Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Berapa Rekomendasi Usia Anak Masuk TK yang Ideal?

Berapa Rekomendasi Usia Anak Masuk TK yang Ideal?

Semua orang tua pasti sepakat bahwa pendidikan untuk anaknya merupakan hal yang penting bukan? Selain karena dapat membantu tumbuh kembang si Kecil, pendidikan juga dapat memberikan si Kecil ruang belajar yang lebih terstruktur. Jika disimak, banyak lembaga yang kemudian bisa dijadikan kanal untuk memberikan pendidikan si Kecil secara formal. Namun untuk usia anak masuk TK, sebenarnya berapa tahun idealnya?
TK biasanya menjadi titik awal pendidikan formal si Kecil diberikan, dahulu. Kini, tidak sedikit orang tua yang telah memasukkan si Kecil ke lembaga pendidikan bahkan sejak sebelum usianya genap 4 tahun. Kelompok bermain atau juga playgroup jadi pilihan orang tua agar si Kecil mendapat persiapan yang matang.
Tentu jika dilihat dari keinginan Mums memberikan persiapan pada si Kecil hal ini bukan merupakan hal yang salah. Namun demikian, ternyata untuk menempuh pendidikan formal, terdapat batas usia yang direkomendasikan oleh ahli anak. Batas ini ditetapkan dengan pertimbangan karakter dan waktu bermain, yang seharusnya dimiliki si Kecil sebelum mulai memasuki pendidikan formalnya.

Batas Usia Anak Masuk TK

Seperti yang Mums ketahui, masa anak-anak akan sangat identik dengan masa bermain dan mencoba-coba. Bermain untuk si Kecil tidak sekedar perihal bersenang-senang, namun juga menjadi media berlatih berbagai kemampuan dasarnya. Ketika si Kecil mendapatkan waktu bermain yang ideal dan optimal, maka si Kecil akan memiliki kemampuan dasar yang baik sehingga akan mudah dikembangkan melalui lembaga belajar formal.
Idealnya, sebelum usia 4 tahun si Kecil akan lebih baik jika fokus bermain dan belajar dibawah bimbingan Mums. Mengapa demikian? Sebab idealnya anak berusia di bawah 4 tahun belum memiliki kemampuan kognitif yang cukup untuk belajar dengan ritme dan struktur pada lembaga belajar formal.
Kurang siapnya kemampuan kognitif si Kecil justru bisa menghambat proses belajarnya di lembaga formal seperti Taman Kanak-Kanak. Bukan tidak mungkin Mums justru akan menemukan si Kecil berada dalam kesulitan karena tidak bisa melakukan satu dan lain hal yang diajarkan, karena memang belum saatnya si Kecil belajar mengenai hal tersebut.

Karakter si Kecil

Karakter yang dimiliki si Kecil akan melekat padanya dalam waktu yang lama. Tentu saja, Mums ingin si Kecil memiliki karakter yang baik bukan? Idealnya ketika Mums dapat memiliki waktu yang cukup bersama si Kecil, pembelajaran karakter akan terjadi secara alami. Disadari atau tidak setiap hal yang Mums lakukan, katakan, dan tunjukkan di depan si Kecil akan diserap. Ini mengapa kemudian sangat penting menunjukkan sikap baik dan perkataan baik ketika berada di dekat si Kecil.
Karakter yang kuat akan terbentuk dari interaksi antara si Kecil, Mums dan anggota keluarga yang intens. Pada usia dibawah 4 tahun, si Kecil sangat mudah menyerap apapun yang dilihatnya. Untuk itu penting memberikan bekal dan persiapan berupa karakter dasar pada si Kecil sebelum ia memasuki lingkungan baru dengan orang-orang baru.
Karakter si Kecil yang kuat, yang terbentuk dari interaksi penuh kasih sayang dan nilai positif di dalam keluarga kecil, akan menjadi bekal yang sangat baik untuk berinteraksi dengan lingkungan baru. Dengan membawa karakter yang telah terbentuk dengan baik, maka si Kecil akan lebih mudah bergaul dan baradaptasi dengan lingkungannya tanpa banyak terpengaruh nilai yang kurang baik.

Kemampuan Fisik

Terkait dengan berapa usia anak masuk TK yang ideal, bisa juga dilihat dari perkembangan kemampuan fisik yang dimiliki si Kecil. Sekali lagi, kegiatan bermain yang dilakukan si Kecil semasa berada di lingkungan keluarga kecil menjadi latihan yang baik untuk kemampuan fisiknya. Kemampuan dan koordinasi setiap anggota tubuh sebaiknya dipersiapkan sebelum si Kecil menjalani aktivitas di sekolah, dalam hal ini Taman Kanak-Kanak.
Seperti yang Mums ketahui, perkembangan fisik ini selain berhubungan erat dengan latihan yang rutin juga sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang didapatkan tubuh si Kecil. Masa pertumbuhan pada usia di bawah 5 tahun memerlukan asupan nutrisi yang terbilang banyak karena secara fisik pertumbuhan si Kecil akan sangat signifikan.

Memenuhi nutrisi si Kecil menjadi satu faktor yang sangat mendukung pertumbuhannya, baik secara fisik maupun kecerdasan. Kombinasi makanan dan minuman kaya nutrisi agaknya menjadi pilihan tepat. Dengan kreativitas yang Mums miliki, olahan makanan bisa bervariasi sehingga menggugah selera makan si Kecil.
Mums juga bisa memberikan Friso Gold 3 untuk si Kecil usia 1 hingga 3 tahun. Kandungan nutrisi yang lengkap serta rasa yang nikmat, bisa membantu Mums mencukupi asupan nutrisi yang diperlukan si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, Friso Gold 3 mampu menjaga kualitas alami nutrisi dan tidak rusak akibat proses pemanasan. Mums juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resminya secara langsung lewat live chat, Mums.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang