Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Belajar Dari Tradisi Persalinan Cina

Belajar Dari Tradisi Persalinan Cina

Sebenarnya, hampir semua praktek persalinan tradisional dirancang juga untuk membantu wanita memulihkan diri setelah kehamilan dan melahirkan. Tradisi postpartum (pemulihan) persalinan Cina ('pui yuet') misalnya, memiliki banyak larangan, untuk memastikan bahwa ibu beristirahat dan pulih dengan cepat. Karena larangan tersebut berasal dari zaman dulu, dimana tingkat higienis dan kondisi kehidupan lebih buruk, wanita hamil dianjurkan untuk mengikuti aturan tersebut, terutama untuk mencegah infeksi dan demam.

Namun, kini zaman sudah berbeda. Dengan ekonomi dan kondisi sanitasi yang terus membaik seperti sekarang, Mum tidak perlu benar-benar mengikuti metode tradisional tersebut sehingga masa pemulihan dapat dijalankan dengan lebih mudah.

Praktek dan Batasan

 

1. Jangan Mencuci Rambut

Sebaliknya, rendamkain kasa bersih dengan alkohol, lalu ikatkan sisir Mum dengan kain tersebut. Ini berguna untuk membersihkan kulit kepala serta menghilangkan kotoran dan minyak saat Mum menyisir rambut.

2. Tidak Mandi

Gunakan spons mandi yang telah dibasahi dengan air resapan jahe, untuk menghangatkan tubuh. Jaga agar air tetap hangat selama mandi, agar Mum tidak terkena flu.

3. Bedrest

Lakukan peregangan sederhana saat beristirahat, untuk mempercepat pemulihan organ dan otot, meningkatkan kinerja usus dan mengurangi sembelit.

4. Hindari Udara Dingin dan Berangin

Jika cuaca sedang berangin, tubuh Mum akan rentan terhadap pilek dan nyeri sendi. Hindari berhadapan langsung dengan kipas angin dan pastikan aliran udara dari AC tidak mengarah pada Mum. Sebaiknya atur suhu AC pada 25-28 °C. Jika pakaian Mum basah oleh keringat, segeralah berganti pakaian. Siapkan gaun tidur ketika Mum harus bangun di malam hari untuk menyusui.

5. Jangan Habiskan Energi

Kadar hormon Mum masih belum stabil, sehingga Mum akan mudah terpengaruh secara emosional bahkan oleh hal-hal kecil sekalipun. Karenanya, hindari menghabiskan energi untuk menangis atau menonton TV dalam waktu lama. Cobalah untuk tetap rileks. Dengarkan musik yang menenangkan atau TV (bukan menontonnya) selama masa pemulihan.

6. Pola Makan

Anggur beras, minyak wijen dan jahe adalah tiga bahan yang amat penting dalam diet masa pemulihan Mum:

  • Anggur beras membuat tubuh Mum hangat dan meningkatkan sirkulasi darah. Di sisi lain, ini juga menghambat kontraksi uterus, sehingga Mum harus menjauhinya pada minggu pertama pemulihan.
  • Minyak wijen mengandung asam lemak tak jenuh. Selain menghangatkan tubuh, minyak wijen juga membantu proses kontraksi uterus.
  • Jahe baik untuk perut dan bersifat 'memanaskan', membantu meningkatkan metabolisme, serta meningkatkan nafsu makan.

Ketiga bahan tersebut dapat digunakan pada masakan ayam, ikan, atau makanan berprotein tinggi lainnya. Ibu pun akan memiliki berbagai pilihan makanan dengan nutrisi yang baik. Selain itu, Mum dapat meminum susu fortifikasi khusus ibu sebagai suplemen.

Selama masa pemulihan, jangan lupakan pola makan yang sehat. Mum dapat memperkaya diet Mum dengan makanan berikut:

Karbohidrat

Cobalah nasi merah, nasi barley, nasi gandum, nasi ubijalar, nasi ketan, nasi kacang merah dan mie.

Sayur-sayuran

Mum bisa mencoba daun ubi jalar, kai-lan, pepaya hijau,tauge, lobak, sawi, kacang hijau, snapbeans dan bayam.

Buah-buahan

Konsumsi buah seperti ceri, anggur, apel, persik, aprikot, pepaya merah, leci, lengkeng, jambu air, durian dan lain-lain. Hindari buah yang bersifat 'mendinginkan' seperti semangka, melon, jeruk, kelapa, jeruk, kiwi, mangga, mentimun dan pare.

Cemilan

Sebagai cemilan, Mum bisa memilih sup kacang merah,bubur ketan, nasi ketan, nasi fermentasi dengan telur, pasta wijen, sup barley kacang merah, sup kurma merah dan sup biji teratai, bubur manis ‘eight treasure’ ('BaBao Zhou), bubur ketan lengkeng, serta sup jahe ubi jalar.