Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Bagaimana Cara Merawat Bayi Baru Lahir?

Bagaimana Cara Merawat Bayi Baru Lahir?

Momen memiliki anak pertama selalu jadi momen yang mendebarkan bagi setiap Mums. Meski sudah diberikan banyak ‘petuah’ dan ‘wejangan’ dari orang yang lebih tua, namun tetap saja momen ini akan selalu jadi saat pertama yang tidak akan terlupakan. Mengurus bayi baru lahir benar-benar perlu kombinasi yang baik antara insting Mums dan pengetahuan yang sudah diberikan dari orang yang lebih tua atau berbagai artikel.

Pengalaman dari orang yang lebih tua memang merupakan pelajaran yang berharga. Dengan mendengarkan dan memahami setiap arahan yang diberikan, Mums sudah memiliki bekal untuk menyambut si Kecil. Selain itu, Mums juga berada di artikel yang tepat, sebab artikel ini akan memberikan Mums sedikit tips yang mungkin bisa berguna untuk merawat bayi baru lahir dengan baik.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak penjelasan singkat berikut ini ya Mums!

Standby Menyusui Setiap Saat

Ketika si Kecil baru lahir, ukuran lambungnya sangat kecil sehingga ia tak dapat menampung banyak asupan ASI dalam satu kali waktu menyusu. Bayi baru lahir idealnya akan menyusu tiap 1 hingga 2 jam sekali. Untuk itu, Mums harus siap sedia untuk selalu menyusui si Kecil ya. Mums dapat melihat tanda si Kecil ingin menyusu dari gesturnya, mulai dari menangis, mengecap seperti sedang menyusu, atau bahkan menghisap tangannya.

Terjadinya Refluks, Tenang Mums Ini Hal Wajar

Bagaimana Cara Merawat Bayi Baru Lahir?

Tidak jarang si Kecil akan mengalami refluks, atau di Indonesia sering dikenal dengan istilah gumoh. Hal ini terjadi karena katup pemisah antara esofagus dan lambung belum berfungsi sempurna. Tak usah cemas karena ini adalah hal yang cukup wajar. Untuk mencegahnya, setelah si Kecil selesai menyusu posisikan si Kecil tegak selama kurang lebih 30 menit agar ia bersendawa.

Kulit yang Sensitif

Bayi baru lahir memiliki kondisi kulit yang cukup sensitif dan tipis sehingga rentan terkena iritasi. Selain mengatur suhu badan si Kecil dengan baik, Mums juga dapat memilihkan pakaian yang lembut dan memiliki jahitan halus. Sederhana, tujuannya agar pakaian yang dikenakan tidak memicu iritasi. Pilih juga bahan pakaian yang breathable agar sirkulasi udara bisa berlangsung dengan baik dan tidak memicu keringat yang tidak terserap.

Si Kecil Sering BAB

Bagaimana Cara Merawat Bayi Baru Lahir?

Karena kapasitas lambung yang kecil dan frekuensi menyusu yang tinggi, maka tak heran efeknya adalah si Kecil jadi sering BAB. Bayi baru lahir idealnya akan BAB dengan intensitas 6 hingga 10 kali perhari, setelah ia menyusu. Intensitas ini akan berkurang seiring bertambahnya usia si Kecil. Cermati konsistensi kotoran si Kecil agar dapat melihat kondisi kesehatan organ pencernaan si Kecil ya Mums!

Menjaga Kebersihan Tali Pusar

Ketika si Kecil baru lahir di dunia ini, ia akan memiliki tali pusar yang akan dipotong. Pada bagian pusar si Kecil, akan nampak tonjolan yang menjadi bagian tersisa dari tali yang dipotong. Penting untuk Mums selalu menjaga kebersihan bagian ini, serta menjaganya tetap kering agar terhindar dari iritasi. Ketika bagian pusar kemudian menjadi kemerahan dan berbau, segera bawa si Kecil ke dokter kepercayaan Mums untuk diperiksakan.

Durasi Tidur Ideal Bayi

Bagaimana Cara Merawat Bayi Baru Lahir?

Pada masa awal kehidupannya, si Kecil akan banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Durasinya memang hanya 1 hingga 2 jam, namun karena intensitasnya cukup tinggi, maka total waktu tidur si Kecil dalam satu hari bisa mencapai 18 jam. Hal ini merupakan hal wajar. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa si Kecil harus memiliki waktu tidur malah yang tidak terganggu. Ajak si Kecil beraktivitas ketika siang hari, sehingga ketika malam tiba tubuhnya benar-benar dapat beristirahat dengan optimal.

Menjaga Suhu Badan bayi Baru Lahir

Terakhir, yang masih berkaitan dengan merawat si Kecil ketika baru lahir, adalah menjaga agar suhu tubuh si Kecil tetap stabil. Karena kulitnya masih cenderung tipis, maka Mums dapat membalut si Kecil dalam pakaian yang cukup hangat. Pakaikan juga bedong, sarung tangan, atau topi jika memang diperlukan. Pastikan juga bahwa bahan pakaian atau bedong yang digunakan tidak menghambat aliran udara, sehingga kondisi kulit si Kecil bisa tetap stabil dan tidak terlalu lembab atau terlalu kering.

Baca Juga : Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Proses Kelahiran

Cukup terperinci dan banyak ya Mums tips di atas? Well, untuk memastikan si Kecil merasa nyaman dan bisa tumbuh dengan optimal, tentu setiap hal harus benar-benar dipahami hingga sampai detail terkecil bukan?

Bayi baru lahir, selain memerlukan perlakuan di atas, juga memerlukan asupan ASI eksklusif. Untuk membantu produksi ASI yang lancar, Mums harus mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, sembari menerapkan pola hidup sehat. Dukung fase menyusui Mums dengan konsumsi Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung nutrisi lengkap. Kualitas alami nutrisi dapat tetap terjaga, sehingga setiap nutrisi yang ada di dalamnya bisa diserap dengan optimal oleh tubuh Mums. Semoga tips tersebut bermanfaat ya Mums!