Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bagaimana Merawat Anak Kembar? Simak Penjelasannya Di Sini Mums!

Bagaimana Merawat Anak Kembar? Simak Penjelasannya Di Sini Mums!

Memiliki anak kembar merupakan anugerah yang istimewa. Dalam satu periode kehamilan, Mums secara bersamaan mendapatkan dua buah hati yang lucu dan menggemaskan. Si Kecil, baik si kakak atau si adik, merupakan dua individu istimewa yang sama-sama perlu perhatian penuh serta asupan nutrisi yang seimbang sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal.

Terdapat hal umum yang terjadi di masyarakat, di mana ketika memiliki anak kembar kemudian segala hal yang berhubungan dengan dua si Kecil tersebut disamakan. Mulai dari pakaian, kegiatan, warna kamar, atau hal lain. Secara visual memang hal ini nampak lucu dan menggemaskan. Namun demikian ternyata hal tersebut tidak terlalu direkomendasikan.

Kembar adalah Dua Individu Berbeda

Meskipun terdapat anggapan semacam itu, namun pahami benar bahwa si kembar adalah dua individu yang berbeda Mums. Memberikan perlakuan dan kesamaan pada hal lain memang baik untuk mempererat ikatan keduanya, namun untuk menumbuhkan kepercayaan diri pribadi, hal tersebut sangat tidak efektif.

Ada yang disebut dengan Self-Identity, dimana pada hakikatnya si kembar adalah dua manusia berbeda yang akan menjalani kehidupannya masing-masing. Untuk itu, setiap anak harus memiliki kepercayaan diri dan kesadaran bahwa dirinya tidak selalu harus disamakan dengan saudara kembarnya.

Dua individu berbeda berarti akan memerlukan perlakuan yang berbeda pula. Perbedaan watak lambat laun akan nampak, yang kemudian harus disikapi dengan bijak agar keduanya tetap tumbuh menjadi pribadi yang baik serta bisa memiliki masa depan yang cerah. Pada usia 1 hingga 3 tahun, beberapa watak akan mulai terlihat, dan Mums harus meresponnya dengan tepat.

Rangsangan Tumbuh Kembang

Untuk memberikan rangsangan, anak kembar pada dasarnya memerlukan hal yang sama dengan anak lain. Rangsangan berupa pengenalan warna, bentuk, kemampuan corat-coret, pengenalan wajah dan rangsangan gerak dapat diberikan secara bertahap dan berkelanjutan. Hanya saja, mungkin dalam hal ini Mums akan mendapatkan banyak kemudahan sekaligus tantangan, karena yang Mums beri rangsangan adalah dua orang berbeda.

Pemberian rangsangan ini pada prosesnya mungkin tidak akan berjalan mulus. Sifat si kakak dan si adik mungkin mirip, namun tidak akan pernah sama. Cara mereka merespon rangsangan bisa saja berbeda dan memerlukan usaha ekstra agar keduanya menerima dosis rangsangan yang sama. Jangan lupa Mums memiliki keluarga kecil yang bahagia untuk menjalankan ‘tugas’ ini agar dapat memperoleh hasil yang optimal.

Rangsangan yang diberikan, baik dari sisi kecerdasan ataupun gerak, diberikan sesuai dengan tahapan tumbuh kembang. Sama seperti rangsangan yang diberikan, Mums juga tidak boleh melupakan satu hal penting lagi pada faktor pendukung tumbuh kembang si Kecil, yakni asupan makanan dan nutrisi untuk keduanya.

Makanan dan Nutrisi Penting

Layaknya anak-anak dalam masa pertumbuhan emas, yakni pada 1 hingga 3 tahun, asupan makanan yang cukup nutrisi sangat diperlukan oleh si kembar. Baik si kakak maupun si adik, memerlukan asupan nutrisi yang sama, mengingat secara berat badan dan usia keduanya sangat mirip. Anak kembar memerlukan nutrisi sama besarnya seperti anak yang dilahirkan tidak kembar.

Asupan makanan ini harus diberikan sesuai dengan usia keduanya sehingga akan menjadi stimulasi tumbuh kembang yang baik. Jangan sampai Mums memberikan asupan makanan yang belum waktunya. Alih-alih menjadi stimulasi tumbuh kembang, makanan yang kurang tepat justru bisa menjadikan si kembar mengalami gangguan pencernaan.

Selalu perhatikan kecukupan nutrisi pada makanan yang diberikan pada keduanya. Mulai dari asupan Karbohidrat, Lemak, Protein, Kalsium, Serat dan sebagainya. Buat porsi makanan yang diberikan seimbang sehingga semua nutrisi terpenuhi. Masukkan menu daging, buah, sayur dan makanan dengan kandungan karbohidrat dan Lemak sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan sesuai dengan usianya.

Supaya si kembar memiliki nafsu makan yang baik, Mums bisa mengkombinasikan berbagai makanan yang Mums berikan secara bergantian. Tidak perlu selalu menyajikan menu yang sama untuk keduanya, sesekali berikan makanan yang berbeda, namun dengan nutrisi yang sama. Nantinya interaksi si kembar dalam bertukar makanan akan menjadi waktu bonding yang baik untuk keduanya.

Memiliki anak kembar, sekali lagi, merupakan anugerah ganda yang didapatkan Mums dan keluarga. Dengan segala keunikan dan kelebihannya, masa pertumbuhan tetap harus menjadi perhatian utama. Pemberian rangsangan dan asupan nutrisi harus dilakukan secara benar, sesuai dengan tahapan yang tengah dilalui oleh keduanya.

Untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak kembar Mums, berikan juga Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si kembar. Ini akan membantu si kembar agar kuat dari dalam dan tumbuh dengan optimal. Dengan kualitas nutrisi yang terjaga, tumbuh kembang pada masa emas akan berjalan optimal sehingga keduanya akan memiliki postur tubuh serta kecerdasan yang baik.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang