Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Bagaimana Mengatasi Bayi Batuk Pilek Dengan Cepat?

Bagaimana Mengatasi Bayi Batuk Pilek Dengan Cepat?

Daya tahan tubuh bayi tentu berbeda dengan orang dewasa, itulah mengapa bayi lebih rentan terhadap penyakit. Imunitas yang belum berkembang dengan sempurna ditambah dengan cuaca yang tidak menentu, sangat memungkinkan bisa membuat anak bayi batuk pilek. Jika tidak diatasi, batuk pilek pada bayi bisa bertambah parah serta berakibat fatal pada bayi. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi anak bayi batuk pilek dengan cepat agar membuat si kecil lebih nyaman dengan kondisinya.

Batuk pada bayi ditandai dengan tenggorokan yang sakit serta hidung yang tersumbat. Suara batuk pada bayi terdengar lebih kering, kemungkinan juga bayi mengalami demam di malam hari. Sedangkan pilek pada bayi ditandai dengan keluarnya cairan bening dari lubang hidung yang dikenal dengan ingus. Ingus dapat berubah warna dari putih hingga kuning atau hijau saat mengental. Ingus yang keluar sebenarnya merupakan cara tubuh mengeluarkan kuman, tapi jika jumlahnya banyak tentu akan membuat bayi susah bernapas.

Anak bayi batuk pilek pada umumnya disebabkan oleh virus yang nantinya akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika dibiarkan, keadaan bisa memburuk dan beberapa kasus menimbulkan pneumonia. Untuk itulah Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini untuk mempercepat penyembuhan anak bayi batuk pilek.

1. Biarkan bayi istirahat

Membiarkan si kecil istirahat dan tidur cukup merupakan salah satu cara yang tepat untuk menyembuhkan anak bayi batuk pilek. Jika bayi kurang istirahat, tubuhnya bisa melemah dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, ketika si kecil sakit segera berikan waktu yang banyak untuk istirahat ya, Moms!

2. Gunakan pelembap udara

Penanganan anak bayi batuk pilek secara efektif adalah dengan menggunakan pelembap uadar. Nyalakan pelembap udara di ruangan agar ruangan menjadi lebih hangat. Ketika ruangan lembap dan hangat, secara otomatis lendir si kecil dapat keluar dengan sendirinya secara perlahan. Selain itu, tubuh bayi lebih mudah berkeringat dan rongga hidungnya pun lebih terbuka.

3. Matikan AC

Ketika anak bayi batuk pilek, Anda perlu mematikan AC ruangan agar si kecil dapat bernapas lega. Faktanya, penggunaan AC dan kipas angin dapat memperparah kondisi si kecil. Sebisa mungkin buka jendela kamar dan biarkan udara berganti melalui ventilasi udara.

4. Gunakan alat penyedot ingus

Banyak orang tua yang mengira bahwa menyedot ingus bayi dengan mulut merupakan cara efektif untuk meredakan pilek pada bayi. Faktanya, cara tersebut justru salah, Moms. Menggunakan mulut sebagai alat sedot justru memperlebar kemungkinan penyebaran virus. Lebih baik gunakan alat penyedot ingus yang berfungsi untuk mempercepat pengeluaran ingus di dalam hidung. Umumnya, alat ini sangat efektif dipakai untuk bayi dibawah usia 6 bulan.

5. Memperbanyak cairan

Pastikan cairan yang masuk ke tubuh si kecil berjumlah banyak ya, Moms. Cairan mampu mempercepat penyembuhan anak bayi batuk pilek. Berikan air putih hangat yang dicampur dengan madu supaya tubuh si kecil berkeringat dan lekas membaik.

6. Atur posisi tidur bayi

Mengubah posisi tidur si kecil cukup efektif untuk meringankan gejala batuk pilek serta melegakan pernapasannya. Pastikan kepala si kecil lebih tinggi dari badan agar lendir tidak menggumpal di dada. Berikan bantal yang agak tinggi ya, Moms!

