Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain dengan Anak Di Luar Rumah, Ini Manfaat Baiknya [4 Manfaat Bermain Di Luar Rumah]

Bermain dengan Anak Di Luar Rumah, Ini Manfaat Baiknya [4 Manfaat Bermain Di Luar Rumah]

Pola asuh dengan memberikan gadget pada si Kecil agar ia duduk diam ketika Mums beraktivitas sebenarnya bukan hal yang terlalu baik untuk tumbuh kembangnya. Memang di satu sisi si Kecil akan menjadi lebih tenang. Namun di sisi lain, tumbuh kembang fisik dan mentalnya menjadi kurang optimal. Setidaknya, Mums harus bermain dengan anak di luar area rumah dengan aktivitas fisik yang intens.

Mengapa demikian? Sebab masa anak-anak merupakan masa emas tumbuh kembang fisik dan mentalnya. Ketika si Kecil terbiasa bergerak aktif, maka pertumbuhan fisiknya akan menjadi optimal. Penyerapan nutrisi yang dikonsumsinya akan maksimal serta kerja organ tubuhnya juga dapat efektif. Selain itu, dengan beraktivitas di luar ruangan, si Kecil dapat mengeksplorasi dunia lebih luas, bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang dan mendapatkan teman baru. Hal ini sangat baik untuk kesehatan mentalnya.

Aktivitas fisik yang dilakukan sendiri tidak harus berupa olahraga seperti jogging atau yang lain. Cukup dengan mengajaknya bermain di luar area rumah, di taman bermain komplek, atau mungkin di wahana tertentu yang dapat membuatnya bergerak. Aktivitas fisik seperti ini sudah cukup dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Durasinya juga tidak lama, hanya sekitar 1 jam saja setiap harinya.

Berbagai manfaat bisa didapatkan si Kecil. Mulai dari optimalnya tumbuh kembang fisik hingga stabilitas emosi dan menjaga kondisi kesehatan, berikut penjelasannya.

Menghindari Obesitas

Ketika si Kecil hanya duduk terdiam di dalam rumah sepanjang hari tanpa aktivitas fisik yang berarti, makanan yang dikonsumsinya tidak akan mampu dicerna dengan efektif. Akibatnya, si Kecil berpotensi memiliki metabolisme yang kurang baik dan beresiko mengalami obesitas. Mungkin akan terlihat lucu dan menggemaskan selama beberapa saat. Namun untuk jangka panjang, kegemukan sangat tidak baik dampak kesehatannya.

Dengan beraktivitas fisik secara intens dan bermain bersama, si Kecil akan mampu membakar kalori yang masuk ke dalam tubuhnya sehingga tidak akan terjadi tumpukan lemak yang berlebihan. Selain itu, penyerapan nutrisi yang masuk melalui makanan dan minuman juga akan jauh lebih efektif ketika badannya aktif bergerak.

Stabilitas Emosi Anak

Bermain dengan anak di luar rumah dapat membantu menjaga stabilitas emosinya. Percaya atau tidak, beraktivitas di alam terbuka dapat memberikan efek positif, baik untuk si Kecil atau Mums. Terlebih jika aktivitas dilakukan secara bersama-sama dan dalam mood yang hangat. Dengan banyak tertawa bersama, interaksi yang terjalin serta komunikasi yang baik, si Kecil akan merasa nyaman.

Rasa nyaman ini kemudian membawa pengaruh baik pada emosi si Kecil. Ketika ia merasa nyaman, si Kecil akan menjadi lebih tenang dan lebih mudah mengungkapkan apa yang ia rasakan. Emosi yang tidak stabil biasanya dipicu karena si Kecil tidak dapat mengungkapkan apa yang dirasakan serta dipikirkannya, dan akan ‘meledak’ ketika ia mengalami kejenuhan yang teramat sangat. Akibatnya si Kecil menjadi mudah marah, mudah menangis dan emosi negatif lainnya.

Imajinasi dan Keterampilan Sosial

Beraktivitas di luar ruangan memungkinkan si Kecil melihat banyak hal baru yang belum pernah dilihatnya di dalam rumah. Referensi pada hal baru ini akan memberikan stimulasi yang baik pada kemampuan imajinasinya sehingga si Kecil bisa berkembang jadi seorang yang lebih kreatif. Memang mungkin dengan bermain gadget atau mainan lain di dalam rumah ia dapat melatih imajinasinya. Namun bukankah lebih baik jika si Kecil memiliki pengalaman langsung tanpa harus melalui media layar gadget?

Beraktivitas di luar rumah juga memungkinkan si Kecil untuk bertemu dengan banyak orang. Di sinilah kemudian kemampuan sosialnya akan terasah. Kebiasaan melihat banyak orang, berinteraksi dengan banyak orang serta bermain dengan teman-teman sebayanya akan merangsang munculnya rasa empati dan simpati. Kedua sifat ini sangat berperan pada pembentukan karakternya. Tentu, hal ini bisa diawali sedini mungkin dengan pendidikan karakter dari lingkungan keluarga kecil di rumah.

Percaya Diri

Interaksi yang dilakukannya dengan orang-orang di luar lingkungan rumah juga akan membuat si Kecil memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Jangan salah Mums, bermain dengan anak lain di sekitar rumah juga dapat melatih hal ini. Ketika si Kecil terbiasa berinteraksi dengan orang lain, ia akan mengetahui bahwa ada beragam jenis orang di dunia ini selain dari karakter yang telah dikenalinya di lingkungan keluarga.

Untuk mengoptimalkan manfaat bermain dengan anak demi tumbuh kembangnya, Mums juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Caranya cukup mudah, dengan memberikan makan bergizi dan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan bisa tumbuh dengan optimal. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso secara langsung dengan fitur live chat.