Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bagaimana Cara Merangsang Pembelajaran Anak Kinestetik? Berikut 5 Tipsnya!

Bagaimana Cara Merangsang Pembelajaran Anak Kinestetik? Berikut 5 Tipsnya!

Belajar dan bermain menjadi rutinitas si Kecil setiap hari. Setiap hal yang dilakukan merupakan proses belajar, untuk mendapatkan berbagai ilmu baru yang berguna untuk kehidupannya kelak. Tidak hanya belajar dengan duduk dan membaca, si Kecil juga perlu belajar dengan praktek langsung. Belajar dengan praktek ini merupakan ciri dari kecerdasan anak kinestetik.
Apa yang dimaksud kecerdasan anak kinestetik? Dapat diartikan sebagai proses belajar si Kecil yang tidak menjadikan buku sebagai sumber satu-satunya ilmu. Si Kecil dengan tipe kecerdasan ini umumnya lebih menyukai kegiatan yang melibatkan gerak, praktek, serta sentuhan fisik.
Berbeda dengan anak dengan tipe belajar dengan membaca, anak kinestetik lebih efektif belajar dengan melibatkan aspek yang disebutkan di atas. Tipe kecerdasan ini sekarang makin mudah dikenali sehingga pengembangannya pada si Kecil juga dapat semakin dioptimalkan.
Jika ada anak yang belajar dengan rangsangan buku atau kata-kata, lalu bagaimana cara merangsang perkembangan anak kinestetik agar optimal? Setidaknya terdapat beberapa cara yang bisa Mums gunakan untuk membantu perkembangan kecerdasannya. Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin di bawah ini ya Mums.

Pahami Cara Belajarnya

Anak dengan kecerdasan kinestetik memiliki cara belajar yang sedikit berbeda dengan kebanyakan anak lain. Ketika si Kecil cenderung memiliki kecerdasan ini, maka Mums bisa merangsangnya dengan berbagai kegiatan yang melibatkan gerak fisik.
Kegiatan olahraga bisa jadi pilihan yang baik. Selain gerak fisik dapat melatih koordinasi tubuhnya, si Kecil juga dapat belajar berbagai nilai positif dari kegiatan olahraga. Seperti misalnya sportivitas, kemandirian, kerjasama tim, strategi, dan lain sebagainya. Kecerdasan tipe ini cenderung memiliki kelebihan dalam belajar dengan menggunakan media gerak fisik.

Ketahui Minat dan Bakat si Kecil

Minat dan bakat si Kecil bisa diketahui sejak dini dengan pengamatan yang cermat. Tentu hal ini bukan hal yang sulit untuk Mums, karena Mums memiliki naluri alami seorang ibu. Ketika si Kecil menunjukkan kecenderungan pada kecerdasan kinestetik, maka Mums bisa segera menyalurkan minat dan bakatnya ke tempat yang tepat.
Kegiatan yang bersentuhan langsung dengan alam misalnya, mendaki gunung, berkemah, atau berkebun dan bermain di taman, bisa jadi kegiatan harian. Sementara itu, ikutkan si Kecil pada klub olahraga atau kelas menari, sehingga si Kecil dapat memaksimalkan apa yang menjadi bakatnya.

Kompetisi

Ketika bakat dan minat si Kecil telah diketahui dan disalurkan, jangan ragu untuk mengikutsertakannya pada kompetisi yang ada. Ketika si Kecil mengikuti kompetisi, ia akan belajar untuk tampil di depan umum dan menunjukkan kebolehannya. Hal ini jadi latihan yang baik untuk kepercayaan diri dan kemandirian si Kecil.
Selalu dampingi dan dukung si Kecil ketika tengah berkompetisi. Secara alami, kehadiran Mums akan memberikan efek dukungan moril yang sangat besar. Mums juga bisa membuatkannya poster dukungan sebagai tambahan untuk menunjukkan betapa bangganya Mums melihat ia tampil dan berkompetisi.

Jangan Batasi Cara Belajar

Anak kinestetik memiliki cara belajar yang tidak biasa dan cenderung mudah bosan ketika diminta belajar dengan membaca atau duduk. Berikan kebebasan si Kecil belajar di manapun ia mau ketika di rumah, sehingga si Kecil akan merasa nyaman dan lebih mudah menyerap apapun yang dipelajarinya.
Lalu bagaimana ketika berada di sekolah? Mums bisa memberikan pengertian si Kecil bahwa ketika berada di sekolah, kebebasan tidak bisa disamakan dengan di rumah. Berikan pengertian bahwa hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan temannya. Sarankan si Kecil untuk sedikit menahan diri ketika belajar di kelas, dan kemudian ia bisa melepaskan keinginan belajar ‘bebas’nya ketika waktu olahraga tiba.

Bermain Peran dan Drama dari Buku Dongeng

Mendongengkan si Kecil sebelum tidur merupakan cara klasik yang sering digunakan. Untuk anak dengan tipe kecerdasan kinestetik, hal ini tidak akan berjalan efektif. Alih-alih hanya membacakannya dongeng atau cerita, Mums bisa mengajaknya mempraktekkan apa yang ada di dalam buku cerita sembari bermain peran.
Selain melatih kemampuannya berekspresi dan gerak tubuh, Mums juga dapat melatih imajinasi si Kecil dengan hal ini. Setelah selesai bermain drama, si Kecil akan tidur lebih nyenyak karena badannya akan mengeluarkan cukup banyak energi untuk bermain drama.

Ketika terlelap, hormon pertumbuhan akan bekerja secara maksimal. Jangan sia-siakan momen ini dan berikan susu dengan nutrisi lengkap agar tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal. Friso Gold 4, merupakan pilihan yang tepat untuk mendampingi tumbuh kembang si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resminya dengan menggunakan live chat untuk menanyakan berbagai hal terkait tumbuh kembang si Kecil.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang