Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bantu Pahlawan Kecil Mengenali Anggota Tubuhnya

Bantu Pahlawan Kecil Mengenali Anggota Tubuhnya

Hari demi hari terlewati, sang pahlawan Kecil Mum kini semakin tumbuh dan berkembang. Rasa suka cita dan kebanggaan tersendiri kadang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi si Kecil sudah berani untuk mengeksplorasi dirinya sendiri dan lingkungan di sekitarnya.

Tak kenal, maka tak sayang. Mari asah terus kemampuan si Kecil dalam mengenal dirinya dengan memperkenalkan anggota tubuh manusiaDengan mempelajari anatomi secara menyenangkan, ia dapat mulai menjaga kesehatan, serta bereksplorasi menggunakan anggota tubuhnya. Bagaimana caranya ya, Mum? Daripada bingung, ayo ikuti langkah-langkah berikut!

Aktivitas yang bisa dilakukan

Download enabler ini sekarang yuk, Mum! Download 

  1. Persiapan

    Persiapan

    Untuk memulai aktivitas ini, ajak si Kecil ke ruangan yang paling nyaman di rumah. Kemudian, siapkan buku atau gambar anggota tubuh untuk anak-anak. Mum juga bisa memasang musik ceria untuk memeriahkan permainan ini.

  2. Memulai Aktivitas

    Memulai Aktivitas

    Permainan dimulai! Bukan sekadar menunjuk anggota tubuh yang ada di gambar, Mum dapat membuatnya bergerak aktif sambil menunjukkan bagian tubuhnya si Kecil. Contohkan juga kegunaan dari bagian tubuh tersebut, misalnya kaki untuk berlari dan meloncat, atau tangan kanan untuk makan atau tepuk tangan.

  3. Menanyakan Tentang Apa Yang Sudah Mum Ajarkan

    Menanyakan tentang Apa yang Sudah Mum Ajarkan

    Asah daya ingat si Kecil akan bagian-bagian tubuh dengan menanyakan apa yang sudah Mum ajarkan. Mum juga dapat melatih keterampilan bahasa dan intonasinya dengan memintanya mengeja nama bagian tubuh tersebut. Jika ia lupa, Mum bisa membantunya mengingat kembali.