Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Berkreasi Membuat Kembaran si Kecil

Berkreasi Membuat Kembaran si Kecil

Apakah Mum sering memergoki si Kecil sedang asyik mencoret-coret tembok di dalam rumah? Kalau melihat tembok yang kotor oleh karya seninya ini, rasanya ingin buru-buru untuk bilang “jangan” atau melarangnya ya. Namun, sebenarnya ini merupakan cara si Kecil untuk melatih kemampuannya. Daripada melarangnya, mari arahkan ketertarikannya pada bidang seni ini dengan mengajak si Kecil untuk berkreasi bersama. Kali ini, ayo buat kembaran si Kecil dengan menggunakan karton dan bahan daur ulang.

Aktivitas bersama si Kecil

Sebelum memulai, mari siapkan beberapa perlengkapan berikut ini:

  • Kertas karton berukuran besar
  • Lem atau double tape
  • Gunting
  • Spidol
  • Krayon dan cat air
  • Kertas tisu atau krep
  • Barang daur ulang seperti tutup botol dan kain.

Sudah terkumpul semua, Mum? Yuk ajak si Kecil untuk membuat kembaran barunya.

  1. Bentangkan karton di atas lantai atau tempat yang datar. Minta si Kecil untuk tidur terlentang di atasnya.
  2. Menggunakan spidol atau marker, tarik garis mengikuti bentuk tubuh si Kecil di atas karton.
  3. Setelah selesai, mari lanjutkan aktivitas dengan menghias bentuk tubuhnya. Bimbing si Kecil untuk mengisi tiruan tubuhnya ini dengan kolase dari kertas dan barang daur ulang, misalnya menggunakan tutup botol sebagai mata, atau kertas krep untuk baju.
  4. Agar karyanya ini jadi semakin meriah, ajak si Kecil untuk melukis latar dan area sekeliling “kembaran” itu dengan menggunakan crayon dan cat air.
  5. Karya buatannya bagus ya, Mum? Sebagai bentuk penghargaan untuknya, pajang “kembaran” si Kecil di tembok kamarnya.
  6. Jangan lupa untuk mengabadikan ekspresi-ekspresi menggemaskannya ketika membuat karya barunya ya, Mum. Bagikan juga momen indah dalam beraktivitas bersama si Kecil melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID.

Info Pendukung Aktivitas

Sebagai alternatif, Mum dapat menggunakan teknik jiplak ini untuk membuat karya-karya seni lainnya yang tak kalah seru. Cobalah untuk membuat tiruan anggota tubuh si Kecil satu per satu seperti tangan, kaki, kepala dan badannya. Setelah itu, mintalah si Kecil untuk menggabungkan bagian-bagian tubuh tersebut sehingga menjadi utuh. Mum dapat menggunakan variasi warna cerah pada setiap bagian tubuh agar si Kecil lebih mudah untuk membedakan jenisnya.

Manfaat bagi Mum

Membuat kembaran si kecil dapat menjadi momen refleksi untuk Mum. Tak terasa ia sudah tumbuh besar saat ini. Masih ingat betapa mungil tubuhnya saat Mum pertama kali menggendongnya? Nikmatilah masa-masa indah bersamanya saat ini karena pertumbuhannya akan berlangsung dengan sekejap.

Manfaat bagi si Kecil

Selain merangsang daya imajinasinya , kegiatan seni dapat melatih koordinasi tangan dan mata serta kemampuan motorik si Kecil. Tidak hanya itu, menurut Katherina Danko-McGhee, Ph.D., penulis buku “Looking at Art with Toddlers”, eksplorasi seni ikut membantu si Kecil dalam mengembangkan pola pikir yang logis dan kreatif. Dengan membuat tiruan dirinya, si Kecil pun mendapat kesempatan untuk mengenal diri sendiri. Hal ini akan menjadi modal awal untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Info Gizi & Nutrisi

Kebiasaan si Kecil saat berkreasi, seperti mengisap jari tangan, bisa membuatnya mudah terkena bakteri dan kuman. Untuk itu, dibutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat agar ia dapat terhindar dari berbagai penyakit. Cobalah menambahkan bayam hijau ke dalam menu sehari-harinya. Kandungan beta-carotene yang terdapat di dalamnya dapat menangkal radikal bebas serta memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Kandungan Prebiotik yang dapat Mum temukan dalam yoghurt dan susu pertumbuhan juga memiliki peranan penting bagi sistem pertahanan si Kecil. Prebiotik dapat menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh si Kecil, yang akan membantu melindunginya dari serangan berbagai penyakit dan alergi. Kandungan ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Susu Friso Gold 4 memiliki kandungan Prebiotik dengan komposisi gizi yang seimbang. Proses produksi dengan konsep “grass to glass” membuat nutrisi alami yang terkandung di dalamnya tetap terjaga kualitasnya dan lebih mudah untuk dicerna.