Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ayo Kenalkan Si Kecil Pada Pahlawan di Sekitarnya!

Ayo Kenalkan Si Kecil Pada Pahlawan di Sekitarnya!

“Kalau sudah besar nanti, kamu mau jadi apa, sayang?” Kemudian ia menjawab dengan lucunya, “Aku mau jadi dokter!” Percakapan tersebut menandakan bahwa kini si Kecil sudah memiliki cita-cita untuk menjadi pahlawan bagi banyak orang. Mengagumkan sekali ya Mum, perkembangannya ini!

Memasuki tahun ketiga, si Kecil memang semakin tumbuh dan berkembang secara fisik, mental, dan sosial. Mungkin dulu ia hanya nyaman dengan keluarga terdekatnya, tapi sekarang ia bisa asyik bermain dengan teman-teman yang baru dikenal. Nah, inilah saatnya untuk mengenalkan si Kecil dengan orang-orang dari berbagai profesi yang berjasa membantu orang lain dalam keseharian. Aktivitas ini juga dapat mendorong kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi si Kecil, lho.

Aktivitas yang bisa dilakukan

Download enabler ini sekarang yuk, Mum! Download

  1. Persiapan

    Persiapan

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan buku atau gambar berisi tokoh-tokoh dari berbagai profesi. Misalnya dokter, pilot, polisi, pemadam kebakaran, dan sebagainya.

  2. Menjelaskan Si Kecil Tentang Berbagai Profesi

    Menjelaskan si Kecil tentang Berbagai Profesi

    Bila sudah siap, Mum bisa mulai menceritakan pada si Kecil tentang tiap sosok yang di gambar tersebut, beserta pekerjaannya. Penjelasan yang Mum berikan tentunya harus sederhana dan mudah dimengerti, misalnya, “Orang yang pakai jas putih ini dokter, sayang. Kalau kamu sakit nanti diobati oleh bu dokter.”

  3. Mengaplikasikan Pengenalan

    Mengaplikasikan Pengenalan

    Setelah si Kecil terlihat sudah lebih familiar dengan tokoh-tokoh tersebut, Mum bisa mengajaknya berkenalan langsung dengan mereka. Misalnya saja sang bibi yang bekerja sebagai dokter. Jika tidak memungkinkan untuk mengundang mereka ke rumah, Mum bisa memperkenalkan si Kecil di tempat kerja mereka. Dengan begitu, ia bisa mengenal lebih jauh tentang profesi para pahlawan di sekitarnya.

  4. Mereview Hasil Pembelajaran

    Usai melakukan aktivitas tersebut, rangsang ia untuk menceritakan kembali pengalaman yang ia dapatkan hari ini. Biarkan ia menjawab pertanyaan Mum dengan caranya sendiri agar kemampuannya merunut cerita bisa lebih terasah. Mum bisa turut membantunya menjawab jika ia mengalami kesulitan.

  5. Abadikan Moment Ini

    Ketika bermain nanti, jangan lupa abadikan momen menyenangkan ini lewat bidikan kamera. Setelah itu, bagikan cerita tersebut kepada Mums lainnya melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments!