Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Begini Jadwal Makan Anak 2 Tahun dan Menu Idealnya

Begini Jadwal Makan Anak 2 Tahun dan Menu Idealnya

Kebutuhan nutrisi si Kecil, pada kisaran usia 2 tahun, dapat dibilang tinggi. Hal ini disebabkan karena tubuh si Kecil sedang dalam masa perkembangan yang optimal secara fisik. Tak aneh tentu jika kemudian Mums menjumpai si Kecil memiliki nafsu makan yang besar. Namun demikian, agar tumbuh kembangnya dapat optimal, sangat direkomendasikan untuk memiliki pola makan yang teratur. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai jadwal makan anak 2 tahun yang ideal, dari sisi waktu dan jenis makannya.
Pada usia ini, si Kecil telah dapat mencerna makanan yang lebih padat, jadi Mums memiliki pilihan yang lebih banyak dalam mengkombinasikan menu makanan. Kombinasi menu makanan ini diperlukan agar si Kecil tidak bosan dan tetap memiliki nafsu makan yang tinggi. Selain itu, makanan bernutrisi seperti sayuran biasanya tidak menjadi pilihan utama si Kecil. Dengan kreativitas yang Mums miliki, olahan makanan berbahan dasar sayuran bisa menjadi menarik dan lebih menggugah selera.
Sebelum membahas mengenai jadwal makan anak 2 tahun, ada baiknya Mums juga mengetahui jenis makanan apa yang sangat baik diberikan pada si Kecil pada usia ini. Tentu nutrisi dasar seperti Karbohidrat, Kalsium, Zat Besi, Protein, Lemak dan berbagai vitamin harus terpenuhi agar tumbuh kembangnya optimal.

Jenis Makanan untuk Pertumbuhan si Kecil

Mungkin Mums sudah mengetahui hal ini mengingat ini merupakan pengetahuan yang sangat umum di kalangan keluarga baru yang memiliki anak usia 2 tahun. Nutrisi yang disebutkan di atas tadi bisa didapatkan dari beberapa makanan berikut ini. Demi terpenuhinya nutrisi si Kecil, sedikit upaya tidak akan jadi masalah bukan?
Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga untuk gerak fisik dan tenaga si Kecil. Mums bisa dengan mudah mendapatkan asupan nutrisi ini dalam makanan padat seperti nasi, kentang, roti, sereal, ubi, pasta, dan sejenisnya. Namun demikian, porsi untuk makanan tersebut harus dikontrol agar tidak terlalu banyak. Bisa jadi si Kecil malah mudah mengantuk jika terlalu banyak konsumsi Karbohidrat.
Protein
Protein bisa didapatkan dari dua sumber, yakni sumber hewani dan nabati. Keduanya sama-sama diperlukan oleh tubuh si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. Untuk memenuhinya, Mums bisa memberikan makanan seperti daging sapi, ikan, telur, daging ayam, olahan kedelai seperti tempe dan tahu, dan sejenisnya.
Zat Besi
Kandungan Zat Besi bisa didapatkan dari konsumsi makanan seperti sayuran, kacang-kacangan, ksimsi, dan sebagainya. Nah untuk sayuran sendiri, tidak jarang jenis makanan ini jadi makanan yang tidak disukai si Kecil karena berbagai alasan. Mums sebaiknya pandai-pandai mengolah sayuran agar terlihat lebih menarik sehingga dapat membangkitkan nafsu makan si Kecil pada makanan kaya nutrisi ini.
Kalsium
Untuk nutrisi seperti Kalsium, Mums bisa mendapatkannya dari produk berbahan dasar susu seperti keju, yogurt dan sejenisnya. Mums juga bisa memberikan susu kaya nutrisi yang bisa dengan mudah didapatkan di pasaran. Selain itu, Mums juga bisa memasukkan pisang ke dalam menu makanan sebagai salah satu sumber Kalsium yang baik dan nikmat dikonsumsi si Kecil.

Jadwal Makan Ideal untuk si Kecil

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan dan nutrisi yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh kembangnya, jadwal makan ideal juga tidak kalah penting. Di samping berguna untuk memberikan pola makan teratur untuk si Kecil, penerapan jadwal makan juga akan memberikan kesempatan untuk sistem pencernaan si Kecil agar lebih baik dalam mencerna makanan dan tidak terjadi penumpukan makanan terlalu banyak.
Secara sederhana, berikut jadwal makan ideal yang bisa Mums berikan.
Sarapan : sekitar pukul 07.00 dengan menu nasi, sayuran atau sup, serta daging cincang. Ini akan memberikannya cukup tenaga untuk beraktivitas hingga siang hari sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisinya.
Camilan pagi : diberikan sekitar pukul 10.00, berupa susu dan makanan ringan seperti biskuit. Susu yang diberikan pada jam ini akan memberi asupan nutrisi untuk diserap oleh tubuh si Kecil sembari menjalankan aktivitasnya.
Makan siang : diberikan sekitar pukul 12.00. Pada makan siang, si Kecil memerlukan asupan tenaga kembali setelah lelah beraktivitas. Mums bisa memberikan nasi dengan lauk ayam dan telur agar si Kecil mendapatkan tenaganya kembali.
Camilan siang : diberikan pukul 14.00. Untuk memberikan kesegaran, Mums bisa memberikan buah seperti semangka atau pisang dengan ukuran sedang. Buah yang dikonsumsi si Kecil akan dapat memberikan rasa kenyang yang cukup hingga petang. Mums juga bisa memberikan susu untuk si Kecil untuk menjaga perutnya tetap terisi.
Makan malam : setelah beraktivitas seharian dan mandi sore, makan malam bisa diberikan untuk si Kecil. Pada kisaran pukul 18.00 dengan menu yang tidak terlalu berat, misalnya seperti bubur beras merah dipadu dengan sedikit daging dan sayur.
Sebelum tidur : berikan sekali lagi susu sebelum si Kecil beristirahat malam hari. Susu bisa diberikan sekitar pukul 20.00, sehingga nutrisi yang ada dalam susu bisa diserap secara optimal sembari si Kecil beristirahat.

Tentu saja jadwal tersebut merupakan bentuk ideal atau sekedar rekomendasi. Setiap anak memiliki pola unik tersendiri dan Mums bisa menyesuaikan dengan lebih tepat. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil, Mums bisa memberikan Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, Friso Gold 3 dapat menjaga kualitas alami nutrisi yang ada sehingga lebih mudah diserap oleh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Mums juga bisa berkonsultasi pada Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resmi Friso dengan fitur live chat.