dirasakan pada trimester pertama adalah sakit kepala. Hal ini salah satunya disebabkan oleh gula darah rendah akibat perubahan hormon dan turunnya aliran darah ke otak. Makanan seperti daging ayam bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi karena mengandung protein pembangun sel dalam pembuluh darah. Cairan tubuh juga perlu dijaga karena dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk itu, Mum dianjurkan untuk meminum air mineral setidaknya 10 gelas per hari.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mum setiap hari, Frisomum Gold diperkaya dengan protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisinya dengan optimal hingga proses persalinan nanti.