Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain bersama Ulat Buatan si Kecil

Bermain bersama Ulat Buatan si Kecil

Saat ini, si Kecil seakan memiliki energi yang tak terbatas. Tak heran, kalo ia semakin lincah beraktivitas. Mum bisa mengarahkan energinya tersebut dengan mengajak si Kecil melakukan hal yang menyenangkan, seperti membuat kerajinan tangan dengan barang yang tidak terpakai.

Aktivitas Bersama si Kecil

Ada botol plastik yang tidak terpakai, Mum? Yuk, gunakan tutup botol tersebut untuk membuat ulat-ulatan yang lucu. Untuk itu, siapkanlah perlengkapan sebagai berikut:

  1. 6 buah tutup botol plastik
  2. Kawat bulu berwarna-warni berukuran 20 cm
  3. Lem
  4. Gunting

Jika sudah terkumpul semua, marilah membuat ulat dari bahan-bahan tersebut dengan cara sebagai berikut :

  1. Mulailah dengan menyambung semua tutup botol yang ada dengan lem
  2. Sambil menunggu lem mengering, potonglah kawat bulu sesuai ukuran.
  3. Coba ajak si Kecil untuk membentuk kawat menjadi tanduk.
  4. Tempelkan tanduk dan googly eyes tersebut pada barisan tutup botol tersebut.
  5. Hore, si Kecil sekarang punya teman baru lagi. Mintalah ia untuk memberikan nama untuk temannya itu.

Setelah itu, ayo lanjutkan aktivitas dengan bermain petak umpet bersama si Kecil dan teman barunya ini:

  1. Minta si Kecil menyembunyikan bonekanya sementara Mum menutup mata.
  2. Carilah tempat persembunyian boneka tersebut dengan ditemani si Kecil.
  3. Minta ia untuk memberikan petunjuk dengan kata “panas” jika dekat atau “dingin” bila lokasinya masih jauh.
  4. Bersiaplah memasang ekspresi terkejut ketika menemukan boneka si Kecil. Hal ini tentu akan membuatnya semakin bersemangat untuk bermain.
  5. Cobalah untuk bertukar peran dengan si Kecil.
  6. Sebagai pelengkap aktivitas, Mum juga bisa mengajak si Kecil untuk menceritakan teman barunya tersebut lewat gambar.
  7. Jangan lupa mengabadikan aktivitas ini yah, Mum.

Info Pendukung Aktivitas

Untuk ide berkreasi bersama si Kecil, Mum dapat mengunjungi situs berikut ini:

The Imagination Tree (www.theimaginationtree.com)

Spoonful (www.spoonful.com/crafts)

The Artful Parents (www.artfulparent.com)

Manfaat Bagi Mum

Selain bisa bersenang-senang bersama, bermain juga dapat mengembangkan daya kreativitas milik Mum. Dikutip dari artikelnya di YourTango.com, penulis dan musical parenting expert Amy Robbins-Wilson mengemukakan bahwa seringkali bermain dianggap sebagai hal yang sia-sia. Padahal, permainan merupakan sarana dalam mendorong seseorang untuk berpikir kreatif.

Manfaat Bagi si Kecil

Penulis buku anak, MaryAnn F. Kohl mengatakan bahwa ketika melakukan kegiatan seni, si Kecil sebenarnya ikut melatih kemampuan sosial dan emosionalnya. Dalam prosesnya, ia juga menjadi terlatih dalam berkomunikasi dan menyelesaikan masalah.

Bagaimana dengan petak umpet? Psikiater Dr. Shirah A. Vollmer, MD menjelaskan bahwa permainan petak umpet disukai oleh si Kecil karena menawarkan kesempatan bagi si Kecil untuk mengeksplorasi area sekitarnya secara independen. Begitu pula dengan sensasi ketegangan ketika bermain. Dengan bermain petak umpet, si Kecil juga dilatih untuk mengalahkan rasa takutnya sendiri.

Info Gizi Nutrisi

Serunya bermain seringkali membuat si Kecil melupakan rasa letihnya. Tidur siang dapat menjadi solusi agar energinya bisa pulih kembali. Selain itu, tidur siang juga berperan penting dalam perkembangan si Kecil. Dalam buku Membesarkan Bayi Menjadi Anak PintarDr. Handrawan Nadesul memaparkan bahwa selama tidur siang, hormon pertumbuhan bekerja lebih aktif. Karenanya, anak yang terbiasa tidur siang cenderung memiliki pertumbuhan yang lebih pesat.

Agar tidak cepat lelah, pastikan juga si Kecil mendapat asupan zat besi yang cukup. Seperti yang dilansir VivalogJodi Citrin, nutrisionis dan presiden dari Citrition menyarankan untuk menyajikan daging setidaknya 2 kali seminggu dan memberikan snack kaya zat besi seperti kismis dan cereal.