Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bagaimana Mencegah dan Mengobati Cacingan? Simak Selengkapnya Di sini ya Mums!

Bagaimana Mencegah dan Mengobati Cacingan? Simak Selengkapnya Di sini ya Mums!

Untuk semua Mums di Indonesia, siapa yang tidak mengenal cacingan? Hampir setiap Mums yang ada di Indonesia sangat familiar dengan gangguan kesehatan yang satu ini. Cacingan merupakan salah satu penyakit yang sangat rentan terjadi pada si Kecil, yang biasanya disebabkan oleh kurangnya faktor kebersihan dan higienitas.
Sebenarnya apa itu cacingan? Penyakit ini secara definitif dapat dipahami sebagai terjangkitnya saluran pencernaan si Kecil oleh cacing parasit yang mencuri nutrisi dari makanan yang dikonsumsi si Kecil. Akibatnya, cacingan bisa membuat si Kecil kurang bersemangat karena nutrisi yang diserap tubuhnya berkurang secara drastis.
Ketika si Kecil terserang cacingan, maka ia akan nampak lesu, sering mengantuk, nafsu makan menurun serta mengeluhkan sakit pada bagian perutnya. Sialnya Mums, cacingan pada fase awal sulit terdeteksi karena si Kecil tidak terlalu merasakan hal ini. Cacingan biasanya mulai dapat terdeteksi ketika jumlah cacing yang ada makin banyak dan gejalanya makin mengganggu.

Penyebab Cacingan

Lalu sebenarnya apa penyebab dari infeksi cacing ini? Secara umum, cacingan disebabkan karena kurang higienisnya lingkungan tempat si Kecil berada. Faktor kebersihan jadi poin utama ketika berbicara mengenai penyebab cacingan.
Kontaminasi Makanan: cacing dapat dengan mudah berkembang biak pada kondisi tertentu dan pada bahan makanan tertentu. Contohnya saja daging. Daging yang dibeli di pasar harus benar-benar diamati dan dipastikan terbebas dari cacing. Sebab jika tidak, cacing bisa dengan mudah masuk ke tubuh si Kecil. Selain itu, jajanan yang dijajakan di lingkungan terbuka juga menjadi media yang digunakan cacing masuk ke tubuh si Kecil.
Tangan Kotor: si Kecil yang sering bermain di lingkungan luar rumah sedikit banyak akan bersentuhan dengan benda yang kurang higienis. Hal ini bisa juga terjadi ketika si Kecil bermain di dalam rumah sebenarnya, jika Mums kurang menjaga kebersihan lingkungan rumah dan peralatan bermain si Kecil. Selain bermain, apa yang sering dilakukan si Kecil? Ya, memasukkan segala benda ke dalam mulutnya. Ini termasuk tangan yang digunakan untuk bermain tadi. Cacing bisa berpindah dengan mudah dari benda ke tangan, atau dari benda langsung ke dalam mulut jika si Kecil sembarangan memasukkan benda ke dalam mulutnya.
Proses Memasak Makanan dan Minuman: cacing yang bersarang pada bahan makanan idealnya akan mati dengan sendirinya jika bahan makanan dimasak dengan benar. Untuk memastikan agar cacing yang ada dalam makanan atau minuman mati, Mums bisa membiasakan memasak makanan dan minuman hingga matang pada suhu yang tinggi. Cara memasak ini dapat membunuh kuman dan cacing yang mungkin menempel pada bahan makanan yang Mums dapatkan dari pasar tradisional atau pasar modern. Kebiasaan memasak makanan setengah matang kurang baik untuk dikonsumsi si Kecil, yang daya tahan tubuhnya belum terbentuk sempurna.
Menggaruk Pantat: cacingan seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian pantat, berupa gatal yang sulit ditahan. Agar tidak semakin parah, selalu ingatkan si Kecil ketika ia akan menggaruk pantatnya ya Mums. Cacing yang bersarang pada bagian pantat dapat dengan mudah berpindah ke tangan si Kecil dan berpindah lagi hingga masuk ke saluran pencernaan. Hal ini tentu saja dapat memperparah keadaan si Kecil dan membuatnya semakin rewel.

Solusi dan Pencegahan

Solusi untuk si Kecil yang mengalami cacingan sebenarnya mudah ditemukan. Obat cacing yang beredar luas bisa jadi pilihan, dengan catatan Mums harus membaca baik-baik petunjuk penggunaan dan kontraindikasi serta kandungan yang ada. Pastikan tidak ada bahan yang menimbulkan alergi pada si Kecil ya Mums, karena tentu akan repot bukan memberikan obat dengan niat menyembuhkan tapi malah menambah masalah?
Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, ada baiknya Mums membawa si Kecil ke dokter anak dan memeriksakannya. Dokter akan memberikan diagnosa yang tepat, serta memberikan resep sesuai dengan apa yang dibutuhkan si Kecil. Baik berupa obat yang harus diminum atau salep yang dioleskan, keduanya sama-sama ditujukan untuk menyembuhkan dan meringankan rasa tidak nyaman yang timbul.
Untuk pencegahan, Mums hanya perlu memastikan kebersihan lingkungan dan semua barang yang ada di sekitar si Kecil. Mencuci peralatan makan secara rutin misalnya, mencuci mainan si Kecil serta menjaga kebersihan di dalam rumah. Yang juga harus dipastikan adalah menjaga kebersihan badan si Kecil, baik dengan mandi atau dengan kebiasaan mencuci tangan.

Cacingan pada si Kecil tidak perlu terjadi jika daya tahan tubuhnya kuat. Daya tahan tubuh dihasilkan dari penyerapan nutrisi yang masuk secara optimal. Untuk membantu membangun daya tahan tubuh si Kecil, berikan Friso Gold 3 yang cocok dikonsumsi si Kecil pada usia 1 hingga 3 tahun. Teknologi Locknutri yang ada dapat menjaga nutrisi dalam keadaan alami, sehingga dapat diserap tubuh si Kecil dengan mudah dan optimal. Jika memiliki pertanyaan terkait nutrisi dan kesehatan si Kecil Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui fitur live chat yang ada di pojok kanan bawah situs Friso.