Lompat ke isi utama
Bayi Muntah Menyembur, Apa yang Harus Dilakukan?

Bayi Muntah Menyembur, Ketahui Penyebab dan Cara Atasi

Sama seperti gangguan kesehatan lain yang dialami oleh bayi, muntah menyembur juga wajib diwaspadai. Mengapa? Cari tahu selengkapnya di sini, Mum!

Pernahkah Mums melihat bayi muntah menyembur? Terdengar menakutkan? Tapi ternyata hal ini benar-benar bisa terjadi lho Mums. Ada kalanya bayi mengalami gangguan pada pencernaannya sehingga muntah yang terjadi tidak sekedar mengalir atau biasa dikenal dengan gumoh, tapi menyembur. Tentu saja, si Kecil juga memiliki resiko ini jika gangguan kesehatan pencernaan terjadi padanya.

Sama seperti gangguan kesehatan lain yang dialami oleh bayi, muntah menyembur juga wajib diwaspadai. Mengapa? Sebab hal ini bisa jadi indikasi si Kecil mengalami gangguan saluran cerna yang serius. Di sisi lain, bayi muntah menyembur juga bisa dikarenakan oleh belum optimalnya kerja saluran dan organ pencernaan sehingga makanan dan cairan yang masuk keluar dengan cara ini.

Baca Juga : Mengenalkan Bioskop untuk si Kecil, 4 Tips Agar Menonton Menjadi Saat yang Seru

Apa Penyebab yang Memicu Bayi Muntah Menyembur?

Apa Penyebab yang Memicu Bayi Muntah Menyembur?

Beberapa hal bisa menjadi penyebab dari bayi muntah menyembur. Tentu, ada yang disebabkan oleh hal serius dan ada pula yang disebabkan oleh hal sepele. Berikut daftar singkatnya.

Stenosis Pilorus, menjadi salah satu penyebab si Kecil muntah menyembur yang cukup serius Stenosis pilorus sendiri adalah kondisi dimana saluran antara lambung dan usus kecil menyempit, sehingga menghambat asupan ASI dan MPASI masuk ke saluran pencernaan selanjutnya. Untuk mengatasinya Mums bisa berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan prosedur operasi ringan untuk mengembalikan kondisi si Kecil.

GERD, atau singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease, adalah gangguan pencernaan pada tubuh manusia yang ditandai dengan naiknya asam lambung dan berlangsung dalam jangka panjang. Bayi muntah menyembur yang disebabkan karena GERD akan mengeluarkan tidak hanya ASI, namun juga cairan berwarna kuning atau hijau. GERD pada bayi juga wajib ditangani dengan cepat oleh tenaga profesional.

Baca Juga : 4 Gangguan Kaki dan Tangan yang Sering Dialami Ibu Hamil

Adanya alergi, salah satu bentuk alergi yang ditampakkan pada bayi adalah muntah menyembur. Memang terdengar tidak wajar, namun alergi seperti ini juga terjadi. Alergi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari ASI hingga pemilihan MPASI yang kurang tepat.

Jumlah ASI yang terlalu banyak, ketika tubuh si Kecil menerima asupan ASI atau susu formula yang terlalu banyak, hal ini juga dapat memicu terjadinya muntah menyembur. Ketika ASI yang masuk terlalu cepat, maka si Kecil akan menerima udara dalam jumlah yang cukup besar. Ketimpangan jumlah udara dan cairan yang ada pada lambungnya ini bisa jadi masalah dan menyebabkan si Kecil muntah dengan cukup keras.

Untuk poin pertama, kedua, dan ketiga, ada baiknya Mums segera mengunjungi dokter anak kepercayaan agar si Kecil bisa segera mendapatkan penanganan profesional dan meminimalisir resiko terjadinya gangguan kesehatan lain. Sedangkan untuk poin keempat, Mums bisa mengatur kembali jumlah ASI yang masuk atau lubang pada dot yang digunakan oleh si Kecil untuk tidak terlalu besar.

Pencegahan yang Bisa Mums Lakukan

Pencegahan yang Bisa Mums Lakukan

Setelah mengetahui penyebab umum dari bayi muntah menyembur, maka selanjutnya yang tak kalah penting adalah cara pencegahan. Cara pencegahan agar si Kecil tidak muntah menyembur sebenarnya cukup sederhana. Namun karena sederhana inilah tidak sedikit yang kemudian menyepelekannya, sehingga meningkatkan resiko si Kecil muntah setelah menyusu atau minum susu formula.

Tips pertama adalah sebisa mungkin ketika si Kecil menyusu atau minum susu formula dari botol dot, posisikan ia dalam keadaan tegak. Artinya, badan cenderung lurus dan tidak terlalu membungkuk. Hal ini dapat memudahkan cairan yang masuk bisa lancar menuju saluran pencernaan dan tidak terlalu banyak berbelok.

Baca Juga : Masihkah Mums Tahu Posyandu Balita? Lihat 4 Manfaatnya!

Selanjutnya, jangan buru-buru membaringkan si Kecil setelah menyusu. Untuk sejenak, angkat si Kecil dan biarkan ASI atau susu formula yang dikonsumsinya menuruni organ pencernaan hingga dapat diproses optimal. Memang terkesan aneh, namun dengan begini resiko bayi muntah menyembur bisa diminimalisir.

Sebelum si Kecil melanjutkan kegiatan bermain, biarkan si Kecil diam sejenak setelah menyusu atau minum susu formula. Makanan yang masih berada dalam saluran pencernaan atas bisa dengan mudah kembali keluar ketika si Kecil terlalu banyak bergerak. Sejenak ajak si Kecil berinteraksi tanpa banyak gerakan, baru setelah itu Mums bisa mengajaknya bermain lain.

Kejadian bayi muntah menyembur memang bukan kejadian yang sering dialami, namun bisa saja muncul ketika penyebab-penyebab yang disebutkan di atas dialami oleh si Kecil. Maka dari itu, penting untuk Mum selalu mengontrol kesehatan dan kondisi si Kecil dengan memeriksakan ke dokter anak atau mendatangi Posyandu yang memiliki tenaga medis profesional.

Baca Juga : Pentingnya Vitamin A untuk Masa Tumbuh Kembang si Kecil

Bayi muntah menyembur harus disikapi dengan bijak. Sebagai seorang Mums, wajib hukumnya untuk tetap memperhatikan setiap detail yang muncul pada tumbuh kembang si Kecil. Pastikan juga asupan nutrisi harian Mums mencukupi ya, sebab ASI yang berkualitas diproduksi dari tubuh yang sehat dan mendapat asupan nutrisi optimal. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi, dan tambahkan Frisomum Gold Dualcare+ dalam menu Mums setiap hari. Dengan nutrisi yang lengkap dan mudah diserap tubuh, Frisomum Gold Dualcare+ akan jadi partner di masa menyusui yang sangat baik.