Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain Bersama Anak di Luar Ruangan? Siapa Takut! Simak Berbagai Manfaatnya

Bermain Bersama Anak di Luar Ruangan? Siapa Takut! Simak Berbagai Manfaatnya

Bermain, menjadi satu kata yang sangat penting dalam masa tumbuh kembang anak-anak. Bermain tidak hanya membantu membuat emosi si Kecil menjadi stabil, namun juga akan menjadi sarana belajar yang sangat bermanfaat. Terlebih bermain bersama anak di luar ruangan, manfaatnya sangat banyak, baik dilihat dari segi tumbuh kembang fisik maupun mental.
Seperti yang Mums telah ketahui, kehadiran Mums pada setiap fase tumbuh kembang si Kecil sangat berarti. Keberadaan Mums bisa memberikan dukungan moral untuk si Kecil dalam melakukan berbagai aktivitas dan membuat si Kecil merasa nyaman. Ketika merasa nyaman maka sirkulasi darah akan menjadi lancar dan pertumbuhan fisik akan terjadi secara optimal.
Jika dilihat lebih jauh, terdapat beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh ketika Mums bermain bersama si Kecil di luar ruangan. Artinya aktivitas dilakukan di luar rumah dan bersentuhan secara langsung dengan orang-orang disekitar lingkungan rumah.

Kemampuan Sosial si Kecil

Ketika Mums mengajak si Kecil beraktivitas di luar rumah, otomatis si Kecil akan melihat dan bertemu dengan orang-orang baru. Orang-orang baru ini tidak akan bisa ditemui jika si Kecil tidak diajak beraktivitas di luar ruangan bersama Mums. Pertemuan dengan orang baru bisa terjadi dimanapun, seperti di minimarket, angkutan umum, taman rekreasi dan sebagainya.
Kemampuan sosial si Kecil akan terasah ketika ia diajarkan untuk mengantri ketika akan memasuki satu wahana atau membayar di minimarket. Selain antre, kemampuan sosial lain adalah mengetahui apa yang nyaman dan tidak nyaman untuk orang lain. Ketika si Kecil melakukan sesuatu dan mendapat teguran dari orang lain di sekitarnya, maka si Kecil akan belajar secara langsung mengenai akibat dari apa yang dilakukannya terhadap orang lain.

Pertumbuhan Tulang

Aktivitas di luar ruangan, khususnya yang dilakukan ketika pagi hari memungkinkan si Kecil untuk terpapar secara langsung oleh sinar matahari. Sinar matahari pagi dikenal sebagai sumber dari Vitamin D yang berhubungan langsung dengan pertumbuhan dan kesehatan tulang si Kecil. Mums bisa mengajaknya jogging atau sekedar berjalan-jalan agar si Kecil terkena sinar matahari.
Setidaknya biarkan si Kecil mendapat paparan sinar matahari lebih kurang 15 menit setiap harinya. Waktu ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D si Kecil agar pertumbuhan tulangnya bisa optimal. Apalagi jika dibarengi dengan aktivitas fisik, maka tumbuh kembang fisik secara keseluruhan akan sangat maksimal.

Kreativitas si Kecil

Bermain di luar rumah berarti si Kecil akan menemukan berbagai hal baru yang mungkin belum pernah dilihatnya. Dengan didorong oleh rasa ingin tahu, si Kecil pasti akan melihat dengan seksama benda-benda yang asing untuknya. Terus dampingi si Kecil dan berikan jawaban ketika ia bertanya ya Mums, karena waktu ini menjadi waktu belajar yang baik untuknya.
Si Kecil juga akan memiliki bahan berkreasi baru dengan mengenal berbagai benda yang baru diketahuinya. Papan penunjuk jalan, tong sampah umum, angkutan kota, bus, dan sebagainya, akan menjadi materi baru dalam memori si Kecil dan sangat membantu proses berpikir kreatif anak-anak. Dengan demikian kreativitasnya akan terasah dan terlatih secara langsung.

Mengatasi Stres dan Membuat Rileks

Paparan sinar matahari, selain mengandung VItamin D yang baik untuk perkembangan tulang, juga akan membawa dampak baik pada keadaan emosional si Kecil. Paparan tersebut akan mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak menghasilkan Serotonin dan berperan sebagai hormon kebahagiaan.
Selain itu, si Kecil yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari pagi akan memiliki tingkat stres lebih rendah. Ia menjadi rileks dan tidak mudah marah ketika menemui permasalahan tertentu. Si Kecil juga akan memilikipemandangan’ baru sehingga tidak bosan ketika beraktivitas sehari-hari.

Kesehatan Mata

Hal lain yang juga bermanfaat ketika Mums bermain bersama anak di luar ruangan adalah penglihatan anak yang lebih baik. Hal ini dikarenakan mata si Kecil akan dapat melihat berbagai benda dengan jarak yang beragam sehingga fleksibilitas otot matanya terlatih.
Sedikit berbeda dengan anak-anak yang jarang bermain diluar, yang hanya akan melihat benda pada jarak tertentu sejauh area dalam ruangan saja. Mata si Kecil akan menjadi kurang fleksibel dan tumbuh kurang optimal.

Melihat berbagai manfaat di atas, tentu Mums tidak perlu ragu lagi untuk bermain bersama anak di luar ruangan. Mulai dari manfaat secara fisik hingga mental, bermain di luar ruangan sangat baik untuk si Kecil secara keseluruhan. Namun demikian yang perlu diingat adalah si Kecil belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Mums perlu memastikan asupan nutrisi yang diperlukannya terpenuhi sehingga daya tahan tubuh si Kecil bisa terbangun dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan si Kecil Friso Gold 4 yang memiliki teknologi Locknutri. Teknologi ini menjaga kualitas nutrisi yang ada di susu Friso Gold 4 tetap terjaga dalam keadaan alami, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan dan membantunya kuat dari dalam. Selain itu Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso melalui fitur live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang