Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ayo Bernyanyi Sambil Belajar Suara Hewan

Ayo Bernyanyi Sambil Belajar Suara Hewan

Mum, coba perhatikan! Saat sedang mendengarkan lagu di TV atau radio, apakah si Kecil suka asyik bergoyang mengikuti irama yang didengarnya? Menggemaskan sekali, ya? Kalau begitu, mari salurkan kegemarannya itu dengan mengajaknya bernyanyi dan menari bersama. Sambil bersenang-senang, gunakan kesempatan ini untuk mengajak si Kecil berkenalan dengan berbagai jenis suara hewan.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Mum, yuk pilih lagu anak dengan lirik yang sederhana untuk si Kecil. Mum juga bisa men-download lagu yang sudah kami siapkan di bagian Info Pendukung Aktivitas di bawah ini.
  2. Putar lagu yang Mum siapkan, lalu nyanyikan lagu tersebut di depan si Kecil sambil mengajaknya menirukan berbagai suara hewan yang terdapat di sana. Untuk memudahkan si Kecil dalam menghafalnya, cobalah membuat gerakan sederhana sambil bernyanyi, misalnya dengan mengikuti gerakan hewan yang ada di lagunya tersebut.
  3. Yuk, ajak si Kecil untuk mengikuti gerakan Mum sambil bernyanyi. Dampingi ia secara perlahan dan jangan ragu untuk mengulangi lagu tersebut berulang kali agar si Kecil semakin terbiasa.
  4. Si Kecil sudah siap untuk bernyanyi dan menari sendiri? Ayo buat sebuah kontes sederhana antara Mum dan si Kecil. Agar lebih meriah, ajak juga Dad dan anggota keluarga lain untuk menjadi penonton.
  5. Supaya lebih meriah, siapkan juga perlengkapan pendukung untuk konser si Kecil nanti, Mum. Misalnya, dengan memberikan si Kecil boneka hewan favoritnya atau tas Animal Backpack.
  6. Ayo mulai kontes bernyanyinya! Saat Mum bernyanyi, berpura-puralah salah mengucapkan bunyi hewan yang terdapat dalam lagunya (misalnya ayam jadi berbunyi, “Kwek Kwek”). Lalu, minta si Kecil untuk membantu Mum menyanyikan suara hewan yang benar.
  7. Mum, abadikan aksi menggemaskan si Kecil saat bernyanyi ini ke dalam bentuk foto dan video, ya. Kemudian, bagikan momen seru ini kepada Ibu lainnya melalui Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Yuk, ajak si Kecil bernyanyi bersama sambil mengenal berbagai jenis suara hewan.

Manfaat Bagi Mum

Bernyanyi sambil menari bersama si Kecil merupakan kesempatan yang baik bagi Mum untuk bergerak aktif sambil melepaskan penat dan lelah dari rutinitas sehari-hari. Tak hanya itu, selain menjadi sarana untuk mempererat hubungan emosional antara Mum dan si Kecil, aktivitas ini juga dapat digunakan Mum untuk mengikuti perkembangan bahasa si Kecil.

Manfaat Bagi si Kecil

Dengan mengikuti gerakan dan nyanyian yang Mum peragakan, si Kecil pun bisa ikut melatih kemampuan pendengaran, pemahaman bahasa serta motoriknya. Selain itu, Sally Goddard Blythe, direktur dari Institute for Neuro-Physiological Psychology mengungkapkan bahwa dengan bernyanyi, si Kecil juga dapat berlatih dan mengembangkan kemampuan bicaranya.

Ketika bernyanyi bersama, jangan sungkan untuk mengulang lagu tersebut berkali-kali ya, Mum. Selama si Kecil masih bersemangat, pengulangan lagu menjadi kesempatan baginya untuk belajar sekaligus memperkuat daya imajinasinya. Selain itu, sama halnya seperti orang dewasa, si Kecil juga memiliki keinginan untuk berhasil melakukan sesuatu secara sempurna. Karenanya, pengulangan ini dimanfaatkannya untuk mengasah kemampuan barunya itu.

Info Gizi & Nutrisi

Gerakannya yang lincah saat menyanyi dan menari bersama tentu merupakan hal yang membanggakan saat ini. Ia sekarang sudah semakin besar dan aktif dalam bermain. Kehadiran nutrisi yang tepat dapat membantunya untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal, terutama di masa pertumbuhan ini. Seperti yang diungkapkan oleh dr. Klara Yuliarti SpAk, praktisi dari Divisi dan

Penyakit Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI- RSCM, 2 tahun pertamanya adalah kesempatan emas untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Dalam bukunya Superfood for Babies and Children, penulis Annabel Karmel juga menyarankan agar Mum memberikan asupan zat besi yang cukup di masa pertumbuhannya ini. Oleh sebab itu, tambahkan hidangan seperti daging sapi tanpa lemak ke dalam menu si Kecil setidaknya 2-3 kali seminggu. Salmon juga memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan si Kecil, terutama untuk memaksimalkan fungsi otak dan daya tahan tubuhnya.

Asupan zat besi ini juga bisa didapatkan dalam menu camilan seperti kacang mete, biskuit bolu atau telur ayam rebus. Namun, jika Mum ingin membawa camilan sebagai bekal untuknya di saat bepergian, jangan lupa gunakan tempat makan plastik yang aman digunakan, ya. Ini karena bahan plastik yang tidak baik bisa menimbulkan kontaminasi bahan kimia pada makanan di dalamnya.

Untuk mendukung perkembangannya secara menyeluruh, pastikan si Kecil juga mendapatkan asupan nutrisi dari susu pertumbuhannya tersebut, ya. Kandungan seperti Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc, Zat Besi, dan Selenium, dapat membantunya tumbuh dan berkembang dengan optimal. Kandungan ini bisa Mum temukan dalam susu pertumbuhan untuk usia 1-3 tahun seperti Friso Gold 3 yang telah melewati proses Grass to Glass, sehingga nutrisi di dalam susu tetap terjaga kualitasnya.