Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Belanja Persiapan Kelahiran Si Kecil

Belanja Persiapan Kelahiran Si Kecil

Di trimester kedua, mungkin Mum sudah mengetahui jenis kelamin si Kecil. Nah, berarti sekarang adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan kehadiran si Kecil lebih detail lagi di rumah! Mulailah lakukan pendataan keperluan bayi seperti mainan, popok, kereta bayi, dekorasi kamar dan kebutuhan lainnya.

Ajak juga Dad untuk bersama-sama menghias kamar, serta membuat spanduk bertuliskan "Selamat Datang ke Dunia." Mum dan pasangan bisa mengambil foto bersama si Kecil di tengah dekorasi tersebut. Jangan kaget jika ternyata daftar belanja barang-barang yang dibutuhkan ini cukup panjang, ya?

Saat berbelanja, tanpa sadar Mum turut melakukan latihan fisik. Dr. Michelle Wright, direktur medis dari Health First Swiss dalam situs www.patient.co.uk menyatakan bahwa belanja membantu menguatkan otot serta melatih kerja jantung dan hati. Berbelanja bersama pasangan juga mampu mencerahkan suasana hati. Namun, jangan terlalu memaksakan diri atau membawa barang yang berat. Pilih pusat perbelanjaan yang tidak terlalu ramai dan hindari pergi pada jam sibuk.

Perlu diingat bahwa Mum bisa mengalami kelelahan akibat bergerak aktif saat berbelanja. Untuk itu, konsumsilah makanan tambahan agar kesehatan Mum dan bayi tetap terjaga. Jangan lupa untuk menyesuaikan makanan yang dipilih dengan kebutuhan. Susu khusus untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan yang baik bagi Mum!