Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ayo Mums, Bantu Pelestarian Lingkungan dengan Konsumsi Produk Susu dari Peternakan Terbaik!

Ayo Mums, Bantu Pelestarian Lingkungan dengan Konsumsi Produk Susu dari Peternakan Terbaik!

Produk susu merupakan salah satu produk sumber Protein dan Kalsium yang penting untuk tubuh manusia, terlebih pada anak-anak. Masa anak-anak merupakan masa di mana tumbuh kembang berjalan sangat pesat, dan memerlukan asupan Protein dan Kalsium yang tinggi. Maka dari itu, pengelolaan peternakan ramah lingkungan dan berkelanjutan perlu menjadi fokus bagi pemilik dan pengelola peternakan, agar dapat terus menjamin keterpenuhan nutrisi untuk setiap anak-anak.

Namun tahukah Mums apa sebenarnya konsep peternakan berkelanjutan dan ramah lingkungan? Apa urgensinya untuk keadaan alam dan sosial di Indonesia secara umum? Apakah setiap peternakan perlu menerapkan konsep ini?

Konsep Peternakan Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Produk susu hingga saat ini masih menjadi favorit sebagai sumber nutrisi alami yang baik untuk tubuh. Seperti Mums pahami, nutrisi yang terkandung di dalam susu sangat baik untuk masa pertumbuhan anak-anak. Konsumsi produk susu, terlebih yang diolah dengan efektif dan memiliki nutrisi alami, direkomendasikan untuk semua golongan usia.

Mengingat demikian pentingnya susu, tentu Mums setuju bukan jika peternakan sebagai sumber susu sapi juga harus dapat terus beroperasi? Dengan mempertimbangkan kelangsungan lingkungan sosial dan alam secara bersamaan, konsep peternakan berkelanjutan dan ramah lingkungan ini akan memberikan panduan bagaimana cara mengelola peternakan sehingga tidak berdampak buruk bagi lingkungan dan dapat turut meningkatkan kesejahteraan lingkungan sosial.

Konsep ini menjadi populer belakangan karena dinilai merupakan konsep paling ideal. Dianggap ideal karena jumlah pertumbuhan penduduk yang semakin besar, yang otomatis juga akan meningkatkan permintaan produk susu di masa yang akan datang. Dengan pengelolaan peternakan berkonsep berkelanjutan dan ramah lingkungan, peternakan dapat terus beroperasi tanpa harus mengorbankan lahan-lahan produktif dan keselamatan lingkungan sekitar.

Urgensinya untuk Keadaan Alam dan Sosial

Jika dilihat dari urgensinya, tentu tidak akan lepas dari variabel keadaan alam dan sosial di Indonesia, Mums. Pertama mengenai alam, konsep peternakan memerlukan lahan yang luas dan terbuka, otomatis akan diperlukan pembukaan lahan jika harus dibangun peternakan baru. Padahal seperti diketahui bersama, lahan di Indonesia merupakan lahan subur dan kaya akan sumber daya alam. Akan menyedihkan bukan jika semua lahan harus dijadikan peternakan? Di masa depan si Kecil bisa saja kehilangan ruang terbuka hijau karena hal ini.

Untuk variabel sosial sendiri, masyarakat Indonesia juga tidak sedikit yang berprofesi sebagai peternak sapi perah. Hal ini harus dilihat sebagai potensi, bahwa hasil peternakan berupa produk susu di Indonesia dapat benar-benar dimanfaatkan dan dioptimalkan dengan cara yang tepat sehingga bisa memaksimalkan hasil tanpa harus berdampak buruk pada lingkungan.

Solusinya adalah dengan membuat satu fasilitas peternakan terpadu yang berkelanjutan, dengan perawatan sapi oleh peternak kompeten yang dapat diperoleh melalui pelatihan, kualitas sapi unggul untuk menghasilkan susu yang berasal dari pakan alami, kualitas air terbaik serta kondisi udara dan psikis sapi yang selalu terjaga, pengolahan modern dan efektif serta minimalis sehingga kualitas alami susu tetap terjaga serta pengemasan yang baik sehingga nutrisi alami produk susu sapi bisa sampai ke tangan si Kecil dan mendukung tumbuh kembangnya.

Bayangkan, dengan memiliki produk susu yang bersumber dari peternakan seperti ini Mums telah turut berpartisipasi untuk melestarikan lingkungan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar peternakan lho!

Apakah Setiap Peternakan Perlu Menerapkan Konsep Ini?

Tentu Mums setuju, jika melihat kondisi ideal setiap peternakan yang ada perlu menerapkan konsep ini. Disamping untuk memberikan jaminan pada terpenuhinya permintaan pasar dan nutrisi, juga agar pengusaha, pengelola dan pemilik peternakan dapat memiliki penghasilan yang bisa digunakan untuk meningkatkan taraf hidup secara umum tanpa memberikan dampak buruk pada lingkungan sekitar.

Namun demikian sayangnya belum semua peternakan dapat menerapkan konsep ini secara utuh. Perlu proses yang panjang hingga pada suatu saat nanti setiap peternakan di Indonesia dapat menerapkan konsep ini. Beberapa produsen yang berfokus pada produk susu sebenarnya sudah mulai merintis konsep ini sejak lama, sebagai bentuk simbiosis mutualisme antara industri, lingkungan sosial dan lingkungan alam di mana peternakan tersebut berada.

Salah satu produk yang telah dihasilkan dengan konsep peternakan seperti ini adalah Friso Gold 3/4. Friso Gold 3/4 merupakan bagian dari perusahaan yang lebih besar, yang sudah menggunakan konsep peternakan berkelanjutan dan ramah lingkungan sejak beberapa tahun yang lalu. Selain memperhatikan kondisi lingkungan, konsep ini juga berkaitan dengan peternak lokal untuk dididik dan diberikan keahlian sehingga dapat memiliki standar kerja internasional.

Pengelolaan peternakan ini juga terbuka untuk Mums dan si Kecil dengan prosedur yang sudah ditetapkan ketika mengunjunginya untuk menjaga kualitas sebagai bentuk food transparency dan jaminan pada seluruh Mums di Indonesia, bahwa produk yang dibuat adalah produk terbaik dengan nutrisi alami dan tidak dilakukan penambahan berlebihan pada produk untuk nutrisi dan rasanya.

Produk susu Friso Gold 3/4 berasal dari peternakan yang menggunakan konsep berkelanjutan dan ramah lingkungan. Tidak hanya memperhatikan kelangsungan kondisi alam di sekitar peternakan, namun juga bekerja sama dengan peternak daerah untuk terus melakukan pelatihan dan peningkatan standar hidup sehingga dapat berdampak baik untuk setiap aspek kehidupan. Dengan prosedur kerja ketat, Friso Gold 3/4 juga dijamin memiliki standar food safety tinggi, sehingga tidak terjadi kontaminasi pada produk susu yang diluncurkan.