Lompat ke isi utama
Belajar Arti Tanggung Jawab, 5 Poin Ini Bisa Membantu Mums

Belajar Arti Tanggung Jawab, 5 Poin Ini Bisa Membantu Mums

Siapa yang tak ingin si Kecil tumbuh dengan karakter yang baik dan ideal? Tentu semua Mums menginginkan ini. Tapi tentu saja, semua Mums juga paham bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan dalam hitungan hari. Proses panjang harus dijalani, seiring bertambahnya usia si Kecil. Salah satu hal yang wajib dipahaminya adalah arti tanggung jawab dan penerapannya secara umum.

Anak yang bertanggung jawab akan jadi anak yang benar-benar berperan di lingkungan rumah. Tak hanya bisa diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaannya sendiri, namun juga dapat turut membantu Mums dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

Nah, untuk memahami arti tanggung jawab dan menjadikan sifat ini karakter dasarnya, ada beberapa cara yang bisa Mums gunakan.

Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi Pendengar yang Baik

Salah satu cara mengajarkan arti tanggung jawab pada si Kecil adalah dengan menjadi pendengar yang baik dan bersikap menghargai pendapat dan keberadaan si Kecil. Mengapa ini disarankan? Karena ketika si Kecil merasa diperhatikan dan dihargai, ia akan menjadi pribadi yang lebih tenang dan mempercayai Mums.

Anak-anak adalah makhluk peniru yang luar biasa efisien. Dalam waktu beberapa minggu saja, Mums akan mendapati si Kecil juga mengikuti apa yang Mums lakukan. Tentu, hal ini akan berefek langsung pada rasa tanggung jawab yang ada di dalam dirinya. Ia akan lebih menuruti apa yang Mums katakan, serta mau membantu Mums ketika melihat Mums merasa kerepotan di dalam rumah.

Berikan Ruang si Kecil Belajar Mandiri

Dalam artian, Mums tidak harus selalu ada untuk melakukan hal-hal yang seharusnya bisa dilakukan si Kecil dengan mandiri. Misalnya, sederhana saja, seperti menali sepatu, atau mengembalikan mainan ke kotak setelah digunakan, ini bisa jadi latihan yang menarik untuknya.

Memahami arti tanggung jawab juga berarti menjadi pribadi yang lebih mandiri. Alih-alih hadir dan melakukan semua tugas-tugas ini, Mums lebih direkomendasikan untuk hadir dan memberikan dorongan pada rasa ingin tahu si Kecil. Ditenagai oleh rasa penasaran, si Kecil akan berani mencoba hal baru yang sebelumnya hanya dilihat dan banyak dibantu oleh Mums.

Tugas Rutin Setiap Hari

Tugas Rutin Setiap Hari

Selain memberikan ruang untuk mencoba hal yang ingin dicobanya, Mums juga dapat mengenalkan arti tanggung jawab dengan cara memberikan tugas rutin pada si Kecil. Tugas-tugas ini nantinya akan bersifat cukup ringan, dan sesuai kapasitas si Kecil. Karena fokusnya bukan pada seberapa besar tugas yang diberikan, tapi seberapa konsisten si Kecil bisa menyelesaikan tugas tersebut.

Tugas-tugas ini juga setelah selesai sebaiknya diberikan review. Apa yang kira-kira masih kurang baik, dan apa yang kira-kira sudah memuaskan. Tunjukkan sikap fair pada tugas yang Mums berikan dengan apresiasi yang sesuai. Tentu saja, tugas ini kemudian setelah beberapa saat akan jadi satu rutinitas yang dilakukannya tanpa perlu diminta, karena akan jadi kebiasaan.

Hadiah Berupa Pujian dan Konsekuensi Tertentu

Mungkin ketika membaca kata ‘konsekuensi’ Mums akan berpikiran, apakah perlu sedemikian keras pada si Kecil? Well, konsekuensi tidak hanya berupa hukuman, namun berupa respon dan timbal balik atas apa yang sudah dilakukan si Kecil. Bisa berbentuk pujian, hadiah, atau teguran, bahkan mungkin hukuman ringan yang sifatnya lebih konstruktif.

Ketika ia selesai mengerjakan tugas yang diberikan padanya, Mums bisa mengajak si Kecil berbincang. Selain bisa memberikan feedback, Mums juga akan mendapatkan quality time dengan si Kecil ketika berbincang mengenai hal ini. Tentu ini akan jadi waktu yang berharga untuk Mums dan si Kecil, karena dapat mengeratkan hubungan Mums dengannya, sekaligus mengajarkannya arti tanggung jawab setelah ia menyelesaikan pekerjaannya tersebut.

Belajar Arti Tanggung Jawab Bersama

Belajar Arti Tanggung Jawab Bersama

Terkadang cara terbaik mengajari arti tanggung jawab pada anak-anak adalah dengan belajar bersamanya. Selain memberikan feedback pada apa yang dilakukan si Kecil, Mums juga bisa meminta tanggapan atas apa yang sudah Mums lakukan selama satu hari ini.

Dengarkan pendapat si Kecil dengan seksama, dan ucapkan terimakasih setelah ia selesai melakukan review. Jika ada masukan, pastikan Mums juga mendengarkan masukan ini dan ucapkan maaf jika si Kecil merasa kurang berkenan. Belajar bersama seperti ini juga akan jadi cara yang efektif untuk si Kecil. Tak hanya memahami arti tanggung jawab, tapi juga banyak hal lain.

Baca Juga : Keamanan Makanan, Tanggung Jawab Orangtua

Belajar memahami arti tanggung jawab dan menerapkan perilaku tersebut setiap waktu perlu dilakukan sejak dini. Ketika ini menjadi kebiasaan, maka Mums sudah memberikan bekal yang sangat baik untuk pembangunan karakter si Kecil. Tentu, pembelajaran seperti ini harus didukung dengan asupan nutrisi yang cukup setiap hari. Jika pembelajaran dimulai sejak usia di bawah satu tahun, asupan ASI berkualitas dan MPASI yang bernutrisi akan jadi poin penting. Untuk mendukung produksi ASI berkualitas, terapkan pola hidup sehat dan tambahkan Frisomum Gold Dualcare+ sebagai penunjang nutrisi harian. Pastikan kebutuhan nutrisi harian Mums terpenuhi selama masa menyusui, dengan pelengkap dari Frisomum Gold Dualcare+.