Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Begini Mengajari Cara Mengatur Pola Hidup Sehat pada si Kecil

Begini Mengajari Cara Mengatur Pola Hidup Sehat pada si Kecil

Mendampingi tumbuh kembang si Kecil tentu menjadi saat yang paling membahagiakan untuk orang tua. Segala jenis keperluan si Kecil mulai dari nutrisi, pelajaran nilai hidup, mainan serta berbagai hal lain selalu diupayakan untuk terpenuhi. Yang tidak kalah penting dalam proses tumbuh kembangnya adalah menunjukkan si Kecil cara mengatur pola hidup sehat.
Ya,pola hidup sehat menjadi banyak diperbincangkan belakangan ini mengingat tren yang sedang berkembang di masyarakat. Berbagai model dan aliran pola hidup sehat dikenalkan dan diklaim menjadi pola hidup paling sehat. Pada dasarnya, pola hidup sehat sendiri dapat diajarkan pada si Kecil sejak dini, dengan penerapan kebiasaan sederhana di rumah.
Si Kecil biasanya berada pada kondisi paling rentan ketika beraktifitas di luar rumah. Aktivitas yang secara langsung bersinggungan dengan alam sekitar, sangat berpotensi memberikan si Kecil paparan pada virus dan berbagai bakteri jahat. Hal ini jika tidak disikapi akan menyebabkan si Kecil menjadi mudah sakit dan tidak dapat tumbuh dengan optimal.
Terdapat beberapa cara mengatur pola hidup sehat yang bisa diajarkan di rumah sejak dini kepada si Kecil. Berikut beberapa poin penjelasannya.

Menjaga Kebersihan Badan

Sebagai orang tua, tentu akan mengupayakan yang terbaik untuk anaknya. Baik dari segi keterpenuhan nutrisi ataupun menjaga kebersihan diri si Kecil. Cara paling sederhana adalah membiasakan mandi minimal dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Hal ini penting agar badan si Kecil terbebas dari kuman dan bakteri yang menempel ketika si Kecil beraktivitas. Tentu saja, Mums bisa menggunakan sabun yang cocok dengan kulit si Kecil agar kebersihan badan si Kecil bisa makin ditingkatkan. Perangkat mandi seperti sabun dan shampoo untuk rambut harus dipastikan kualitasnya sehingga badan si Kecil mendapatkan perlindungan sempurna ketika ia bermain di luar rumah. Selain itu, mandi juga bisa menjaga kesegaran mood si Kecil ketika bermain. 
Lebih lanjut, yang juga harus dibiasakan adalah aktivitas mencuci tangan. Mungkin ini merupakan kegiatan kecil yang kerap disepelekan, bahkan oleh orang dewasa sekalipun. Logikanya, tangan si Kecil akan menjamah berbagai benda yang tidak dapat dipastikan higienitasnya. Tangan menjadi alat ‘transportasi’ bakteri untuk masuk ke dalam tubuh si Kecil.
Ajarkan si Kecil agar selalu mencuci tangan setelah melakukan segala kegiatan di luar rumah. Sebagai upaya preventif agar kuman tidak masuk ke dalam tubuhnya, mencuci tangan dengan sabun perlu dilakukan secara rutin. Lambat laun ketika dibiasakan hal ini si Kecil akan memiliki refleks untuk selalu mencuci tangan setelah ia berkegiatan di luar rumah.
Selain itu, Mums juga harus menanamkan kebiasaan menggosok gigi, minimal dua kali sehari. Mulut menjadi saluran pertama untuk si Kecil mencerna makanan yang mengandung nutrisi. Untuk itu, kesehatan dan kebersihannya harus selalu di jaga agar makanan yang masuk tidak terkontaminasi oleh bakteri jahat yang ada akibat sisa makanan yang menumpuk.

Waktu Istirahat Cukup

Orang dewasa tentu  tidak asing dengan begadang. Aktivitas di malam hari, baik terkait pekerjaan ataupun kegiatan lain ini sebenarnya diketahui secara luas merupakan aktivitas yang kurang sehat karena mengurangi waktu istirahat. Demikian pula yang terjadi pada anak-anak ketika mereka kekurangan jam istirahat.
Sistem kekebalan tubuh anak terbangun melalui proses yang tidak sebentar dan memerlukan waktu untuk diciptakan. Masa istirahat menjadi waktu yang optimal untuk membangun kekebalan tubuh dari nutrisi yang telah dikonsumsi si Kecil.  Selain itu, ketika si Kecil tidur atau beristirahat pertumbuhannya juga akan terstimulasi dengan baik.
Ini mengapa memastikan jam tidur yang cukup pada anak-anak menjadi penting. Tidur siang dan tidur malam, harus dikontrol dengan ketat dan dipastikan agar anak mendapat waktu tidur yang cukup  ketika anak kekurangan waktu istirahat maka akan berpengaruh buruk pada pertumbuhan, daya tahan serta mood yang dirasakannya.

Asupan Nutrisi yang Baik

Memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki nutrisi dan higienis jadi poin berikutnya dalam cara mengatur pola hidup sehat. Pola hidup sehat sangat bergantung pada kebiasaan konsumsi yang dilakukan si Kecil, dan tentu atas kontrol orang tua. Sangat disarankan agar si kecil tidak jajan sembarangan dan sebisa mungkin mengkonsumsi apa yang dimasak di rumah.
Jajanan yang dijajakan tidak dapat dijamin higienitas dan kandungan nutrisinya. Makanan minim nutrisi dan tidak higienis menjadi sumber utama penyebab berbagai penyakit pada si kecil sehingga Mums sebaiknya meminimalisir hal ini.  Mums juga dapat memberikan susu Friso Gold 4 sebagai pendamping utama untuk membantu si Kecil kuat dari dalam, dan mengurangi resiko akibat jajanan kurang sehat.

Mengajari cara mengatur pola hidup sehat pada si Kecil memang harus dilakukan perlahan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, Friso Gold 4 siap menjadi partner Mums. Friso dengan teknologi Locknutri memastikan kualitas Protein di dalam susu tetap terjaga dalam kondisi mendekati alami selama proses produksi karena tidak melalui proses pemanasan berlebih. Jadi, nutrisinya lebih mudah diserap dan dicerna tubuh si Kecil, serta membantunya tumbuh kuat dari dalam. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) secara langsung melalui fitur live chat pada situs resmi Friso.