Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Berbagai Manfaat Susu Ibu Hamil

Berbagai Manfaat Susu Ibu Hamil

Menjaga keterpenuhan nutrisi ibu hamil merupakan hal wajib. Tak hanya demi kesehatan Mums, namun nutrisi yang cukup juga akan menopang tumbuh kembang si Kecil yang berada di dalam kandungan. Tentu saja, jumlah nutrisinya akan secara otomatis bertambah dari kebutuhan nutrisi sebelum hamil. Karena Mums tak hanya memenuhi kebutuhan tubuh Mums saja, namun juga kebutuhan si Kecil.

Idealnya peningkatan jumlah nutrisi ini akan sebanding dengan usia kehamilan. Selain jumlah, Mums juga perlu memperhatikan ragam nutrisi yang masuk ke tubuh Mums. Tubuh tak hanya memerlukan satu jenis nutrisi saja dalam jumlah besar, namun juga banyak nutrisi lain dalam jumlah yang sesuai. Ini mengapa kemudian penting melakukan konsultasi pada dokter kepercayaan Mums untuk menyusun menu makanan yang tepat selama masa kehamilan.

Lalu bagaimana cara ideal memenuhi nutrisi ibu hamil?

Memenuhi Kebutuhan Gizi saat Kehamilan

Berbagai Manfaat Susu Ibu Hamil

Memenuhi kebutuhan nutrisi harian bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara paling direkomendasikan tentu adalah mengkonsumsi makanan dan minuman alami yang bernutrisi tinggi. Dengan pengolahan yang tepat, setiap makanan akan menjadi sumber nutrisi alami yang baik untuk tubuh.

Mengapa makanan alami? Karena nutrisi pada makanan dan minuman berbahan dasar bahan alami akan lebih mudah diserap oleh tubuh Mums dan si Kecil yang ada pada kandungan. Terlebih pada setiap makanan dan minuman biasanya tak hanya ada satu nutrisi saja, namun beragam nutrisi, sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian secara menyeluruh.

Bagaimana dengan konsumsi suplemen? Dalam kondisi ideal, sebenarnya konsumsi suplemen tidak menjadi pilihan utama. Nutrisi yang terkandung dalam suplemen merupakan nutrisi yang sudah diproses melalui berbagai tahapan sehingga bisa saja mengandung bahan yang kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Ingat, hal ini dalam kondisi ideal. Jika kemudian setelah berkonsultasi dengan dokter Mums disarankan mengkonsumsi suplemen tertentu, tentu hal tersebut sudah dengan pertimbangan yang matang. Pastikan suplemen tersebut berkualitas dan diproduksi dengan metode yang paling baik.

Perlukah Minum Susu Khusus Ibu Hamil?

Berbagai Manfaat Susu Ibu Hamil

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana dengan konsumsi susu khusus ibu hamil? Apakah kemudian sama dengan konsumsi suplemen?

Faktanya, konsumsi susu khusus ibu hamil lebih direkomendasikan karena susu tersebut benar-benar diformulasikan untuk kondisi Mums yang tengah mengandung si Kecil. Berbagai aspek produksi sudah dipertimbangkan sedemikian rupa sehingga memiliki standar tinggi dan sesuai jika dikonsumsi oleh Mums.

Di sisi lain, susu khusus ibu hamil juga cenderung memiliki kandungan nutrisi yang terukur dan sudah dikondisikan jenis nutrisinya. Tujuan utama dari konsumsi susu ibu hamil sebenarnya adalah membantu memenuhi nutrisi disamping dari asupan utama makanan dan minuman alami tadi. Jadi sifatnya bukan menjadi sumber nutrisi ibu hamil yang utama, namun sebagai pelengkap dari nutrisi yang sudah didapatkan dari makanan sehat.

Kandungan Susu Ibu Hamil

Berbagai Manfaat Susu Ibu Hamil

Pada susu ibu hamil yang ideal, akan mengandung beberapa nutrisi penting. Mums bisa lihat daftar singkat di bawah ini.

Protein, berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan tubuh si Kecil. Protein juga akan membantu Mums meningkatkan suplai darah, sehingga terhindar dari anemia.

Lemak, asupan lemak baik sangat diperlukan (Omega-3 dan Omega-6) untuk membantu pertumbuhan otak, saraf, dan organ mata si Kecil.

Asam Folat, asupan Asam Folat sebenarnya direkomendasikan sejak Mums merencanakan kehamilan. Asupan yang cukup akan membantu tubuh Mums dalam membentuk sel tubuh yang diperlukan untuk menopang masa kehamilan. Ketika si Kecil sudah mulai tumbuh, nutrisi ini akan berperan untuk mengurangi resiko kecacatan ketika ia lahir.

Zat Besi, berguna untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dan mencegah anemia. Tentu hal ini penting karena kebutuhan darah merah selama kehamilan akan meningkat cukup tinggi.

Kalsium, menjadi salah satu nutrisi penting dalam pembentukan gigi dan tulang si Kecil, selain itu, Kalsium juga akan berperan dalam menopang kerja jantung si Kecil, saraf, dan hormonnya.

Vitamin A, nutrisi ibu hamil yang satu ini diperlukan untuk perkembangan organ tubuh si Kecil ketika berada dalam kandungan. Vitamin A juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh Mums dan si Kecil.

Vitamin C, kebutuhan akan Vitamin C selama masa kehamilan agaknya harus benar-benar diperhatikan karena berperan dalam pembentukan kolagen dan membantu Protein dalam pembentukan tulang yang kuat.

Vitamin D, berperan menjaga daya tahan tubuh, nutrisi ini wajib dipastikan keberadaannya dalam susu ibu hamil yang Mums pilih. Nutrisi ini juga membantu penyerapan Fosfor dan Kalsium di dalam tubuh.

Vitamin E, vitamin yang satu ini memiliki peran sebagai antioksidan serta melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tentu saja, hal ini juga berpengaruh langsung pada imunitas tubuh Mums dan si Kecil.

Setiap nutrisi ibu hamil yang diperlukan bisa didapatkan dari makanan sehat dan alami, serta Frisomum Gold Dualcare+. Konsumsi Frisomum Gold Dualcare+ setiap hari untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian, untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil dan menjaga kesehatan Mums. Selalu berikan yang terbaik untuknya serta jaga kesehatan Mums. Jangan lupa, kesehatan Mums harus tetap menjadi prioritas agar tubuh tetap dapat menopang tumbuh kembang janin!