Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Belajar Membaca Anak TK, Ini 5 Cara Jitu Membantunya!

Belajar Membaca Anak TK, Ini 5 Cara Jitu Membantunya!

Ketika memasuki usia pra sekolah, tentu Mums akan memberikan persiapan pada si Kecil dengan lebih intens. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat wajar dilakukan dan mungkin telah menjadi kebiasaan. Belajar membaca anak TK, ternyata harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum si Kecil memasuki pendidikan formal pertama ini. Mengapa bisa demikian?

Mungkin ini merupakan hal yang baru Mums ketahui. Karena biasanya, pengetahuan mengenai persiapan si Kecil memasuki taman kanak-kanak hanya sebatas memberikan pengenalan huruf dan belajar membaca dirumah. Namun demikian, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kemampuan membaca si Kecil ditunjang oleh banyak faktor lain.

Beberapa faktor ini kemudian saling mendukung, sehingga si Kecil dapat belajar lebih cepat dan menjadi lebih pintar. Tahap yang Mums lakukan, seperti mempersiapkan si Kecil untuk belajar membaca tepat sebelum memasuki TK, merupakan tahap kedua. Tahap ini akan sangat efektif jika Mums memahami dan mempraktekkan tahap pertama. Lalu apa tahap pertamanya?

Rangsangan Kemampuan Membaca dari Janin

Rangsangan yang Mums berikan dapat dilakukan pada saat si Kecil masih dalam kandungan. Mengagetkan? Sebenarnya tidak. Mums tentu pernah mendengar bahwa memperdengarkan musik klasik dapat merangsang perkembangan otaknya bukan? Dalam hal membaca, rangsangan yang bisa diberikan adalah membacakannya cerita.

Dengan si Kecil terbiasa mendengarkan cerita, meski mungkin ia belum paham, maka paling tidak fungsi otaknya dapat terangsang sedikit demi sedikit. Ini yang nanti akan menjadi bekalnya ketika Mums mengajari si Kecil dengan praktek langsung .

Aktivitas Fisik

Ketika si Kecil tumbuh, si Kecil akan melakukan banyak gerakan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang fisiknya. Dalam konteks membaca, si Kecil memerlukan konsentrasi ketika belajar. Kebutuhan gerak otot dan tubuhnya terlebih dahulu perlu dipenuhi sehingga si Kecil memiliki konsentrasi yang lebih baik ketika belajar.

Sebelum belajar membaca, ajak si Kecil bermain dengan melakukan beberapa gerakan sederhana seperti berlari, melompat, melempar bola dan sebagainya. Gerakan kecil ini akan ‘mengenyangkan’ kebutuhan gerak otot, sehingga si Kecil lebih berkonsentrasi ketika belajar membaca.

Koordinasi Mata dan Tangan

Untuk membantu belajar membaca anak TK, Mums juga tidak boleh lupa untuk poin yang satu ini. Memang koordinasi gerak tangan dan mata lebih condong pada kemampuan menulis. Namun demikian, ketika si Kecil memiliki kemampuan koordinasi yang baik, maka kemampuan bacanya juga akan meningkat.

Membaca memerlukan gerak mata aktif dan cepat tanggap. Ketika si Kecil terbiasa dengan latihan koordinasi mata dan tangan, gerak matanya akan lebih responsif sehingga ia lebih mudah mengenali berbagai karakter yang berbeda.

Huruf yang Mirip

Membantu si Kecil untuk mahir membaca sebelum memasuki pendidikan taman kanak-kanak juga bisa dioptimalkan dengan latihan mengenali beberapa karakter huruf yang mirip. Ya, si Kecil yang peka terhadap perbedaan karakter huruf akan lebih cepat menguasai kemampuan membaca.

Hambatan yang sering ditemui anak-anak ketika membaca adalah gagal membedakan beberapa karakter yang mirip. Sebut saja huruf ‘m’ dan ‘n’. Meski mudah untuk Mums membedakan karakter ini, namun si Kecil yang baru belajar biasanya akan mengalami sedikit hambatan. Mum bisa membantunya dengan menunjukkan ciri khusus pada setiap karakter yang mirip, sehingga si Kecil mampu mengenali huruf lebih cepat.

Membaca dengan Suara Lantang

Latihan ini selain berguna untuk mengembangkan kemampuan baca si Kecil juga akan membawa manfaat pada rasa percaya dirinya. Saat si Kecil belajar membaca, dorong ia agar berani membaca dengan suara yang lantang dan pelafalan sejelas mungkin. Senantiasa dampingi si Kecil, sehingga ia merasa mendapat dukungan penuh dari Mums.

Ketika mendampingi dan si Kecil menemui kesulitan, tahan diri Mums untuk langsung membantunya. Biarkan si Kecil mengambil waktu sejenak untuk berpikir, dan jika benar-benar stuck barulah Mums memberikan bantuan petunjuk. Ingat ya Mums, sebisa mungkin hindari memberikan cara baca secara langsung, namun berikan petunjuk perlahan agar si Kecil terbiasa menyelesaikan masalah.

Latihan ini merupakan tahap kedua dari pelatihan membaca si Kecil. Nah, beberapa tahapan sebelumnya, bisa Mums praktekkan agar si Kecil dapat menjalani tahap kedua ini dengan lebih lancar. Untuk membantu si Kecil belajar lebih baik, Mums bisa memberikan latihan membaca dengan suara lantang secara rutin, dan akan lebih baik ketika si Kecil memiliki penonton.

Kegiatan belajar membaca anak TK memang menjadi satu hal yang wajib. Membaca biasanya jadi salah satu syarat agar si Kecil diterima masuk TK tersebut.

Selain persiapan di atas, jangan lupa untuk memberikan si Kecil Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso yang berada di pojok kanan bawah secara langsung.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang