Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

belajar-transportasi-melalui-miniatur-jalan-raya_AreyX45N24

Belajar Transportasi Melalui Miniatur Jalan Raya

Mum sering mengajak si Kecil bepergian? Saat ini, ia mungkin sering bertanya-tanya mengenai apa yang biasa ia lihat selama perjalanan, misalnya tentang berbagai jenis kendaraan, lampu lalu lintas, dan hal-hal lainnya mengenai transportasi. Oleh sebab itu, untuk memenuhi rasa ingin tahunya, Mum bisa mulai mengenalkan berbagai jenis angkutan umum pada si Kecil. Bagaimana caranya? Mari, ikuti petunjuk di bawah ini!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Yuk, mulai membuat peta miniatur jalan raya untuk si Kecil. Mum bisa men-download dari link yang terdapat pada bagian Info Pendukung Aktivitas, lalu dicetak di kertas berukuran A4.
  2. Setelah itu, cetak gambar alat transportasi yang tersedia di bagian Info Pendukung Aktivitas. Terdapat banyak pilihan gambar di sana, mulai dari mobil, motor, dan beragam jenis alat transportasi lainnya.
  3. Setelah gambar alat transportasi telah selesai digunting, tempelkan pada sehelai kertas/karton tebal lalu lipat sesuai bentuknya masing-masing.
  4. Saatnya bermain! Ajak si Kecil untuk menelusuri miniatur jalan raya dengan alat transportasi pilihannya. Misalnya, untuk menuju taman, si Kecil bisa menggunakan mobil atau motor. Jangan lupa untuk memandu si Kecil dalam menentukan arah ya, Mum!
  5. Jadikan juga permainan ini sebagai momen untuk menjelaskan angkutan umum pada si Kecil, misalnya dengan menerangkan bahwa selain naik mobil pribadi, si Kecil juga bisa menggunakan taksi atau bus untuk bepergian. Mum bisa menjelaskan karakteristik masing-masing kendaraan: taksi memiliki lampu di atasnya, sedangkan motor memiliki dua roda. Kenalkan juga beragam warna dan bentuk yang biasa ditemui di jalan raya, seperti arti warna pada lampu lalu lintas atau makna papan penunjuk jalan.
  6. Sebisa mungkin, hindari memberikan penjelasan yang rumit ya, Mum. Sesuaikan penggunaan kalimat dengan kemampuan menyerap si Kecil. Selain itu, berikan tanggapan atas pertanyaan atau celotehan si Kecil. Ia pasti senang belajar banyak hal dari Mum!
  7. Jangan lupa untuk mengabadikan raut wajah si Kecil yang amat penasaran saat bermain peta. Mum dan Dad bisa melihat-lihatnya kembali saat si Kecil sudah cukup besar nanti. Mum juga dapat membagikan foto aktivitas tersebut di halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Sudah siap mengenalkan angkutan umum kepadanya? Yuk, siapkan bahan-bahan di bawah ini:

  • Kertas HVS berukuran A4
  • Karton/kertas yang tebal
  • Gunting
  • Selotip atau lem

Donwload peta dan alat transportasinya dibawah ini:

 

Peta A4 1

Peta A4 2

belajar-transportasi-melalui-miniatur-jalan-raya_AreyX45N24

Alat Transportasi :

Download Bus

Download Mobil

Friso_MOBIL_200x200pixel-1

Untuk meningkatkan pemahaman si Kecil, Mum juga bisa mengajaknya menikmati angkutan umum bersama-sama, misalnya dengan menggunakan taksi saat hendak belanja ke supermarket. Selama perjalanan, dampingi si Kecil untuk memerhatikan alat-alat transportasi dan rambu lalu lintas serta ajak ia untuk membandingkannya dengan gambar yang ada di peta mainan. Jelaskan juga bahwa saat menggunakan layanan angkutan umum, kita harus membayar sejumlah uang tertentu, menjaga fasilitas, dan hal-hal sederhana lainnya. Perkenalannya ini tentu akan memberikan pengalaman baru bagi si Kecil.

Sebelum bepergian menggunakan layanan angkutan umum bersama si Kecil, jangan lupa untuk melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Pastikan bahwa ia memakai pakaian yang nyaman untuk bepergian dan bawa juga air minum serta makanan ringan untuk bekal selama perjalanan.

Manfaat Bagi Mum

Mengenalkan angkutan umum pada si Kecil memberikan kesempatan bagi Mum untuk melihat sejauh mana perkembangannya. Saat menjelaskan dan berdiskusi dengannya, Mum dapat melihat kemampuan berbicara, penguasaan kosakata, hingga kemampuan berpikir si Kecil. Selain itu, berjalan-jalan bersama si Kecil sambil melihat tingkah lucunya merupakan hiburan yang menyenangkan untuk menghilangkan penat dan lelah.

Manfaat Bagi si Kecil

Memasuki usia tiga tahun, si Kecil akan lebih baik dalam menyerap pengetahuan yang ia dapatkan. Aktivitas ini memberikan stimulasi yang baik untuk kemajuan kinerja otaknya, misalnya memahami arah dan juga karakteristik kendaraan melalui gambar (bentuk dan warna).

Perkenalannya dengan berbagai jenis alat angkutan umum juga akan membuat si Kecil mendapatkan pengalaman baru tentang bagaimana menjadi pengguna layanan publik yang baik. Misalnya, ia jadi tahu cara berkomunikasi yang baik dengan supir taksi, bersikap sopan saat berada di dalamnya, serta belajar kalau kita harus membayar dan mengucapkan terima kasih sebelum keluar dari taksi.

Info Gizi dan Nutrisi

Steven H. Zeisel, seorang peneliti dan pakar kesehatan anak dari University of North Carolina mengemukakan dalam artikelnya bahwa nutrisi memegang peranan yang penting dalam perkembangan kinerja otak si Kecil. Untuk itu, penuhi kebutuhan gizi si Kecil dengan makanan yang bermanfaat untuk perkembangan kognitifnya, misalnya seperti telur yang mengandung Omega-3 dan zat besi untuk membangun sel-sel induk dalam memori otak si Kecil.

Tentunya, agar tetap semangat dalam menyerap berbagai macam hal baru di sekitarnya, si Kecil membutuhkan stamina dan tubuh yang kuat. Untuk itu, Mum pun perlu memperhatikan pertumbuhan si Kecil dengan seksama. Mum bisa memberikan Friso Gold 4 yang diproses dengan proses produksi “Grass to Glass” sehingga terjaga kualitasnya. Susu ini mengandung banyak nutrisi kunci yang baik untuk pertumbuhan fisik si Kecil, mulai dari Prebiotik, Zat Besi, hingga Selenium dan Kalsium. Dengan begitu, Mum pun tidak perlu khawatir akan kebutuhan nutrisi si Kecil.