Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Berapa Tinggi Badan Bayi yang Ideal? Adakah Acuannya?

Berapa Tinggi Badan Bayi yang Ideal? Adakah Acuannya?

Setiap anak, baik itu laki-laki atau perempuan, memiliki kecepatan pertumbuhan yang berbeda. Banyak faktor yang berpengaruh pada pada laju pertumbuhan, seperti misalnya asupan nutrisi, keberadaan Mums, dan lain sebagainya. Pertumbuhan tubuh sendiri salah satunya adalah pertumbuhan tinggi badan bayi. Walaupun bergantung pada banyak faktor, namun terdapat acuan tinggi badan ideal yang sudah ditetapkan secara umum.

Acuan ini ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hal ini disusun bersama-sama agar acuan yang diberikan bisa lebih representatif, sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di Indonesia. Nah, di bagian berikutnya Mums bisa melihat berapa sebenarnya tinggi badan bayi ideal pada setiap tahapan usianya.

Tahapan ini dapat dibagi menjadi 5, yakni pada saat baru lahir, usia 1 hingga 3 bulan, usia 4 hingga 6 bulan, usia 7 hingga 9 bulan, dan usia 10 hingga bulan. Tentu saja, karena masih berusia sangat muda, asupan nutrisi akan banyak berasal dari ASI dan makanan pendamping ASI yang bisa mulai dikenalkan mulai usia 6 bulan.

Tinggi Badan Bayi Baru Lahir

Berapa Tinggi Badan Bayi yang Ideal? Adakah Acuannya?

Sebenarnya tinggi badan bayi baru lahir lebih awam disebut dengan panjang bayi ya Mums, namun hal ini tidak mengubah acuan yang diberikan. Untuk bayi baru lahir, biasanya tinggi atau panjang badannya adalah antara 45 hingga 56 centimeter. Tinggi badan ini juga dipengaruhi jenis kelamin si Kecil. Biasanya jika si Kecil berjenis kelamin laki-laki, tinggi badannya akan lebih besar daripada bayi perempuan.

Meski tidak harus selalu dalam ukuran tinggi badan ini, namun setidaknya tinggi badan si Kecil mendekati angka tersebut. Selama nutrisi pada masa kehamilan tercukupi dan Mums menerapkan pola hidup sehat, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Idealnya si Kecil juga akan lahir pada ukuran tubuh yang normal.

Usia Bayi 1 - 3 Bulan

Seiring bertambahnya usia, tinggi badan bayi juga akan bertambah. Pada usia 1 bulan setidaknya akan ada pertambahan 5 hingga 6 centimeter pada tinggi badannya. Pada usia ini tinggi badan akan berada di antara 50 sampai 61 centimeter.

Pada usia 2 bulan, pertambahan tinggi badan akan berada di kisaran 53 sampai dengan 65 centimeter. Menginjak usia 3 bulan, maka tinggi badan si Kecil akan berkisar antara  56 centimeter sampai dengan 68 centimeter.

Tinggi Badan pada Usia 4 - 6 Bulan

Berapa Tinggi Badan Bayi yang Ideal? Adakah Acuannya?

Pada usia ini, si Kecil akan berkisar pada ukuran tinggi badan 58 sampai dengan 74 centimeter. Pertumbuhan yang cukup pesat dialami oleh tubuh si Kecil, karena organ pencernaan dan pertumbuhan sel dalam tubuhnya bekerja lebih cepat. Jadi asupan nutrisi juga harus selalu dipenuhi setiap saat.

Usia 4 bulan, kisaran tinggi badannya antara 57 sampai 70 centimeter. Pada usia 5 bulan, tinggi badannya naik menjadi 59 sampai 72 centimeter, dan pada usia 6 bulan si Kecil akan memiliki tinggi badan sekitar 61 sampai dengan 74 centimeter.

Berapa Tinggi Bayi usia 7 sampai 9 Bulan?

Menginjak usia 7 sampai dengan 9 bulan, si Kecil akan terus tumbuh tinggi. Mengingat pada kisaran usia ini si Kecil juga sudah mengkonsumsi MPASI awal, maka tak heran jika tumbuh kembangnya berjalan lebih pesat. Selain karena ia mulai aktif bergerak, maka kebutuhan energinya akan semakin besar pula.

Tinggi badan bayi pada kisaran usia ini adalah 62 sampai dengan 78 centimeter, tergantung pada jenis kelamin si Kecil. Rinciannya adalah pada usia 7 bulan kisaran tingginya antara 62 sampai dengan 75 centimeter, pada usia 8 bulan kisaran tingginya 64 sampai dengan 76 centimeter, dan pada usia 9 bulan tingginya berada di angka 65 sampai dengan 78 centimeter.

Bayi Usia 10 -12 Bulan, Ini Tinggi Idealnya

Berapa Tinggi Badan Bayi yang Ideal? Adakah Acuannya?

Mendekati tahun pertama usianya, si Kecil akan tumbuh semakin cepat. Pada rentang usia ini, akan banyak hal yang mulai dapat dilakukan si Kecil. Ia akan mulai banyak bergerak, belajar hal baru, dan porsi makannya juga bertambah. Hal ini terjadi karena berbagai organ tubuh si Kecil mulai berfungsi dengan baik, dan si Kecil mulai dapat menggunakan bagian tubuh tersebut dengan lebih baik lagi.

Usia 10 bulan, tinggi badan bayi ada di kisaran angka 65 centimeter sampai dengan 80 centimeter. Usia 11 bulan berada di angka 68 sampai dengan 81 centimeter, dan usia 12 bulan atau satu tahun tingginya berkisar 69 sampai 83 centimeter.

Baca Juga : 5 Manfaat Jalan Kaki Pagi di Alam Terbuka untuk Ibu Hamil

Pertambahan tinggi badan bayi ini tentu juga disertai dengan pertambahan berat badannya. Tidak lupa, untuk pertumbuhan bayi yang juga harus diperhatikan adalah pertumbuhan lingkar kepala. Ketika si Kecil mendapatkan rangsangan yang baik dan asupan nutrisi yang tercukupi, maka ketiga hal ini dapat tumbuh dengan ideal.

Nah, informasi mengenai tinggi badan bayi ini semoga bisa menjadi insight baru untuk Mums dalam memahami fase tumbuh kembang si Kecil. Pemenuhan nutrisi pada masa kehamilan dan menyusui, serta rangsangan yang diberikan pada si Kecil, berperan besar dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Untuk mendukung pemenuhan nutrisi harian, Mums dapat mengkonsumsi Frisomum Gold Dualcare+ untuk masa kehamilan dan menyusui. Pastikan memberikan MPASI yang tepat dan bernutrisi, untuk terus mendukung tumbuh kembangnya!