Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bagaimana Membangun Komunikasi dengan Anak yang Efektif? Simak Penjelasannya dalam 4 Poin Berikut Ini!

Bagaimana Membangun Komunikasi dengan Anak yang Efektif? Simak Penjelasannya dalam 4 Poin Berikut Ini!

Usia si Kecil antara 3 hingga 6 tahun, idealnya Ia sudah dapat berkomunikasi dengan Mums dan orang sekitar. Komunikasi dengan anak perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Tidak hanya agar si Kecil memahami apa yang Mums sampaikan, namun juga agar si Kecil dapat belajar dari komunikasi yang terjalin antara Mums dengannya. Percaya atau tidak, si Kecil menjadikan komunikasi yang terjalin tersebut sebagai media belajar.

Kosa kata baru, cara berbicara, nada berbicara, ekspresi wajah, gestur tubuh dan lain sebagainya, secara langsung si Kecil akan belajar ketika Mums berbicara padanya. Ini mengapa proses komunikasi tidak bisa dilakukan sekedarnya saja tapi perlu dilakukan dengan cara yang tepat sehingga selain si Kecil memahami apa yang Mums sampaikan ia juga dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan komunikasinya..

Sebagai tips untuk dapat melakukan komunikasi dengan anak yang baik, Mums bisa melihat beberapa poin di bawah ini. Tentu saja, ini bersifat referensi saja, cara komunikasi yang baik antara Mums dan si Kecil tentu sudah Mums pahami lebih dalam. Berikut tipsnya.

Pendengar yang Baik

Ketika si Kecil berbicara mengenai sesuatu hal, jadilah pendengar yang baik. Simak setiap perkataannya dengan seksama dan cermati setiap kata yang diucapkan. Perhatikan juga gestur tubuh serta ekspresi wajahnya. Ketika Mums bisa memposisikan diri sebagai pendengar yang baik, secara tidak langsung si Kecil akan mengerti betapa ketika berbicara dan didengarkan adalah hal yang menyenangkan.

Yang diharapkan sebagai respon si Kecil adalah ia dapat menjadi pendengar yang baik pula. Ketika tiba saatnya Mums berbicara pada si Kecil, si Kecil bisa menjadi pendengar yang baik dan memahami apa yang Mums sampaikan. Begitu pula ketika si Kecil berkomunikasi dengan teman bermainnya, ia akan menjadi pendengar yang baik dan lebih mudah berteman dengan banyak orang.

Menatap Mata si Kecil

Berkomunikasi tidak sekedar terbatas pada kata-kata dan tulisan, namun juga kejujuran. Mums dapat melihat hal ini melalui mata si Kecil ketika sedang berbicara. Ketika tengah berkomunikasi, upayakan ada kontak mata yang terjadi saat berbicara sehingga Mums dapat mengetahui apa yang disampaikannya merupakan kebenaran atau hanya mengada-ada saja.

Selain itu, menatap mata si Kecil ketika tengah berbicara juga dapat melatih keberanian dan kepercayaan dirinya. Tidak sedikit lho Mums anak-anak yang menghindari tatapan mata karena merasa takut. Keberanian menatap mata ketika tengah berbicara merupakan jenis keberanian yang diperlukan untuk membangun rasa percaya diri yang kuat.

Diksi yang Tepat

Ketika menghadapi si Kecil, Mums tidak disarankan untuk menggunakan diksi yang terlalu sulit, keras, kasar atau kompleks. Sederhananya, komunikasi yang baik adalah yang dapat menyampaikan pesan pada lawan bicara sehingga terdapat pemahaman bersama. Ketika si Kecil diajak berbicara dengan bahasa yang tidak ia mengerti, maka tidak akan terjalin komunikasi yang efektif dan baik.

Selain itu, pemilihan diksi juga krusial agar si Kecil memiliki perbendaharaan kata yang baik. Selalu hindari menggunakan kata-kata kasar ketika berbicara dengan si Kecil karena kata seperti itu dapat tertanam dengan cepat dalam ingatannya. Efeknya, ketika ia berbicara dengan orang lain kata yang kurang baik tersebut akan muncul dan memberikan kesan kurang sopan dengan lawan bicaranya.

Perbaiki Pengucapan

Tidak jarang anak-anak banyak melakukan kesalahan pengucapan kata-kata sehari-hari. Misalnya saja, ‘es krim’ menjadi ‘es klim’, atau ‘burung’ menjadi ‘bulung’. Pengucapan seperti ini, disarankan untuk segera diperbaiki dengan mengucapkan kata yang benar. Tidak harus selalu dikoreksi secara langsung ketika ia melakukan salah pengucapan, namun Mums bisa memastikan untuk selalu mengucapkan kata yang benar ketika berbicara dengan si Kecil.

Pembiasaan penggunaan kata dan pengucapan yang tepat akan memberikan ingatan pada otak si Kecil pada kata yang benar. Lambat laun ia akan belajar mengucapkan berbagai kata yang tadinya tidak dapat diucapkan dengan benar. Dengan pembiasaan pada kehidupan setiap hari, si Kecil akan memiliki kemampuan bicara dan pengucapan yang baik. Bisa jadi ketika ia berbicara dengan teman-temannya justru ia yang mengkoreksi perkataan temannya dan membantu mengucapkan kata yang benar.

Kunci utama dari komunikasi dengan anak yang efektif adalah latihan dan pembiasaan. Ketika dilakukan setiap hari dan dibiasakan untuk berkomunikasi dengan benar, baik dari intonasi, pengucapan dan berbagai aspek lain, maka hal benarlah yang akan si kecil ingat dan ia lakukan. Yang juga tidak boleh dilupakan adalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Daya tangkap si Kecil juga dipengaruhi pada kecukupan nutrisi untuk tumbuh kembang otak. Untuk itu, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan membantunya cepat belajar. Jika ada yang ingin Mums konsultasikan mengenai nutrisi si Kecil, Mums dapat melakukan live chat dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) yang berada di pojok kanan bawah situs resmi Friso.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang