Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bekal Pengganti Jajanan Anak Sekolah? [4 Alternatif Lezat]

Bekal Pengganti Jajanan Anak Sekolah? [4 Alternatif Lezat]

Memasuki usia sekolah, si Kecil akan banyak menghabiskan waktunya tidak di rumah. Makanan dan minuman yang dikonsumsi mungkin saja tidak akan jauh dari jajanan anak sekolah yang dijajakan di area sekolah. Memang mungkin sesekali mengkonsumsi makanan yang dijajakan di sekolah tidak masalah. Namun bagaimana jika Mums yang membuatkan jajanan untuk si Kecil di rumah?

Dari segi kesehatan dan kebersihan, makanan yang Mums buatkan di rumah untuk si Kecil tentu sudah terjamin. Tidak mungkin bukan Mums sembarangan membuatkan bekal untuk si Kecil? Setiap bahan, cara memasak serta cita rasa yang disajikan tentu akan menggunakan standar tertinggi yang dapat Mums berikan untuk si Kecil.

Memberikan bekal makanan sendiri sebenarnya dapat menghindarkan si Kecil dari potensi gangguan pencernaan akibat makanan kurang higienis dan kurang memiliki nutrisi yang mungkin banyak dijajakan di sekolah. Untuk mengajarkan kewaspadaan pada si Kecil dalam memilih makanan yang dijual, Mums bisa melihat beberapa hal berikut ini.

Warna mencolok: biasanya dikarenakan penggunaan pewarna tidak dengan standar kesehatan dan bahkan bukan pewarna makanan.

Rasa terlalu tajam: rasa manis, asin, gurih dan sebagainya yang terasa terlalu tajam di lidah menjadi indikasi bahwa makanan tidak menggunakan bumbu atau penguat rasa alami.

Higienitas penyajian dan kemasan: well, terlebih untuk hal ini, karena biasanya dijual dipinggir jalan tentu higienitas jajanan anak sekolah tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Harga: makanan berkualitas idealnya memiliki harga yang cukup pantas karena bahan dan penyajiannya juga memakan biaya yang tidak sedikit. Jika makanan terlalu murah, sebaiknya tidak usah dibeli.

Nah, dengan memahami keempat hal tersebut, Mums bisa memberikan pesan pada si Kecil untuk selektif dalam membeli atau mengonsumsi makanan yang dijajakan di sekolah. Sebagai alternatif dan opsi, Mums dapat memberikan beberapa jenis makanan berikut ini. Selain mudah dibuat, makanan ini juga tetap mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil dan rasanya juga nikmat.

Omelet Brokoli

Mungkin melihat namanya Mums juga akan merasa kurang yakin apakah makanan ini akan disukai si Kecil. Namun tenang, omelet brokoli tidak hanya berbahan brokoli saja namun tetap menggunakan telur dengan tambahan susu cair dan keju sehingga rasanya tidak akan terlalu pekat. Kombinasi telur, susu dan keju akan memberikan rasa nikmat, dan brokoli akan memberikan asupan serta dan kalsium yang diperlukan si Kecil.

Donat Merah

Tanpa pewarna buatan, Mums bisa memberikan donat dengan warna merah yang menggoda untuk dikonsumsi si Kecil. Buat donat dengan resep yang biasa Mums gunakan, lalu tambahkan ubi merah. Selain memberikan warna merah yang menggugah selera, tambahan ubi ini akan membuat donat buatan Mums terasa lebih lembut dan kenyal. Tentu saja donat ini bisa jadi alternatif untuk donat jajanan anak sekolah yang biasa dijual.

Roti Goreng

Roti goreng juga bisa jadi alternatif jajanan bekal si Kecil agar tidak perlu membeli makanan di sekolah. Selain mengenyangkan roti goreng buatan Mums tentunya lebih terjamin dari sisi nutrisi karena dibuat menggunakan bahan terbaik, dan dari sisi higienitas juga jauh lebih higienis dibandingkan dengan jajanan yang banyak dijual di sekolah. Mums bisa memberikan berbagai isian sesuai dengan apa yang disukai si Kecil.

Pancake

Selain mudah dibuat, pancake juga bisa disesuaikan dengan makanan kesukaan si Kecil. Bermodalkan perabotan yang Mums miliki di dapur, pembuatan pancake tidak akan memakan banyak waktu sehingga bisa Mums berikan pada si Kecil sebagai bekal sekolah selagi hangat. Topping-nya? Bisa bervariasi tergantung selera si Kecil. Mulai dari coklat, susu, pisang, atau berbagai bahan lain yang disukai si Kecil.

 Beberapa makanan di atas bisa Mums jadikan pilihan bekal untuk menggantikan jajanan anak di sekolah. Selain mudah dibuat, makanan tersebut juga dapat divariasikan sedemikian rupa sehingga si Kecil tidak akan mudah bosan dan tetap bisa lahap memakan bekal yang Mums berikan. Siasati juga dengan membentuk makanan semenarik mungkin agar si Kecil juga senang ketika membuka kotak bekal makanannya dan melihat makanan yang Mums berikan.

Jajanan yang dijual di sekolah sendiri tidak selamanya buruk untuk kesehatan dan tidak bermanfaat. Sesekali, biarkan si Kecil mengonsumsi makanan yang biasa ditemuinya agar ia juga mengetahui rasa makanan yang sebenarnya tidak sehat. Berikan pengertian perlahan, sehingga hal ini juga bisa jadi pembelajaran untuk si Kecil.

Memberikan bekal sebagai ganti jajanan anak sekolah sudah banyak dipilih orang tua dimanapun lokasinya. Selain higienitas lebih terjamin, kandungan nutrisi juga bisa kontrol sedemikian rupa. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums juga dapat memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam sehingga tidak mudah sakit akibat virus dan bakteri. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) secara langsung melalui live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang