Lompat ke isi utama
Bagaimana Stimulasi Bayi 3 Bulan? Ini Tips dan Mainannya

Bagaimana Stimulasi Bayi 3 Bulan? Ini Tips dan Mainannya

Untuk mendukung stimulasi bayi 3 bulan, Mums perlu mengetahui tahap perkembangannya dan jenis mainannya yang tepat. Yuk, cari tahu di sini

Ingin tumbuh kembang buah hati semakin optimal? Maka penting bagi Mums untuk mendukung stimulasi bayi 3 bulan dengan berbagai cara yang seru dan menyenangkan. Stimulasi bayi 3 bulan ini bisa Mums lakukan setiap hari lho, tentunya dengan pemberian media yang tepat, termasuk pemilihan mainan khusus bayi yang berusia 3 bulan. Nah, sebelum Mums mengetahui tips untuk mendukung stimulasi bayi 3 bulan serta rekomendasi mainannya, kita simak dulu tahap perkembangan bayi 3 bulan berikut ini, yuk! 

Bagaimana Tahap Perkembangan Bayi 3 Bulan?

Apakah buah hati Mums semakin aktif? Dalam perkembangan bayi yang berusia 3 bulan, biasanya ia sudah mulai bisa mengangkat kepalanya sendiri, tertawa, dan bereaksi saat Mums mengajaknya berbicara. Maka dari itu, Mums perlu mendukung stimulasi bayi 3 bulan agar tumbuh kembangnya lebih maksimal. 

Dalam mendukung stimulasi bayi 3 bulan, Mums harus mengetahui dulu tahap perkembangannya dengan tepat, mulai dari perkembangan kemampuan motorik, bahasa, komunikasi, sosial, hingga emosionalnya. Hal ini berguna agar stimulasi bayi 3 bulan yang Mums berikan lebih optimal karena sudah sesuai dengan tahap perkembangannya. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kemampuan yang biasanya dimiliki oleh bayi 3 bulan, antara lain: 

  • Kemampuan motorik kasar dan halus

    Pada usia 3 bulan, bayi akan semakin aktif dan mulai bisa berguling sendiri. Ia juga dapat mengangkat kepalanya sekira 90 derajat, sehingga ia mampu menopang tubuh bagian atas dan kepalanya saat Mums mencoba memosisikannya untuk duduk.

    Bayi yang berusia 3 bulan juga sudah bisa menggerakkan tangan dan kakinya lebih luwes dibandingkan sebelumnya. Bahkan, ia juga mampu menyatukan kedua tangannya secara bersamaan seperti sedang bertepuk tangan. 

  • Kemampuan komunikasi dan bahasa

    Meskipun bayi 3 bulan masih sering menangis sebagai salah satu bentuk komunikasinya, tetapi ia juga sudah mulai bisa mengatakan “oooh” dan/atau “aaaah” saat melihat sesuatu yang menarik perhatiannya. Ia juga akan tersenyum, tertawa, atau bahkan menangis saat menanggapi orang yang mencoba berkomunikasi dengannya. 

  • Kemampuan sosial dan emosional

    Pada usia 3 bulan, bayi juga umumnya sudah mengenali wajah Mums maupun orang-orang yang selalu ada di dekatnya. Ia juga akan tersenyum sendiri saat melihat hal yang menarik perhatiannya, maupun menangis saat Mums tak ada di sampingnya. 

Bagaimana Cara Mendukung Stimulasi Bayi 3 Bulan?

Memasuki usia 3 bulan, bayi biasanya lebih responsif terhadap berbagai aktivitas di sekitarnya. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk selalu berhati-hati dan memantau perkembangannya dengan tepat. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mendukung stimulasi bayi 3 bulan, antara lain: 

  • Kenalkan dengan benda berwarna dan bertekstur

    Stimulasi bayi 3 bulan yang perlu Mums lakukan yaitu mengenalkan ia dengan benda-benda atau mainan berwarna terang dan bertekstur. Mainan yang berwarna terang bisa mendukung penglihatannya agar lebih optimal. Selain itu, berikan juga benda atau mainan bertekstur agar dapat membantu ia untuk mengenali dan membedakan berbagai tekstur sebagai salah satu stimulasi bayi 3 bulan yang dilakukan secara alami. 

  • Ajak bayi berbicara secara rutin

    Seperti yang telah disebutkan, bayi yang berusia 3 bulan biasanya lebih tanggap terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya. Ia akan lebih sering berceloteh menyebutkan kata-kata bayi yang sederhana, seperti “aaaah”, “ooooh”, dan sejenisnya. Itulah sebabnya, penting bagi Mums untuk mendukung stimulasi bayi 3 bulan ini dengan cara mengajaknya berbicara secara rutin. 

    Ajak juga ia berbicara dalam jarak yang sedikit lebih jauh dibandingkan sebelumnya. Stimulasi bayi 3 bulan ini bisa membantu meningkatkan indra pendengaran buah hati Mums lebih baik lho. 

  • Ajak bayi untuk mengamati benda-benda di sekitarnya

    Stimulasi bayi 3 bulan yang tak kalah penting yaitu mengajak buah hati Mums untuk mengamati benda-benda di sekitarnya. Caranya dengan menggendong ia sambil memperlihatkan atau menunjuk benda-benda yang berwarna cerah atau bercahaya. Stimulasi bayi 3 bulan ini bisa melatih penglihatan dan menambah informasi pada bayi bahwa ada banyak jenis benda-benda menarik di sekitarnya. 

  • Tunjukkan reaksi yang lebih ekspresif 

    Satu hal yang sangat penting untuk mendukung stimulasi bayi 3 bulan, yaitu menunjukkan reaksi yang lebih ekspresif setiap kali ia berceloteh atau berusaha untuk mengajak Mums berbicara. Meskipun ia melontarkan kata-kata yang masih sulit dimengerti, tetapi Mums perlu menanggapinya dengan wajah yang ekspresif, seperti tersenyum, bersemangat, dan ekspresi cerah lainnya. Selain itu, berikan sentuhan yang membuat bayi lebih nyaman, seperti pelukan, belaian, ciuman, dan gerakan lain yang penuh kasih sayang. 

Apa Saja Mainan yang Tepat untuk Stimulasi Bayi 3 Bulan? 

Untuk mengoptimalkan stimulasi bayi 3 bulan, Mums membutuhkan beberapa jenis mainan yang aman dan menyenangkan bagi si Kecil. Saat ini sudah banyak jenis mainan yang bisa jadi pilihan. Namun, pastikan Mums memilih mainan bayi 3 bulan yang tepat supaya lebih aman saat dimainkan oleh si Kecil. 

Berikut ini beberapa rekomendasi mainan yang dapat mendukung stimulasi bayi 3 bulan, antara lain: 

  • Baby playmat 

    Playmat merupakan karpet yang dirancang khusus untuk menjadi arena bermain bayi. Playmat ini dapat menstimulasi bayi 3 bulan untuk lebih aktif dalam menjelajahi berbagai hal yang ada di sekitarnya. Misalnya, bayi dapat belajar tengkurap, melihat bentuk dan warna pada playmat, serta dapat menyentuh dan merasakan tekstur karpet tersebut. 

  • Mainan kerincing atau rattle 

    Bayi usia 3 bulan tertarik dengan suara-suara dan sudah mulai bisa menggenggam, maka Mums bisa memberikannya mainan kerincing atau rattle untuk mendukung stimulasi bayi 3 bulan agar lebih menyenangkan. 

  • Soft book

    Buku menjadi salah satu cara stimulasi bayi 3 bulan yang cukup efektif. Meskipun Mums mengira bayi yang berusia 3 bulan belum mampu membaca, tetapi soft book bermanfaat untuk mengenalkan bayi terhadap berbagai bentuk menarik dan warna-warna yang ada di dalam buku tersebut. Mums juga bisa membacakan cerita yang ada di dalamnya sehingga dapat membantu meningkatkan minat baca si Kecil sejak dini. 

  • Mainan gigit atau teether 

    Bayi usia 3 bulan sudah mulai meraih benda-benda yang ada di sekitarnya dan langsung memasukkannya ke dalam mulut. Maka dari itu, Mums harus lebih hati-hati saat menyimpan barang di dekat bayi, apalagi barang yang bentuknya kecil. Supaya buah hati Mums tidak memasukkan barang sembarangan, sebaiknya berikan ia mainan gigit atau teether sebagai stimulasi bayi 3 bulan untuk merangsang pertumbuhan gigi dan belajar menggenggam dengan baik. 

Sebelum membeli mainan bayi 3 bulan, pastikan mainan tersebut memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), aman, tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, cat yang luntur, serta tidak menggunakan magnet, listrik, dan baterai. 

Mendukung stimulasi bayi 3 bulan juga perlu dioptimalkan dengan pemberian nutrisi berkualitas secara rutin. Bagi bayi 3 bulan, sebaiknya Mums tetap memberikannya ASI eksklusif, tanpa asupan makanan lain. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya adalah susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang anak. 

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang