Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Belajar Mewarnai Anak TK? Ini Tips yang Bisa Mums Ikuti!

Belajar Mewarnai Anak TK? Ini Tips yang Bisa Mums Ikuti!

Dari sekian banyak anak yang ada di dunia, hampir semuanya menyukai kegiatan mewarnai. Membubuhkan warna pada suatu gambar memberikan banyak stimulasi untuk imajinasi dan kreativitas si Kecil. Di satu sisi, mewarnai perlu pendampingan. Di sisi lain, belajar mewarnai anak TK juga memerlukan kebebasan. Lalu bagaimana agar keduanya berjalan berdampingan?

Pendampingan dan kebebasan yang diberikan pada si Kecil harus dilakukan sesuai porsinya. Biasanya, hal sederhana seperti pewarnaan satu objek bisa menjadi kontra produktif jika Mums terlalu memberikannya arahan. Daun harus hijau, langit harus biru, pohon harus coklat dan sebagainya. Pada banyak titik si Kecil lebih baik diberikan kebebasan saja untuk mewarnai objek yang ada di depannya.

Pendampingan

Untuk pendampingan sendiri sebenarnya tidak perlu dilakukan terlalu ketat. Artinya, ketika belajar mewarnai anak TK berlangsung, yang harus Mums lakukan mungkin hanya sekedar menyediakan peralatan, mengenalkan berbagai objek di lingkungan sekitar dan pengenalan gambar sederhana.

Peralatan Mewarnai yang Menarik

Memberikan peralatan yang memiliki tampilan menarik dapat merangsang munculnya keinginan mewarnai pada si Kecil. Pewarna yang memiliki tampilan cerah dan segar, kemasan yang unik dan lain sebagainya, dapat memberikan rangsangan awal pada si Kecil.

Pastikan pula peralatan warna yang diberikan merupakan peralatan yang aman digunakan oleh anak-anak. Seperti diketahui bersama, anak-anak sering sekali memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya untuk dicoba. Dengan peralatan warna yang aman dan memiliki sertifikasi, setidaknya Mums sudah memberikan perlindungan juga untuk keamanan si Kecil dalam mewarnai.

Objek Di Lingkungan Sekitar

Mengajak si Kecil berjalan-jalan ke tempat baru merupakan bentuk pendampingan yang baik pada proses belajar mewarnainya. Dengan melihat berbagai objek, si Kecil akan memiliki imajinasi yang lebih baik serta preferensi lebih luas.

Kreativitas muncul dari observasi yang dilakukan serta penjelasan dari Mums ketika berjalan-jalan dan ke objek baru. Untuk itulah penting mengajak si Kecil ke tempat baru untuk melihat hal baru. Pilihan tempatnya? Kebun binatang, museum, pantai, pegunungan, tempat apapun yang belum pernah didatanginya.

Gambar dan Bentuk Sederhana

Sebelum memulai belajar mewarnai anak TK, si Kecil perlu terlebih dahulu mengenal berbagai bentuk dan gambar sederhana. Persegi misalnya, atau segi tiga, atau gambar sederhana seperti wajah dan gambar rumah, perlu dikenalkan sehingga si Kecil memiliki gambaran awal mengenai apapun yang akan diwarnainya nanti.

Pendampingan ini biasanya akan diberikan di rumah ketika si Kecil berusia beberapa tahun. Ketika memasuki Taman Kanak-Kanak, hal ini akan kembali dipelajari untuk menyegarkan ingatannya serta kemampuannya mengenali bentuk dan gambar sederhana.

Kebebasan

Poin kedua, yang tidak kalah pentingnya dari proses belajar mewarnai anak TK adalah memberikannya kebebasan dalam berkarya. Mungkin Mums menganggap memberikan arahan sehingga si Kecil melakukan pewarnaan dengan ‘benar’ harus dilakukan. Namun demikian, hal tersebut tidak dapat dikatakan valid sepenuhnya.

Kebebasan merupakan proses mengasah imajinasi dan kreativitas. Ketika si Kecil diberikan kebebasan, bukan tidak mungkin ia akan mewarnai daun dengan warna merah, atau pohon dengan warna biru, atau langit dengan warna oranye. Apakah ini salah? Tentu tidak, mungkin saja dalam imajinasi si Kecil memang hal tersebut yang dilihatnya.

Interpretasi setiap manusia memiliki perbedaan untuk melihat satu objek yang sama. Ketika Mums memberikan kebebasan untuk si Kecil ketika melakukan pewarnaan, imajinasinya akan semakin baik dan kreativitasnya makin terasah. Jangan kaget bila dikemudian hari kebebasan yang Mums berikan akan berbuah manis, seperti hasil karya si Kecil yang luar biasa indah dengan tampilan pewarnaan yang tidak biasa dan unik.

Hasil karya, bagaimanapun hasilnya, perlu mendapat apresiasi. Nah, disinilah tugas Mums kembali harus dijalankan. Memberikan apresiasi pada karya si Kecil dengan pujian dan masukan membangun agar selanjutnya ia dapat membuat karya yang lebih baik lagi. Berikan komentar misalnya pada bagaimana warna agar dapat menutup rata permukaan gambar, atau warna agar bisa sesuai dengan garis objek yang diberikan dan sebagainya. Untuk meningkatkan kepercayaan diri si Kecil, Mums bisa memajang karya tersebut di kamar si Kecil atau di ruangan lain di rumah sebagai bentuk penghargaan.

Mendampingi si Kecil belajar serta memberikan kebebasan berkreasi menjadi dua hal utama dalam proses pembelajarannya, apapun itu. Pendampingan akan memberikan si Kecil pengetahuan mengenai aturan yang ada, dan kebebasan berkreasi kan memberikannya jalan mengembangkan imajinasinya secara lebih leluasa.

Belajar mewarnai anak TK juga harus didukung dengan asupan nutrisi yang cukup. Nah, untuk membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi harian, berikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan memiliki imajinasi serta kreativitas lebih baik lagi.