Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Berkreasi Membuat Cetakan Tangan dan Kaki si Kecil

Berkreasi Membuat Cetakan Tangan dan Kaki si Kecil

Kemampuan fisiknya yang semakin meningkat membuat si Kecil semakin lincah saat ini. Mari salurkan energi ekstranya ini dengan mengajak si Kecil berkreasi bersama sambil mengeksplorasi telapak tangan dan kakinya.

Aktivitas Bersama Si Kecil.

Ayo melukis menggunakan cetakan tangan dan kakinya di halaman rumah. Selain menggunakan cat khusus finger painting yang bisa ditemukan di toko buku, ternyata Mum juga dapat membuat cat sendiri dengan bahan-bahan di dapur lho. Untuk membuatnya, Mum hanya perlu menyiapkan bahan berikut ini:

  • 2 gelas tepung jagung atau tepung maizena
  • 1 gelas air dingin
  • 4 ½ gelas air panas
  • Pewarna makanan
  • Mangkuk kaca untuk tempat cat

Cara pembuatan:

  1. Campurkan tepung maizena dan segelas air dingin, lalu aduk hingga merata.
  2. Setelah itu, masukkan air panas ke dalam adonan Mum. Aduk adonan hingga mengental.
  3. Jika sudah, tuangkan adonan pada masing-masing toples atau mangkuk kaca yang sudah Mum siapkan. Kemudian, campurkan adonan dengan pewarna makanannya masing-masing.

Voila! Cat buatan Mum sudah selesai. Mari ajak si Kecil untuk bersenang-senang bersama :

  1. Bimbing si Kecil untuk mencelupkan tangan dan kakinya ke dalam mangkuk cat buatan Mum. Setelah itu, minta ia menekan tangan dan kakinya pada kertas kosong yang sudah Mum siapkan.
  2. Saksikan ekspresi kagetnya ketika melihat cetakan tangan dan kakinya itu, Mum. Minta si Kecil untuk menghitung jumlah jari jemari yang ada di kertas tersebut. Ajak juga dirinya untuk membandingkan antara bentuk cetakan dengan anggota tubuhnya tersebut.
  3. Setelah asyik mencetak tangan dan kakinya, mari ajak si Kecil untuk membuat bentuk bunga matahari atau pohon yang rindang menggunakan cetakan tangan dan kakinya tersebut.
  4. Karyanya bagus ya Mum! Jangan lupa ajak si Kecil dan anggota keluarga lainnya untuk berfoto bersama karya seninya ini ya. Mum juga dapat membagikan momen istimewa ini melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID.

Info Pendukung Aktivitas

Sembari melukis bersamanya di halaman rumah, mari berikan si Kecil pengalaman sensoris yang menyenangkan. Ajak dirinya untuk berjalan-jalan di area rerumputan dengan kaki telanjang dan bimbinglah si Kecil menyentuh tanaman dan bebatuan yang ada di sana agar ia dapat merasakan perbedaan berbagai tekstur pada tangan dan kakinya.

Sebagai referensi dalam membuat lukisan dari cetakan tangan dan kakinya, Mum dapat melihat situs berikut ini.

Manfaat Bagi Mum

Selain untuk berelaksasi, bermain bersama si Kecil di lingkungan terbuka juga menjadi saat yang tepat untuk mengembangkan kebiasaan aktif dan sehat bersamanya. Dengan seringnya bermain bersama, ikatan emosional dengan si Kecil pun akan semakin terbina dengan baik.

Manfaat Bagi si Kecil

Kegiatan melukis dengan cetakan tangan merupakan sarana yang seru dan menyenangkan bagi si Kecil untuk mengenal bentuk anggota tubuhnya. Kegiatan seni ini ikut berperan dalam mendorong daya imajinasinya serta melatih koordinasi mata dan tangan si Kecil. Sensasi yang dirasakan saat menyentuh berbagai tekstur dengan tangan dan kaki pun akan memberikan pengalaman sensoris yang menyenangkan baginya.

Info Gizi & Nutrisi

Agar terhindar dari kuman penyakit ketika bermain di luar, si Kecil membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat. Madu menjadi pilihan yang baik untuknya. Seperti yang dikutip dari IbudanBalita.com, penelitian Peter C. Molan dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto membuktikan bahwa madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai sumber penyakit. Karenanya, jika dikonsumsi rutin setiap hari, sumber protein ini dapat membantu menjaga stamina si Kecil.