Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain Jemari Sambil Mengenal Sebutan di Keluarga

Bermain Jemari Sambil Mengenal Sebutan di Keluarga

“Kakak, Adik, Kakek, Nenek, Paman, Tante..” Hmm, banyaknya sebutan yang sering digunakan di dalam keluarga biasanya sulit untuk diingat satu per satu oleh si Kecil di usianya sekarang. Apalagi, saat ini daya ingatnya masih dalam tahap perkembangan. Untuk itu, mari bantu si Kecil mengingat berbagai macam sebutan di dalam keluarga menggunakan jemari dan lagu sederhana!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Bersama si Kecil, sembunyikan salah satu tangan di balik punggung sambil bersiap-siap mendengarkan lagu yang tersedia di dalam video.

  2. Saat lagu diputar, ajaklah si Kecil untuk mengeluarkan salah satu jari setiap kali mendengar ada nama sebutan keluarga yang dinyanyikan. Misalnya, Mum bisa mengeluarkan ibu jari untuk mewakili Dad, telunjuk untuk Mum, jari tengah/manis untuk Kakak, jari kelingking untuk Adik dan kelima jari saat mendengar ada kata “keluarga” disebut.

  3. “Lagi! Lagi!” Bersiap-siaplah untuk mendengar teriakan antusiasnya saat lagu selesai. Si Kecil biasanya memang sedang bersemangat mengasah keterampilan baru yang Mum ajarkan untuknya. Karena itu, jangan sungkan untuk mengulang permainan ini sampai ia bisa ya, Mum .

  4. Apa si Kecil sudah mahir mengikuti gerakan yang Mum ajarkan? Kalau begitu, inilah saatnya bagi si Kecil untuk mengajarkan gerakan tersebut pada Dad dan anggota keluarga lainnya. Mintalah si Kecil untuk duduk di tengah, sementara seluruh keluarga mengelilinginya. Agar si Kecil nyaman saat duduk, Mum bisa menggunakan Tidy Up Mat sebagai alas yang empuk untuknya (lihat videonya di sini ).

  5. Mum, mari abadikan aksi si Kecil saat sedang asyik mengajar Dad dan anggota keluarga yang lain. Ekspresinya yang serius ini tentu bisa menjadi kenang-kenangan yang indah ketika ia sudah besar nanti. Mum juga dapat membagikan momen seru dan menyenangkan ini sebagai inspirasi untuk Mums lainnya melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.


Manfaat Bagi Mum

Cara mainnya yang sederhana membuat permainan jemari dapat menjadi alat bantu yang efektif untuk membimbing proses belajar si Kecil. Seperti yang dijelaskan pada buku Mitt Magic: Fingerplays for Finger Puppets yang ditulis oleh Lynda Robert, permainan seperti ini dapat menarik perhatian si Kecil dengan mudah. Karena itu, aktivitas tersebut pun cocok untuk digunakan sebagai alat bantu saat Mum ingin mengajarkan matematika sederhana kepadanya.

Manfaat Bagi si Kecil

Selain menjadi sarana belajar yang menyenangkan dalam mengingat nama sebutan keluarga, permainan jemari dapat ikut melatih kemampuan motorik halusnya dan koordinasi antar anggota tubuhnya . Dalam situsnya di Teachpreschool.org, pakar edukasi Deborah J. Stewart, M.Ed. pun berpendapat bahwa permainan ini baik digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan pendengaran, serta melatih daya imajinasi dan kreativitas si Kecil.

Info Gizi & Nutrisi

Bernyanyi sambil menari merupakan stimulasi yang baik untuk mengembangkan kemampuan otak dan koordinasi motorik si Kecil. Penyajian menu makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang dapat mendukung proses perkembangan tersebut agar dapat berjalan dengan optimal. Menurut situs Kidspot.com.au, kebutuhan nutrisi si Kecil sehari-harinya adalah sebagai berikut:

  • 1 cup (sekitar 236 ml) buah-buahan atau setara dengan 1 potong buah berukuran sedang
  • ¾ cup (sekitar 177 ml) sayuran atau setara dengan 1buah tomat atau 1 kentang kecil
  • 30 gram protein atau setara dengan 1 buah telur
  • 2 cup (473 ml) produk berbahan susu atau setara dengan 1 yoghurt
  • 55 gram karbohidrat atau 1 potong roti

Kehadiran susu pertumbuhan si Kecil juga ikut mendukung proses perkembangan kemampuan si Kecil di masa ini. Friso Gold 3 diformulasikan secara khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil agar ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Lewat proses produksi yang memakai konsep grass to glass, nutrisi yang terkandung di dalam susu pun dapat terjaga kualitasnya.