Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain dan Belajar dengan Ular Gelembung Sabun

Bermain dan Belajar dengan Ular Gelembung Sabun

Tak hanya sejuk dan menenangkan, hembusan angin di hari yang cerah ternyata juga dapat Mum manfaatkan untuk mengajak si Kecil bersenang-senang sambil belajar tentang angin, lho. Jika Mum belum memiliki rencana bermain di hari ini, ayo ajak ia untuk membuat gelembung sabun dan bermain bersama di luar rumahnya.

Aktivitas Bersama si Kecil

Mari membuat ular gelembung sabun! Untuk itu, Mum dapat menyediakan perlengkapan yang tertera di bagian Info Pendukung Aktivitas di bawah ini.

  1. Siapkan botol air mineral yang kosong, lalu gunting bagian bawahnya.
  2. Tutuplah bagian bawah botol yang sudah terpotong dengan kain lap atau handuk kecil. Setelah itu, ikatlah menggunakan karet gelang agar kain dapat menutup botol dengan erat.
  3. Kini, sediakan mangkuk kecil yang berisi sabun cair, lalu campurkan dengan air secukupnya.
  4. Sudah siap semua, Mum? Sekarang, ayo mulai membuat gelembung sabun! Caranya mudah, celupkan bagian bawah botol yang tertutup kain di mangkuk air sabun lalu tiup leher botol secara perlahan hingga barisan gelembung busa keluar dari bagian bawah botol tempat kainnya berada.
  5. Hore, ular gelembung sabunnya sudah terbentuk. Kini, ajari si Kecil untuk membuat ular gelembung sabunnya sendiri. Jangan lupa untuk terus membimbing dan mengawasi si Kecil ya, Mum. Pastikan juga tidak ada sabun yang masuk ke mulutnya saat meniup.
  6. Jika si Kecil belum dapat meniup dengan konstan, jangan terlalu memaksanya, ya. Bersabarlah dan ajak ia untuk menangkap gelembungnya.
  7. Saat bermain, coba minta ia untuk memerhatikan gelembung sabun yang beterbangan. Dampingi si Kecil untuk berlari mengejar gelembung bersama-sama dan menghitung jumlahnya satu per satu.
  8. Kenalkan juga kepada si Kecil tentang pengaruh angin yang bertiup terhadap ular gelembung sabun buatannya. Cobalah memegang busa sabun dalam tangan Mum, lalu minta si Kecil meniupkan busanya hingga terbang berpencar. Setelah itu, ajak ia untuk memecahkan gelembungnya satu per satu. Ia tentu akan semakin bersemangat ya, Mum.
  9. Agar suasana jadi lebih meriah, ajak pula Dad dan anggota keluarga yang lain untuk bersenang-senang bersama. Abadikan juga aktivitas bermain ini dalam bentuk foto dan video dan bagikan kepada Mums lainnya melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Untuk membuat ular gelembung sabun, Mum dapat menyiapkan perlengkapan berikut ini:

  1. Botol air mineral yang kosong
  2. Handuk kecil atau kain lap
  3. Karet gelang
  4. Mangkuk kecil
  5. Sabun cair
  6. Gunting

Manfaat Bagi Mum

Melihat ekspresi takjub si Kecil saat melihat ular gelembung sabun tentu merupakan suatu kepuasan tersendiri. Lewat aktivitas ini, Mum telah berhasil membuat acara bermain yang tak hanya seru, tapi juga ikut menambah pengetahuan si Kecil. Selain itu, aktivitas bermain bersama pun dapat menjadi acara keluarga yang menyenangkan dan ikut mempererat hubungan emosional di antara Mum, Dad, si Kecil, serta anggota yang lain.

Manfaat Bagi si Kecil

Bermain bersama ular gelembung sabun buatannya dapat menjadi sarana belajar bagi si Kecil untuk mengenal lebih jauh tentang angin. Lewat aktivitas meniup gelombang sabun, ia pun dapat ikut belajar tentang konsep sebab-akibat serta mengikuti instruksi sederhana yang Mum berikan. Selain itu, seperti yang diungkapkan oleh situs Whattoexpect.com, bermain gelembung sabun juga menjadi latihan yang baik bagi kemampuan motorik kasar serta koordinasi mata dan tangannya.

Info Gizi dan Nutrisi

Di masa pertumbuhannya ini, bermain secara aktif merupakan salah satu aktivitas yang dapat mendukung proses tumbuh kembangnya secara optimal. Agar si Kecil dapat terus beraktivitas dengan semangat sepanjang hari, peran nutrisi di dalam menu makanan yang Mum sajikan sangatlah penting baginya.Inilah mengapa, sayuran menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil saat ini. Dalam bukunya yang berjudul Superfoods for Babies & Children, Annabel Karmel menyarankan Mum untuk menambahkan sayuran di bawah ini ke dalam menu si Kecil setiap harinya

  • Tomat (sebagai sumber antioksidan yang baik serta melindungi tubuh si Kecil dari radikal bebas)
  • Wortel (sumber beta-carotene yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A untuk mengembangkan dan memelihara daya penglihatan si Kecil)
  • Serta sayuran berwarna cerah lainnya seperti brokoli dan labu, sebagai sumber fitonutrisi yang dapat melindungi tubuh dari gangguan penyakit.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil, jangan lupakan peran susu pertumbuhannya juga, ya. Kandungan vitamin A, C dan E, yang terdapat di dalamnya ikut membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ia dapat bebas bertualang dan menjelajahi dunia di sekelilingnya. Nutrisi ini juga bisa Ibu temukan di dalam Friso Gold 3 yang melewati proses produksi dengan konsep Grass to Glass. Proses ini membuat susu tidak melewati proses pemanasan yang berlebih sehingga nutrisi di dalamnya dapat terjaga kualitasnya dan mudah dicerna oleh tubuh si Kecil.