7. Tepuk punggung bayi

Anda juga bisa menepuk-nepuk punggung bayi secara perlahan untuk meringankan napasnya yang tersumbat. Cara ini cukup efektif dan aman sehingga boleh dilakukan beberapa kali dalam sehari.

8. Jemur bayi di pagi hari

Cara lain untuk mempercepat penyembuhan anak bayi batuk pilek adalah dengan menjemurnya di pagi hari, yaitu antara pukul 07.00-08.00. Sinar matahari di pagi hari sangat efektif untuk mengencerkan dahak si kecil.

9. Bersihkan lendir secara teratur

Cairan hidung yang keluar saat bayi pilek harus dibersihkan secara teratur. Gunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan ingus yang mengeras dan mengganggu pernapasannya.

10. Berikan teh hangat dicampur lemon

Untuk bayi diatas 6 bulan, minuman teh hangat yang dicampur lemon sangat efektif untuk meringankan batuk pilek pada bayi. Minuman ini mampu meredakan hidung yang tersumbat serta membuat tenggorokan si kecil lebih nyaman.

11. Perbanyak ASI

Anak bayi batuk pilek juga bisa disembuhkan dengan pemberian ASI yang lebih banyak dari biasanya. ASI mengandung zat pembentuk kekebalan tubuh yang membuat daya tahan tubuh anak meningkat. Selain itu, fungsi ASI juga dapat mengencerkan dahak serta melegakan tenggorokan si kecil.

12. Berikan obat tetes hidung

Jika pilek pada bayi cenderung parah, Anda bisa meneteskan cairan saline atau obat tetes hidung yang fungsinya mampu mengeluarkan lendir dari hidung bayi. Cairan ini dapat dibeli di apotek atas petunjuk dokter.

13. Berikan uap hangat

Ketika anak bayi batuk pilek, jangan ragu untuk memberikannya uap hangat. Uap hangat memiliki fungsi untuk mengencerkan dahak serta membantu pernapasan si kecil. Siapkan air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih, lalu biarkan si kecil menghirupnya.

14. Mandi air hangat

Terkena batuk pilek bukan berarti pantang bagi bayi untuk mandi. Justru si kecil disarankan untuk mandi air hangat agar tubuhnya bersih dan batuknya mereda. Jika memungkinkan, biarkan si kecil berendam air hangat selama beberapa saat.

15. Berikan obat penurun panas

Anak bayi batuk pilek bisa disertai dengan panas atau tidak. Jika suhu badan si kecil meningkat hingga diatas 38 derajat, segera berikan obat penurun panas yang dosisnya sesuai dengan berat dan usia anak.

Beberapa cara di atas sangat efektif untuk menyembuhkan batuk pilek pada bayi, Moms. Umumnya anak bayi batuk pilek dapat dirawat dengan pengobatan rumah dan sembuh dengan sendirinya. Meskipun demikian, Anda juga harus tahu kapan saat yang tepat untuk membawa si kecil ke dokter. Tanda bahaya batuk pilek pada bayi antara lain:

  • Demam tinggi hingga 39 derajat
  • Demam tinggi lebih dari 3 hari
  • Sesak napas
  • Tidak mau makan minum sama sekali
  • Muntah terus menerus
  • Bayi tampak lemas
  • Kulit kebiruan
  • Batuk darah
  • Batuk lebih dari 2 minggu

Jika muncul gejala-gejala di atas, segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Dokter akan menegakkan diagnosa dan memberikan penanganan yang sesuai agar kondisi si kecil membaik.

Dan untuk pencegahan anak bayi batuk pilek, Anda perlu memberikan ASI serta makanan pendamping kaya gizi agar daya tahan tubuh si kecil kuat. Berikan juga waktu beristirahat yang cukup serta jaga kebersihan bayi supaya tidak mudah tertular penyakit.

Selain itu berikan juga Friso Gold  yang memiliki nutrisi penting guna menjaga kesehatan si kecil. Friso Gold dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang memiliki kualitas alami sehingga turut membantu memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang