Lompat ke isi utama
berbagai-manfaat-bernyanyi-untuk-ibu-hamil-dan-janin

Berbagai Manfaat Bernyanyi untuk Ibu Hamil dan Janin

Selain dengan mengonsumsi makanan bernutrisi serta susu ibu hamil, ternyata ada aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan janin

Serba-Serbi Hubungan Nyanyian dan Perkembangan Janin

Awalnya, nyanyian dan suara lainnya hanya akan terasa sebagai getaran untuk janin. Namun lambat laun, ia akan bisa mendengar suara yang dihantarkan melalui cairan ketuban di sekitarnya. Janin akan memberikan respon penuh terhadap suara ketika memasuki minggu ke-18 hingga minggu ke-20. Di masa ini, struktur telinga janin sudah sempurna sehingga ia bisa mendengar cukup banyak suara. Hebatnya lagi, Mum bisa mendengarkan suara janin secara alami.

Baca juga: Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

Seiring perkembangan janin, ia juga akan mulai belajar untuk mengingat kata-kata, nada, dan suara ketika ia memasuki usia 23 minggu di dalam kandungan. Tahap ini bisa Mum manfaatkan untuk memperdengarkan lagu-lagu yang merdu dengan lirik indah sehingga semuanya akan terserap dalam memori si Kecil. Saat ia lahir dan sudah dewasa nanti, hal ini akan membantu si Kecil dalam belajar berbicara.Manfaat Bernyanyi untuk si Kecil dalam Kandungan

Sejak masih dalam kandungan, janin bisa mendengarkan suara-suara yang ada di tubuh Mum. Semakin lama, seiring dengan indra pendengarannya yang makin sempurna, ia pun bisa mendengarkan suara televisi, radio, atau kebisingan yang ada di lingkungan sekitar Mum. Janin mungkin akan memberikan respon melalui gerakan atau tendangan saat mendengarkan berbagai suara.

Baca juga: Makanan Sehat untuk si Kecil dengan Standar Food Safety

Lalu ,apa saja manfaat yang akan diperoleh pada masa tumbuh kembang janin,  saat ia mendengarkan nyanyian merdu dari Mum?

  • Menghubungkan Mum dan si Kecil melalui cara yang istimewa.
  • Menenangkan janin dalam kandungan.
  • Membantu Meningkatkan produksi oksigen ke janin.
  • Mengirimkan lebih banyak hormon endorfin ke janin melalui plasenta.
  • Membantu mengurangi risiko janin terserang berbagai penyakit.

Baca Juga : Kegiatan Belajar dari Rumah, Maksimalkan dengan Tips Ini!

Manfaat Bernyanyi untuk Mum Selama Masa Kehamilan 

Tak cuma bermanfaat bagi janin, bernyanyi saat hamil ternyata juga menguntungkan untuk Mum. Profesor Graham Welchchairman dari Music Education di University of London, telah melakukan beberapa penelitian untuk mengetahui manfaat bernyanyi bagi ibu hamil, seperti berikut ini:

  • Membantu meningkatkan mood dan energi ibu hamil melalui peningkatan produksi hormon endorfin.
  • Membantu menurunkan stres dan ketegangan.
  • Membuat Mum tidur lebih nyenyak.
  • Membantu mengurangi rasa sakit selama kehamilan.
  • Mendukung kekebalan tubuh yang baik.
  • Membantu meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga bisa menampung lebih banyak oksigen.
  • Membantu membersihkan sinus dan saluran pernapasan.
  • Mendukung daya konsentrasi agar semakin meningkat.

Nah, banyak sekali kan, manfaat bernyanyi untuk Mum dan janin? Mari bernyanyi untuk si Kecil! Satu lagi, dukung juga kebutuhan nutrisi Mum dan janin dengan aneka makanan bergizi dan dan susu ibu hamil.

Baca Juga : Parenting Anak Tepat dan Efektif, Simak Penjelasannya!

Susu Frisomum Gold diperkaya dengan berbagai kandungan nutrisi penting yang membantu memperkuat janin dari dalam. Baiknya lagi, Friso juga diproduksi dengan Single Process, yaitu susu tidak dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisi di dalamnya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Mum bisa mengonsumsi susu ibu hamil untuk membantu mencegah sembelit. Selamat menjalani masa kehamilan ya, Mum!