Lompat ke isi utama
Bermain Drum untuk Mengasah Kemampuan Motorik si Kecil

Bermain Drum untuk Mengasah Kemampuan Motorik si Kecil

Kemampuan berpikir dan motorik si Kecil semakin berkembang ya, Mum. Di usianya yang memasuki tahun pertama, ia sudah bisa menghampiri dan mengambil sendiri benda-benda yang menarik perhatiannya. Bahkan, kini ia memiliki hobi baru, yaitu mengeluarkan mainan dari dalam boks, lalu memasukkannya kembali. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan tangannya semakin berkembang. Oleh karena itu, ayo asah terus perkembangannya ini sambil mengajaknya bermain musik dengan menabuh drum!

Aktivitas ini tidak hanya baik untuk melatih kemampuan motorik tangannya saja lho, Mum, tapi juga bisa mengenalkan si Kecil pada alat musik drum yang dapat menghasilkan berbagai suara ketika dipukul. Supaya lebih seru, Mum bisa mengajak si Kecil untuk membuat perangkat drum sendiri menggunakan kaleng Friso bekas. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini, yuk!

Aktivitas yang bisa dilakukan

Friso Drum Set

Download enabler ini sekarang yuk, Mum! Download 

  1. Siapkan Peralatan Dan Bahan-bahan

    Siapkan peralatan dan bahan-bahan

    Pertama-tama, siapkan peralatan dan bahan-bahan untuk membuat perangkat drum; seperti kaleng Friso bekas berbagai ukuran, balon karet, karet gelang, gunting, lem, dan kertas warna-warni.

  2. Mengganti Tutup Plastik Pada Kaleng Friso

    Agar suaranya lebih bervariasi, Mum bisa mengganti tutup plastik yang ada pada kaleng Friso bekas dengan bahan lain yang tidak mudah robek, misalnya balon karet. Regangkan balon karet menutupi mulut kaleng, laluikat menggunakan karet gelang dengan kuat ya, Mum, supaya bisa menghasilkan suara yang keras ketika dipukul.

    Friso Suara Drum

    Download enabler ini sekarang yuk, Mum! Download 

  3. Si Kecil Memasukan Berbagai Benda Ke Dalam Kaleng

    Si Kecil memasukan berbagai benda ke dalam kaleng

    Selain mengganti tutupnya, Mum juga bisa meminta si Kecil memasukkan berbagai benda ke dalam kaleng, seperti biji-bijian atau manik-manik. Dengan begitu, drum buatan Mum tidak hanya bisa bersuara saat ditabuh, tapi juga ketika digoyangkan. Sebagai sentuhan akhir, gunting kertas warna-warni sesuai ukuran kaleng. Kemudian, minta si Kecil untuk menempelkan kertas-kertas tersebut pada kaleng agar tampilannya lebih menarik.

  4. Ajak Si Kecil Untuk Memainkannya,Yuk!

     Ajak si Kecil untuk memainkannya,Yuk!

    Setelah perangkat drum selesai dibuat, ajak si Kecil untuk memainkannya, yuk! Berikan ia sepasang sumpit kayu sebagai alat untuk menabuh drum. Lihat bagaimana tangan kecilnya mencoba menggenggam sumpit tersebut dan memukulkannya pada drum. Sungguh menggemaskanya, Mum! Sambil terus mengawasinya, biarkan si Kecil terus memukul agar ia bisa mendengarkan suara berbeda dari masing-masing drum. Selain menggunakan sumpit, berikan ia kesempatan untuk menabuh drum menggunakan tangan, ya, sehingga indra sentuhnya pun bisa ikut terlatih. Lakukan aktivitas ini di siang hari agar suara pukulan drum tidak mengganggu tetangga atau orang di sekitar.

  5. Abadikan Momen Ini

    Minta Dad atau anggota keluarga lain untuk mengabadikan ekspresi lucu si Kecil ketika menabuh drum buatan Mum dengan penuh semangat. Lalu, jadikan inspirasi bagi Mums lainnya dengan membagikannya melalui Facebook FrisoIndonesia atau Twitter @FrisoIDdengan hashtag #FrisoMoments.