Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Bayi Susah Tidur, Apa yang Harus Dilakukan?

Bayi Susah Tidur, Apa yang Harus Dilakukan?

Tidur merupakan kegiatan yang diperlukan bayi, untuk memaksimalkan masa tumbuh kembangnya. Jangan salah, waktu tidur yang berkualitas benar-benar dapat menunjang tumbuh kembang si Kecil. Namun ada kalanya bayi susah tidur, menjadi rewel, dan akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya secara umum. Ketika ini terjadi, Mums wajib mengetahui secara pasti penyebabnya.

Sebenarnya pada usia di bawah 3 bulan, bayi susah tidur adalah hal yang biasa dan tidak perlu dikhawatirkan. Hal ini disebabkan oleh pola istirahat dan aktivitas bayi yang belum teratur, sehingga memerlukan beberapa waktu untuk mendapatkan pola yang tetap. Seiring bertambahnya usia si Kecil, hal ini akan menghilang dengan sendirinya.

Pentingnya Tidur untuk si Kecil

Pentingnya Tidur untuk si Kecil

Sedikit melihat betapa pentingnya tidur atau waktu istirahat untuk si Kecil pada usia bayi, sebenarnya hal ini cukup mudah dipahami. Bayi belum mampu beraktivitas dengan aktif karena fungsi bagian tubuh memang belum benar-benar berkembang. Selama masa ini, si Kecil memerlukan asupan nutrisi yang stabil, baik dari ASI atau MPASI (ketika usianya sudah di atas 6 bulan).

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si Kecil ini kemudian akan diserap dan digunakan untuk tumbuh kembang sel dan jaringan. Nah, tumbuh kembang sel dan jaringan ini terjadi dengan intensitas yang cukup tinggi ketika si Kecil tertidur atau ketika tubuhnya beristirahat. Ini mengapa kemudian waktu tidur yang berkualitas benar-benar diperlukan oleh bayi dan anak-anak.

Ketika jam tidurnya tidak teratur atau si Kecil sering terbangun di tengah tidurnya, maka Mums perlu mencermati penyebabnya. Jika terjadi dalam jangka waktu yang singkat, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun ketika terjadi terus menerus, maka Mums sudah harus melihat apakah ada gejala gangguan kesehatan yang wajib mendapat perhatian serius.

Penyebab Bayi Susah Tidur yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Bayi Susah Tidur yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa penyebab bayi susah tidur yang patut diwaspadai. Beberapa kasus ketika si Kecil sulit tidur dengan nyenyak bisa menjadi indikasi gangguan kesehatan yang perlu mendapat perhatian serius.

Disebabkan oleh Infeksi Saluran Pernapasan

Memang tidak selalu disebabkan oleh hal ini, namun bisa jadi si Kecil mengalami gangguan kesehatan tersebut. Mengingat sistem kekebalan tubuhnya juga masih belum terbentuk sempurna, resiko apapun bisa terjadi. Indikasi paling jelas selain bayi susah tidur adalah bagian hidung yang tersumbat oleh lendir. Solusinya adalah mengeluarkan lendir dengan pipet khusus atau menggunakan cara lain yang direkomendasikan dokter.

Gumoh Akibat Asam Lambung

Mungkin Mums sudah awam dengan istilah gumoh yang digunakan untuk menunjukkan muntahan cairan yang terjadi pada bayi. Memang hal ini adalah proses yang wajar karena otot cincin dari kerongkongan yang belum dapat bekerja sempurna. Namun ketika gumoh yang keluar tidak hanya berwarna putih, maka Mums perlu segera membawanya ke dokter untuk diagnosis lebih akurat dan penanganan profesional.

Si Kecil Tumbuh Gigi

Proses tumbuh gigi pada bayi bisa jadi salah satu penyebab bayi susah tidur. Sensasi mengganggu yang dirasakan si Kecil pada bagian mulutnya akan membuat ia gelisah dan menjadi rewel. Biasanya hal ini ditandai dengan gusi yang memerah dan bengkak, banyak meneteskan air liur, dan kesulitan tidur di malam hari. Well, memang merupakan proses alami, namun akan cukup mengganggu waktu istirahatnya. Untuk mengatasinya Mums dapat mengusap lembut bagian gusi yang memerah, memberikan teether, atau menyusui si Kecil dengan intensitas lebih tinggi.

Kondisi Apnea Tidur

Menjadi salah satu penyebab bayi susah tidur yang cukup serius, Mums direkomendasikan segera membawa si Kecil ke dokter ketika hal ini terjadi. Gangguan ini menyerang bagian sistem pernapasan si Kecil, sehingga harus disikapi dengan cepat.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah mengetahui sebab-sebab bayi susah tidur, kini Mums mungkin bertanya bagaimana cara menyikapi hal tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa Mums lakukan, dan sebenarnya bukan hal yang sulit.

Pertama, pastikan tempat tidur si Kecil nyaman dan berukuran pas dengan tubuh si Kecil.

Kedua, berikan si Kecil asupan makanan yang cukup sebelum ia tidur di malam hari. Hal ini akan menghindarkannya dari terbangun akibat merasa lapar.

Ketiga, pastikan suasana kamar tidur kondusif, tidak berisik, sirkulasi udaranya baik, dan suhunya terjaga.

Keempat, pijat lembut bagian tubuh si Kecil ketika ia mulai terlelap. Efek tenang yang ditimbulkan bisa membantu si Kecil tidur nyenyak.

Terakhir, posisikan si Kecil dalam keadaan terlentang agar bagian dada dan perutnya tidak tertekan dan meminimalisir resiko sesak napas di malam hari.

Baca Juga : 5 Cara Alami Memperbanyak ASI, Apa Saja ya Mums?

Menyikapi bayi susah tidur memang sebenarnya tidak sulit, selama hal tersebut diakibatkan penyebab alami. Jika merasa ada yang salah dengan sulitnya si Kecil terlelap, ada baiknya Mums segera membawanya ke dokter untuk memastikan kondisi si Kecil.

Asupan ASI yang cukup setiap hari bisa membuat si Kecil tidur lebih nyenyak. Bayi susah tidur dapat diminimalisir kejadiannya ketika ia selalu tidur dalam keadaan kenyang. Nah, untuk membantu menjaga kualitas ASI dan kondisi Mums selama masa menyusui, Mums bisa menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ pada menu harian Mums. Dengan kandungan nutrisi lengkap, susu ini dapat membantu menjaga kecukupan kebutuhan nutrisi harian untuk Mums, sehingga badan tetap terjaga sehat dan ASI semakin berkualitas.