Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Untuk bekal anak TK biasanya diberikan dengan berbagai bentuk dan warna agar menarik. Penasaran bagaimana contohnya? Klik di sini!

Bekal Anak TK Kreatif? Simak 4 Contoh Ini Mums

Memasuki usia sekolah, well setidaknya usia Taman Kanak-Kanak, si Kecil akan mulai menghabiskan waktunya di lingkungan baru. Si Kecil tak lagi terus menerus bisa diawasi, dan tentu juga akan menemui banyak tantangan baru. Untuk itu Mums bisa memberikan persiapan yang baik untuk si Kecil. Selain skill atau kemampuan dasar, Mums juga bisa memberikan bekal makanan untuknya. Artikel ini akan memberikan beberapa ide bekal anak TK agar si Kecil tidak perlu jajan di luar.
Bekal makan untuk si Kecil tidak hanya membantunya untuk tidak jajan di luar, namun juga dapat memberikan jaminan bahwa asupan nutrisi si Kecil tetap terpenuhi. Mengingat kegiatan dan waktunya akan dilakukan banyak di luar rumah tanpa pendampingan yang intens, maka bekal bisa mewakilkan kehadiran Mums untuk mendampingi si Kecil.
Namun demikian, bekal untuk si Kecil akan jauh lebih menarik jika dikreasikan. Jadi tidak hanya berupa nasi, sayur, daging, susu, yang disajikan terpisah. Namun Mums bisa membuat bentuk-bentuk tertentu dan mengkombinasikan banyak bahan, sehingga tampilannya menarik dan mendorong si Kecil lebih lahap dalam memakannya.
Lalu apa saja bekal yang nikmat dan tetap kaya nutrisi? Mums bisa lihat beberapa idenya di bawah ini.

Nasi Gulung Sosis

Kegiatan si Kecil yang padat harus didukung dengan asupan energi yang cukup. Pada ide bekal makanan kali ini, kandungan Karbohidrat yang ada dalam nasi, serta protein yang ada pada telur dan sosis akan menjadi sumber tenaga yang baik untuk si Kecil. Alih-alih menyajikannya terpisah, Mums bisa membuatnya menjadi gulungan kecil-kecil dalam ukuran satu kali suap.
Konsepnya sederhana, potong sosis dalam ukuran sedang, dan gulung dengan nasi. Setelah itu, lapisi nasi dengan telur dadar. Selain si Kecil akan mendapatkan energi yang diperlukannya, bekal ini juga memudahkan si Kecil ketika akan memakannya. Si Kecil mungkin tak perlu sendok atau garpu, makanan dengan porsi satu kali suap bisa langsung dikonsumsi dengan cepat dan praktis.
Agar lebih nikmat, Mums bisa juga mengganti nasi dengan nasi goreng.

Roti Isi Tempe

Roti isi atau biasa disebut dengan sandwich, biasanya akan berisi telur, daging, atau keju serta beberapa helai sayuran. Namun bagaimana halnya jika roti ini diisi dengan tempe? Apakah akan cocok? Tentu saja. Rasa tempe yang khas ketika dipadukan dengan sayuran serta mayonais akan sangat nikmat dan tepat untuk bekal anak TK.
Bentuknya yang menarik, dipadu dengan kandungan nutrisi yang kaya pada setiap gigitnya, akan memberikan nutrisi yang diperlukan si Kecil. Bekal ini sangat cocok untuk makan siang, dimana si Kecil sangat memerlukan ‘recharge’ tenaga setelah beraktivitas seharian. Jika Mums memiliki kreasi lain untuk isian, sangat bisa untuk dicoba. Asalkan isinya adalah makanan yang disukai si Kecil dan tetap bernutrisi, agaknya tidak akan jadi persoalan.

Omelet Makaroni

Aktivitas si Kecil memerlukan tenaga yang tidak sedikit. Jika tidak membawa bekal, si Kecil bisa saja jajan di luar, yang mana tidak menjamin higienitas dan kandungan nutrisinya. Salah satu bekal yang bisa coba Mums berikan adalah omelet makaroni.
Tidak seperti omelet atau telur dadar biasa, bekal yang satu ini dilengkapi dengan makaroni dan bisa juga ditambah potongan daging atau kornet. Agar lebih kaya nutrisi dan serat, Mums bisa mendampingi kudapan nikmat ini dengan beberapa helai daun selada atau sayuran lainya. Makanan yang satu ini bisa dikonsumsi saat pagi hari, atau cocok juga untuk menu makan siang.

Lumpia Nugget Keju

Lumpia sangat awam jika diisi dengan sayur atau mungkin rebung. Untuk Mums yang pernah berkunjung ke area Jawa Tengah atau Jakarta, kedua isian lumpia ini sangat sering ditemui. Jika Mums ingin mengenalkan lumpia pada si Kecil dan membuat si Kecil menyukainya, kreasikan dengan membuat lumpia isi keju dan nugget ayam.
Kedua bahan tersebut biasanya dapat membangkitkan selera makan si Kecil. Selain itu, bentuk lumpia yang ringkas juga cocok untuk dibawa oleh si Kecil tanpa peralatan makan yang banyak. Untuk menambah tenaga si Kecil, kudapan ini bisa jadi pilihan. Sebagai pelengkap Mums bisa menyisipkan beberapa sayuran pada isiannya, agar si Kecil juga mendapatkan serta yang cukup dan melancarkan pencernaannya.

Berikut tadi beberapa ide makanan yang bisa Mums berikan untuk si Kecil. Selain ringkas dan mudah untuk di makan, bekal tersebut juga akan terjamin higienitasnya karena dibuat di rumah.
Terkait dengan bekal anak TK yang telah disebutkan tadi, Mums bisa juga memberikan susu kaya nutrisi seperti Friso Gold 4. Kandungan nutrisi yang lengkap serta teknologi Locknutri yang dimiliki Friso Gold 4, membantu kualitas Protein di dalam susu ini tetap terjaga dalam kondisi mendekati alami. Jadi, nutrisinya lebih mudah diserap dan dicerna tubuh si Kecil, serta membantunya tumbuh kuat dari dalam. Mums memiliki pertanyaan seputar nutrisi si Kecil? Mums bisa gunakan fitur live chat yang ada di website resmi Friso dan berkonsultasi langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA), lho!

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang