Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain Balap Mobil Bersama si Kecil

Bermain Balap Mobil Bersama si Kecil

Si Kecil memiliki banyak mobil-mobilan? Saatnya mengeluarkan koleksi mainan tersebut! Ajak ia untuk melakukan balap mobil bersama Mum. Agar permainan semakin menarik, Mum dapat membuat “arena balap mobil” yang lucu dan sederhana dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Selamat mencoba, Mum!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Langkah pertama, siapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Lihat daftarnya di bagian Info Pendukung Aktivitas.
  2. Ambil kotak sepatu yang sudah tidak terpakai, kemudian lepaskan rekatan pada tutupnya dan lapisi bagian atas tutup dengan kertas atau karton putih.
  3. Letakkan kotak sepatu dengan posisi terbalik, rekatkan tutup tadi pada sudut kotak dengan posisi menukik seperti seluncuran. Gunakan selotip/lakban untuk merekatkannya.
  4. Kini, mari siapkan cat untuk mobil-mobilannya. Tuangkan cat air warna-warni ke atas palet, kemudian ajak si Kecil untuk mulai ‘bereksperimen’. Caranya mudah, si Kecil dapat mencelupkan mobil-mobilan pilihannya ke dalam cat. Bisa juga dilakukan dengan cara mengecatnya menggunakan kuas. Berikan kesempatan pada si Kecil untuk berkreasi dengan warna cat pilihannya.
  5. Apabila mobil-mobilan sudah selesai diwarnai, sekarang saatnya Mum dan si Kecil berlomba! Letakkan papan arena tadi pada lantai teras atau halaman di depan rumah, lalu lakukan balap mobil dengan meluncurkan mainan masing-masing ke atas permukaan arena balap. Lihatlah, mobil tersebut meninggalkan bekas jalur berwarna-warni!
  6. Sebisa mungkin, Mum dan si Kecil menggunakan cat dengan warna-warna yang berbeda. Semakin banyak warna yang terdapat di papan arena, permainan akan semakin seru!
  7. Dad tidak sempat bergabung dalam aktivitas ini? Jangan lupa untuk mengabadikan keceriaan si Kecil saat bereksperimen dengan cat dan mobil-mobilan kesayangannya. Dengan begitu, Dad pun dapat melihat betapa asyiknya si Kecil saat mewarnai mobilnya, dengan tangan yang berlumuran cat. Bagikan foto dan video tersebut melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments. Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk para Mum lainnya.

Info Pendukung Aktivitas

Untuk melakukan permainan ini, Mum membutuhkan:

  • Kotak sepatu bekas
  • Selotip/lakban
  • Kertas/karton putih
  • Cat air warna-warni yang mudah dibilas
  • Kuas
  • Palet/piring plastik untuk wadah cat

Aktivitas sederhana ini memang mudah untuk dilakukan kapan saja, baik pagi maupun sore hari. Namun, sebaiknya lakukan aktivitas ini di pekarangan rumah, ya. Dengan begitu, Mum pun tidak perlu khawatir perabotan rumah akan terkena cat.

Setelah selesai beraktivitas, ajak si Kecil untuk membersihkan mobil-mobilannya dari cat. Sediakan ember yang telah diisi dengan air sabun, lalu minta si Kecil untuk mencuci mainan-mainannya. Oleh karena itu, pastikan sedari awal bahwa cat yang digunakan dapat dibilas dengan mudah dan tentunya aman untuk si Kecil.

Manfaat Bagi Mum

Masa kecilnya hanya berlangsung sementara. Untuk itu, manfaatkan waktu sebaik-baiknya dan rangkai masa kecilnya dengan beragam kegiatan dan momen spesial bersama Mum. Selain dapat bersenang-senang bersamanya, bermain dengan si Kecil juga menjadi momen yang tepat bagi Mum untuk ikut menstimulasi perkembangan si Kecil, misalnya dengan memberikan penjelasan mengenai warna, atau menjelaskan kenapa mobil-mobilan milik Mum sampai lebih dulu dibandingkan truk si Kecil. Dengan stimulasi seperti ini, Mum juga dapat mengamati proses tumbuh kembangnya secara lebih seksama.

Manfaat Bagi si Kecil

Tanpa disadari, si Kecil meraih banyak manfaat melalui permainan ini. Ia belajar untuk memahami pergerakan berbagai macam objek, yang dapat dilihat dari ragam mobil-mobilannya. Saat mengecat mobil, ia juga berlatih mengembangkan koordinasi tangan dan jarinya, serta memahami ragam warna dasar dengan cara yang menyenangkan. Pengalamannya dalam mengenal dan memahami berbagai warna ini dapat ikut membantu pemahaman si Kecil terhadap dunia di sekitarnya. Selain itu, melalui permainan seperti ini, ia pun dapat membangun keberaniannya ketika bereksplorasi dengan warna serta obyek basah, lengket, bahkan kotor.

Info Gizi dan Nutrisi

Di usia seperti ini, pengalaman baru adalah guru yang paling tepat untuk mengajarkan si Kecil akan berbagai macam hal. Agar dapat selalu sehat saat bereksplorasi dengan dunia di sekitarnya, si Kecil perlu didukung dengan nutrisi yang baik untuk kekebalan tubuhnya. Sebagai pilihan, Mum bisa memberikan sup jamur bayam yang dikombinasikan dengan daging sapi tanpa lemak. Bayam mengandung beta-carotene sebagai penangkal radikal bebas untuk kekebalan tubuh. Sementara itu, daging yang dikonsumsi oleh si Kecil mengandung zinc, yang bermanfaat untuk memperkuat pertahanan tubuh si Kecil.

Sebagai pelengkap, susu pertumbuhan juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Susu pertumbuhan seperti Friso Gold 3 merupakan pilihan yang tepat untuk mendukung perkembangan si Kecil di usia ini. Kualitas susu Friso Gold 3 terjamin berkat proses produksi Grass to Glass, sehingga kandungan nutrisinya pun bisa si Kecil dapatkan secara optimal. Kini, si Kecil pun bisa bebas merasakan berbagai pengalaman baru di sekitarnya.