Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Berapa Berat badan Ideal Anak? Cek Penjelasannya Di Sini!

Berapa Berat badan Ideal Anak? Cek Penjelasannya Di Sini!

Siapa yang tidak senang dan gemas melihat si Kecil memiliki pipi yang bulat serta badan yang gemuk? Terlebih ketika lahir, hampir semua orang akan mengharapkan bayi yang gamuk bukan? Namun demikian, sebenarnya berat badan yang lebih dari titik ideal sebenarnya justru berhabaya lho Mums. Berat badan ideal anak harus selalu dijaga, sejak saat si Kecil berusia 1 tahun.

Memang secara logika ketika si Kecil gemuk berarti ia mendapatkan asupan makanan yang cukup. Namun demikian, ini tidak berarti si Kecil tumbuh dengan sehat dan optimal. Sebagian besar penyakit serius dipicu karena berat badan berlebih, bahkan sejak saat anak-anak. Jadi sangat penting untuk Mums selalu menjaga berat badan ideal si Kecil hingga ia tumbuh dewasa.

Tapi berapa berat badan ideal anak pada setiap fase tumbuh kembangnya? Nah, berikut sedikit penjelasan mengenai berat badan ideal anak usia 1 hingga 3 tahun. Simak dengan seksama ya Mums!

Berat Badan Ideal Anak Usia 1 Sampai 3 Tahun

Berapa Berat badan Ideal Anak? Cek Penjelasannya Di Sini!

Nah pada bagian ini Mum akan mengetahui berat badan ideal anak usia 1 hingga 3 tahun. Standar dan angka berikut ini didasarkan pada standar berat badan menurut umur dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jadi sudah sesuai dengan keadaan dan berbagai faktor yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Usia 1 Tahun

Idealnya ketika si Kecil berusia 1 tahun maka berat badannya adalah tiga kali lipat berat badannya ketika lahir. Untuk anak laki-laki, berat badan idealnya berada di angka 9,6 kilogram, sedangkan untuk anak perempuan berada di angka 8,9 kilogram.

Usia 2 Tahun

Pada usia 2 tahun, berat badan si Kecil akan berada di kisaran angka 12.2 kilogram untuk anak laki-laki, dan 11,5 kilogram untuk anak perempuan.

Usia 3 Tahun

Menginjak usia 3 tahun, maka si Kecil akan memiliki berat badan yang lebih besar. Untuk anak laki-laki beratnya akan berada di kisaran 14,3 kilogram dan anak perempuan berkisar 13,9 kilogram.

Namun demikian, berat badan tersebut adalah acuan umum. Bilamana si Kecil memiliki berat badan yang masih mendekati angka tersebut, dirasa dapat dikatakan sebagai berat badan ideal anak. Jadi Mums tidak perlu kemudian mengharuskan si Kecil pada berat badan tersebut secara tepat.

Bagaimana Cara Mengukurnya?

Berapa Berat badan Ideal Anak? Cek Penjelasannya Di Sini!

Sebenarnya cara paling sederhana adalah dengan mengunjungi Posyandu terdekat dengan menggunakan bantuan Kartu Menuju Sehat yang tersedia. Jika setiap bulan si Kecil menunjukkan progres yang sesuai dengan panduan, maka dapat dikatakan si Kecil tumbuh dengan ideal.

Jika Mums ingin lakukan pengukuran sendiri pada berat badan si Kecil, sebenarnya Mums bisa melakukannya di rumah. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh, yang membandingkan berat badan si Kecil dengan tinggi badan si Kecil.

Rumusnya adalah sebagai berikut

IMT = Berat Badan (dalam kilogram) / Tinggi Badan (dalam meter)

Nah, untuk angka acuannya, Kementerian Kesehatan juga sudah memberikan data yang cukup lengkap untuk si Kecil yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Berikut IMT ideal sesuai dengan usianya.

IMT anak laki-laki usia 1 tahun adalah 14,4 sampai dengan 19,8. Untuk anak usia 2 tahun adalah 13,6 sampai 18,5. Untuk anak usia 3 tahun adalah 13,4 sampai dengan 18,4/

IMT anak perempuan usia 1 tahun adalah 13,8 sampai 19,6. Pada usia 2 tahun, IMT-nya adalah 13,2 sampai dengan 18,4. Pada usia 3 tahun IMT-nya adalah 13,1 sampai dengan 18,4.

Mencapai Berat Badan Ideal

Berapa Berat badan Ideal Anak? Cek Penjelasannya Di Sini!

Mungkin Mums juga memiliki keresahan, bagaimana jika indeks dan pengukuran menyatakan si Kecil terlalu kurus atau terlalu gemuk? Adakah cara menjaga berat badan, menaikkan, atau menurunkannya dengan sehat? Tentu saja. Mums bisa melakukan beberapa cara agar dapat menjaga berat badan si Kecil tetap ideal.

Pertama Mums dapat memastikan kebutuhan nutrisi harian si Kecil selalu terpenuhi dalam setiap fase tumbuh kembangnya. Lalu, Mums dapat pula mengajak si Kecil melakukan aktivitas fisik yang intens sehingga terjadi pembakaran kalori yang optimal. Selanjutnya, Mums dapat menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil dengan menjamin kebutuhan Serat setiap hari terpenuhi. Salah satu hal yang menyebabkan kondisi si Kecil terlalu gemuk atau kurus adalah bahwa ada masalah pada bagian pencernaan. Serat yang cukup dapat membantu masalah ini, dibarengi dengan asupan Vitamin C dan Vitamin A yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan fungsi organ vitalnya.

Baca Juga : Siasati Anak Susah Makan dengan 4 Trik Berikut!

Nah, demikian tadi penjelasan mengenai berat badan ideal anak untuk setiap fase tumbuh kembangnya. Makanan sehat dan bernutrisi serta penerapan pola hidup sehat menjadi kunci untuk berat badan anak yang ideal. Maka dari itu, Mums perlu memperhatikan hal-hal tersebut. Tambahkan Friso Gold 3 untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, agar ia dapat tumbuh dengan optimal. Friso yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri menjamin kualitas alami nutrisi tetap terjaga, mudah diserap tubuh si Kecil, dan membantunya untuk kuat dari dalam. Friso Gold 3 menyediakan setiap nutrisi untuk fase tumbuh kembang si Kecil usia 1 sampai 3 tahun.