Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain Bunga Bersama si Kecil

Bermain Bunga Bersama si Kecil

Mum, inilah saat yang tepat untuk mengenalkan si Kecil terhadap indahnya keanekaragaman bunga dan tumbuhan. Ini tentunya merupakan hal yang baru dan menakjubkan baginya.

Aktivitas Bersama si Kecil

Mulailah dengan mengajak si Kecil berjalan-jalan ke taman kota atau toko bunga. Di sana Mum bisa melakukan aktivitas di bawah ini:

  1. Bimbing ia untuk mengamati berbagai jenis bunga yang ada di sana.
  2. Cobalah untuk mendeskripsikan jenis aroma yang dihirup si Kecil, misalnya, “Hmmm, wanginya bunga mawar ini manis yah?” Ini agar si Kecil dapat belajar untuk membedakan aroma bunga yang ada.
  3. Biarkan si Kecil memegang bunga yang menarik perhatiannya. Dengan begitu, ia dapat mengesplorasi bentuk dan aroma yang ada.
  4. Setelah puas bermain, mintalah si Kecil untuk memilih bunga favoritnya.
  5. Jangan lupa untuk mengabadikan foto si Kecil bersama bunga pertamanya itu yah, Mum.
Sesampainya di rumah, lanjutkan aktivitas dengan membuat prakarya menggunakan bunga favorit si Kecil. Mari mengeringkan bunga tersebut sebagai kenangan untuk Mum dan si Kecil nanti.
  1. Mulailah dengan menyiapkan sebuah buku kosong yang tebal.
  2. Taruh bunga pilihan si Kecil ke dalam halaman yang sudah disiapkan.
  3. Tutup buku dengan kuat. Setelah itu, letakkanlah di bawah tumpukan buku lainnya.
  4. Agar bunga mengering dengan sempurna, diamkanlah selama 1-2 minggu. Nantinya, bunga akan menempel pada halaman buku tersebut.
  5. Selipkan sebuah pesan pribadi dari Mum di halaman tersebut. Simpanlah di dalam kotak spesial yang nantinya bisa diisi dengan berbagai kenangan lainnya dari si Kecil.

Info Pendukung Aktivitas

Sebagai alternatif cara untuk mengeringkan bunga, Mum bisa menggunakan silica gel untuk menjaga bentuk dari kelopak bunga tersebut. Caranya mudah, Mum. Siapkan stoples berisi silica gel, lalu tanam bunga di dalamnya dan tutup toples dengan rapat. Setelah 1 minggu, bunga pilihan si Kecil akan terabadikan dengan sempurna.

Manfaat Bagi Mum

Bermain bersama si Kecil dalam suasana yang rileks dapat mempererat ikatan emosional antara Mum dan si Kecil. Aktivitas fisik seperti menggendong dan memeluknya ketika bermain dapat membuat si Kecil merasa nyaman dan semakin dekat dengan Mum. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hubungan si Kecil dan Mum nantinya.

Manfaat Bagi si Kecil

Aktivitas seperti ini dapat menstimulasi perkembangan indra-nya sekaligus membuatnya lebih menghargai alam. Dalam wawancaranya dengan PlentyMag.com, Richard Louvfounder dari Children & Nature Network mengatakan bahwa aktivitas bermain di alam membuat si Kecil menjadi lebih kreatif, salah satunya karena ketika bermain di alam bebas, si Kecil terbiasa untuk menggunakan seluruh indra-nya. Tidak hanya itu Katherine Lockett dari Creative Playhouse juga mengemukakan bahwa kegiatan ini penting bagi perkembangan fisik dan emosional si Kecil.

Info Gizi & Nutrisi

Pada masa ini, si Kecil baru saja diperkenalkan dengan makanan padat. Sistem pencernaannya yang terbiasa dengan ASI membutuhkan waktu untuk membiasakan diri. Akibatnya si Kecil mudah terkena konstipasi, yang ditandai dengan berkurangnya frekuensi buang air besar si Kecil. Hal ini sebenarnya merupakan sesuatu yang wajar, Mum.

Untuk menghindari konstipasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Seperti yang dilansir oleh Parenting.co.id, dokter anak spesialis gastroenterologi Anthony Olivà, M.D. menyarankan agar Mum memberikan sayur dan buah kaya serat seperti pepaya, pir dan buncis untuk si Kecil. Dalam wawancaranya dengan Metro TV NewsProf. Soebijanto Marto Sudarmo Sp.A (K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga juga mengatakan bahwa asupan probiotik bagi si Kecil dapat mengatasi konstipasi.